Bagi Anda yang gemar mengonsumsi alkohol, sebaiknya jangan sampai berlebihan ya, Ladies! Selain membatasi jumlahnya, beberapa kegiatan di bawah ini lebih baik tidak dilakukan ketika atau setelah Anda minum alkohol. Di samping dapat membahayakan keselamatan karena Anda berada dalam keadaan yang tidak fokus, aktivitas-aktivitas ini turut memberikan efek buruk bagi kesehatan organ tubuh. Check this out!

1. Mencampurkan Alkohol dengan Minuman Energi

Jangan pernah mencampurkan alkohol dengan minuman penambah energi, ya! Mitos minuman energi yang dapat membuat Anda tersadar jika diteguk dengan alkohol tidaklah benar. Anda seolah-olah akan merasa normal atau tenang, padahal Anda juga tengah mabuk. Kebiasaan mencampurkan dua jenis minuman ini akan berujung pada kesenangan berlebihan yang bisa membahayakan keselamatan Anda saat berkendara di mobil atau menghadiri pesta minum.

2. Mengonsumsi Opiate Painkillers

Obat pereda sakit atau painkillers yang dicampurkan dengan alkohol dapat menjadi racun yang membahayakan tubuh. Kombinasi keduanya dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit depresi respirasi, di mana Anda akan kesulitan untuk bernapas. Selain itu, potensi untuk terkena overdosis juga meningkat dan memengaruhi memori serta pikiran Anda. Ketakutan dan kebingungan dapat menghantui Anda dalam jangka waktu yang lama. Alih-alih ingin mengobati sakit yang dialami, campuran keduanya dapat menimbun penyakit lain di dalam tubuh Anda!

3. Mengonsumsi Pil Tidur

Satu lagi yang harus Anda ingat! Ya, jangan sampai Anda meneguk pil tidur dengan alkohol. Efek penenang yang diberikan akan sangat kuat dirasakan. Dampak buruk minum alkohol setelah meneguk pil tidur pun bisa mematikan karena dapat menambah risiko gangguan saat tidur hingga menyebabkan halusinasi, sleepwalking, jatuh dan kecelakaan saat Anda lalai. Jadi, lebih baik Anda tidak meminum alkohol sebelum atau saat mengambil obat tidur, ya!

4. Berjemur

Anda mungkin merasa bingung hubungan antara mengonsumsi alkohol dan berjemur di pantai. Ya, sekilas tidak ada kaitannya sama sekali. Bahkan bagi kebanyakan orang, alkohol menjadi minuman favorit yang nikmat untuk dihidangkan saat Anda berbaring di bawah sinar matahari. Tapi ternyata, tubuh yang terkena paparan sinar matahari dan menjadi berkeringat setelah meminum alkohol dapat berkontribusi meningkatkan risiko dehidrasi dan heat stroke (serangan panas). Saat suhu tubuh melebihi keadaan yang normal, kemungkinan timbulnya penyakit lain pun semakin besar.

5. Olahraga

Ladies, berolahraga setelah mengonsumsi segelas alkohol sayangnya  bukan pilihan yang tepat untuk dilakukan. Alkohol yang diteguk akan terlebih dahulu membawa dampak negatif pada koordinasi tubuh dan otot. Jika Anda tetap memaksakan diri untuk melakukan olahraga, kemungkinan untuk menderita kecelakaan atau cedera juga menjadi tinggi. Kegiatan seperti berlari atau mengangkat beban berat setelah menyantap hidangan beralkohol juga memicu dehidrasi serta gangguan diuretik pada produksi dan ekskresi urin.

6. Berenang

Sekitar 70 persen kematian saat berolahraga atau aktivitas di dalam air dikaitkan dengan penggunaan alkohol. Data tersebut bukanlah sekedar omong kosong, karena memang terbukti alkohol dapat menyebabkan ketidak seimbangan dan kurangnya koordinasi tubuh dan otot. Sehingga Anda cenderung lebih mudah tenggelam atau mengalami kram tulang saat berenang sehabis meminum alkohol. Jadi, coba pikir ulang sebelum Anda memutuskan untuk berenang setelah menghabiskan satu gelas alkohol, ya!

7. Tidak Makan

Mungkin banyak di antara Anda yang sengaja mengosongkan perut sebelum memesan segelas alkohol. Harapannya adalah bahwa Anda dapat mengurangi kalori yang kemungkinan bertambah dan turut meningkatkan berat tubuh. Namun, jangan lagi mengulangi kebiasaan ini, ya! Tidak mengonsumsi apapun sebelum meminum alkohol justru dapat menurunkan penyerapan nutrisi penting bagi tubuh. Karena jika dalam tubuh tidak terisi cukup energi dan gizi, bisa jadi Anda akan merasa lelah bahkan mengalami pisah setelah meneguk alkohol.

8. Berendam Air Hangat

Terakhir, hindari berendam air hangat sesaat setelah Anda mengonsumsi alkohol. Tak hanya itu, Anda juga sebaiknya tidak masuk ke dalam ruangan yang memiliki suhu panas yang tinggi, seperti sauna, ruang uap, atau bak mandi hangat. Aktivitas tersebut bisa memperkuat efek negatif paska meminum alkohol, seperti kelelahan yang berlebihan, pusing, darah rendah dan penyakit aritmia, atau gangguan detak jantung.   Catat kedelapan hal tersebut ya! Jangan lupa untuk memberitahukan teman dan rekan-rekan Anda, ya!