Apakah Anda pernah dioperasi? Apa yang Anda rasakan saat dikatakan  harus melakukan operasi? Operasi merupakan ketakutan bagi banyak orang. Padahal seringkali operasi menjadi satu-satunya jalan keluar untuk menghilangkan gejala atau keluhan yang dialami pasien tersebut. Alternatif berupa obat-obatan lebih digemari saat dibandingkan dengan tindakan operasi.

Mengapa orang takut dioperasi?

Jika saya tanyakan apa faktor yang menyebabkan pasien takut dioperasi, salah satu jawaban yang sering keluar adalah lamanya penyembuhan luka operasi. "Tapi dok, sakitnya itu, turun dari ranjang aja jadi susah!"  Memang betul, tapi mungkin ada sedikit dari cerita saya mengenai cara merawat luka operasi.

Awal penyembuhan

Pengalaman orang dengan luka operasi bermacam-macam jenisnya. Lama penyembuhannya pun bervariatif. Rasa sakit tentu saja ada, hal ini jelas karena adanya jaringan tubuh yang terbuka, yang kemudian dijahit lagi. Fase akut terjadi sejak beberapa jam setelah operasi hingga tiga hari pertama penyembuhan. Terkadang bekas luka masih terlihat kemerahan dan terasa sangat nyeri apalagi jika ditekan. Yang perlu diperhatikan disini adalah jika selama awal penyembuhan ini terjadi demam, kemerahan yang berlebihan di daerah luka, serta adanya nanah di sekitar luka.

Fase proliferasi 

Setelah 3 hari, luka akan mengalami fase proliferasi atau pembelahan sel baru. Fase proliferasi terjadi dalam 3-14 hari setelah fase awal penyembuhan. Pada saat ini, sel-sel yang akan menggantikan sel tubuh yang sebelumnya rusak akan terbentuk. Pasa saat ini keadaan kulit biasanya sudah nampak lebih tenang. Setelah lebih dari 14 hari, proses penyembuhan luka cenderung statis dan stagnan, sampai terjadi pembentukan bekas luka.

Walaupun proses penyembuhan luka operasi mirip untuk berbagai orang, tetapi ada tiga cara merawat luka operasi Anda.  

1. Bersihkan sesuai instruksi

Luka operasi yang masih baru biasanya akan dibuka dan dibersihkan oleh dokter bedahnya sendiri, namun setelah beberapa kali, pasien akan diajarkan untuk mengganti perban luka operasinya sendiri. Biasanya pasien akan diberikan larutan garam (natrium klorida 0.9%) untuk mencuci dan larutan antiseptik untuk membersihkannya. Jika tidak ada, sebaiknya luka dicuci dengan air mengalir agar pergerakan mencuci luka dinamis dan tidak menjadi fokus infeksi. Perban yang diberikan juga dapat berupa perban anti air sehingga memudahkan kita untuk mandi. Jika tidak ada, luka dapat ditutup dengan plastik agar tidak terkena air saat mandi. Luka yang terus-terusan terkena air akan mengganggu proses penyembuhannya itu sendiri.

2. Perhatikan keadaan luka operasi

"Dok, kok sekitar luka saya gatal ya?" tanya salah satu pasien saya. "Kenapa di luka saya keluar nanah ya, dok?" tanya pasien saya yang lain. Seringkali pasien saya bertanya pada fase awal penyembuhan luka. Keluarnya nanah biasanya menandakan adanya infeksi yang belum teratasi dan membutuhkan terapi lebih lanjut. Biasanya gejala ini disertai rasa panas, nyeri, dan warna merah di sekitar luka yang terlihat semakin jelas. Sedangkan rasa gatal merupakan hal yang umum dan mungkin disebabkan oleh proses alergi dengan bahan-bahan penutup luka. Seringkali ini rasa gatal adalah reaksi ringan dari proses penyembuhan luka itu sendiri.

3. "Boleh makan seafood enggak ya dok?"

Jawabannya, jika Anda tidak memiliki riwayat alergi seafood, tentu saja boleh! Seafood sering dipandang sebagai penyebab rasa gatal-gatal, padahal hal itu tergantung apakah Anda memiliki alergi atau tidak dengan seafood. Seafood merupakan sumber protein yang baik untuk sumber pembentukan jaringan baru. Jadi, seafood dapat menjadi sumber untuk bahan bangunan untuk menggantikan sel yang rusak. Selain seafood, protein dapat ditemukan dalam daging merah, susu, kacang-kacangan. Jadi, makanan bergizi sangat berperan untuk menyembuhkan luka ya! Hindari makanan yang kurang berserat, apalagi jika operasi ada di daerah perut. Makanan berserat dapat menyebabkan pencernaan kurang lancar dan harus menyebabkan pasien sedikit mengejan saat buang air besar. Kurang nyaman, bukan? Berikut adalah pengalaman saya mengenai pertanyaan mengenai cara merawat luka operasi. Luka operasi biasanya membaik dalam waktu 14 hari. Siap-siap untuk merasa gatal. Tetapi, jika nanah mucul di luka Anda, berkonsultasilah pada dokter Anda. Selama masa penyembuhan, jangan lupa untuk makan protein untuk mempercepat proses penyembuhan luka dan hindari air dari luka Anda. Share dari teman-teman lain juga ditunggu loh!