Perhatikan bibir Anda sekarang! Apakah kering dan pecah-pecah? Biasanya  wanita akan merasa gelisah ketika bibirnya kian mengering, mengelupas, dan berubah menjadi kehitaman karena tidak akan terlihat fresh look. Ketika keadaan bibir sudah begitu, ada beberapa tindakan yang harus Anda hindari dan ada hal-hal yang harus dilakukan untuk memperbaiki kesehatan bibir dan mulut. Perhatikan tips merawat bibir kering dan pecah-pecah di bawah ini!

Oleskan Bibir dengan Bahan Alami

Minyak yang terbuat dari berbagai bahan alami dapat membantu menyehatkan bagian bibir Anda. Pertama, Anda dapat menggunakan minyak yang berasal dari kacang almond. Anda bisa mengoleskan tiga hingga empat tetes minyak almond secara merata ke seluruh bagian bibir atas dan bawah sebelum tidur. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan cairan madu murni sebagai cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Olesan madu dapat diberikan sebanyak 3 kali sehari secara rutin. Timun dan lidah buaya juga bisa Anda gunakan. Potong menjadi beberapa bagian dan gosokkan di daerah bibir untuk membantu mengembalikan warna asli bibir Anda. Campuran satu sendok teh gula dengan madu juga dapat menjadi obat mujarab untuk bibir yang kering dan pecah-pecah. Jangan salah, kandungan asam lemak pada mentega juga dapat menjadi bahan alami untuk dioleskan pada bibir. Minyak jarak berkhasiat pula untuk membersihkan sisa-sisa kulit yang terkelupas akibat pecahnya permukaan bibir. Satu lagi! Rendaman air kelopak bunga mawar yang dicampurkan dengan susu dapat berubah menjadi pasta yang ampuh melembabkan permukaan bibir. Saat menggosokkan bahan-bahan alami tersebut ke bagian bibir, Anda bisa menggunakan tangan atau sikat yang lembut. Bahan-bahan alami lainnya, dalam proses pengolesan dapat dicampurkan dengan cairan madu sebagai pelengkap yang dapat memulihkan kondisi bibir.

Minum Air Putih

Tak ada cara yang lebih alami selain meneguk air putih dalam jumlah banyak saat bibir Anda terasa kering dan panas. Sebab, salah satu alasan bibir kering antara lain karena tubuh kekurangan cairan alias dehidrasi. Air minum yang diteguk dapat menjadi penolong tubuh yang membutuhkan kadar cairan lebih besar dari biasanya. Air putih juga dapat mendinginkan area bibir yang terasa kering. Setidaknya, minumlah 1,5 liter atau kira-kira sebanyak 8 gelas berisikan air putih setiap hari.

Memenuhi Nutrisi dan Vitamin

Kalau bibir Anda kering dan pecah-pecah, segeralah mengonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang dapat memenuhi asupan nutrisi dan vitamin harian Anda. Apa saja makanan yang dapat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini? Salah satunya adalah tomat yang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi serta jeruk yang kaya akan vitamin C. Saat bibir berada dalam keadaan tidak sehat, kurangi asupan makanan yang memiliki rasa asin, pedas, atau asam. Kebiasaan meminum terlalu banyak kopi dan kafein serta makan makanan berminyak juga dapat mendorong gejala panas dalam, yang salah satu akibatnya adalah bibir menjadi pecah-pecah.

Berhenti Menjilati dan Menggigiti Bibir

Dua kebiasaan buruk ini dapat menjadi penyebab kondisi bibir semakin perih dan sakit karena terkelupas dan pecah-pecah. Hentikan kebiasaan menjilati atau menggigiti bibir! Ketika terlalu sering menjilati bibir, air liur dapat menguap lebih cepat sehingga bibir akan mudah kering hingga permukaannya terlihat terkelupas sedikit demi sedikit. Kebiasaan lain yang dapat menurunkan kesehatan dan kesegaran tampilan bibir adalah menggigiti kulit bibir. Bibir yang sudah kering, jika ditambah dengan luka dan rasa perih saat terkelupas akibat digigit, dapat membahayakan kesehatan rongga mulut.

Perhatikan Lipstik yang Dipakai

Hati-hati saat memilih dan memakai lipstik! Bahan dan jenis yang tidak cocok di bagian kulit bibir justru dapat membuat bibir semakin terinfeksi dan pecah-pecah. Kesalahan memilih lipstik juga dapat membuat lidah menjadi kehitaman atau kecoklatan.

Jangan Bernapas Melalui Mulut

Anda sering bernapas melalui mulut? Mungkin itu salah satu penyebab utama mengapa di keesokan harinya Anda menemukan kondisi bibir yang sudah kering. Bernapaslah dengan hidung daripada harus melalui rongga mulut. Mengapa? Karena udara yang dikeluarkan dari mulut justru dapat mengeringkan mulut dengan cepat.

Gunakan Masker Penutup

Saat bibir tidak dalam kondisi yang baik, pakailah masker kesehatan yang dapat menutupi area mulut. Masker dapat melindungi area bibir dari kuman, kotoran dan virus dari lingkungan sekitar. Kotoran tersebut, jika mengenai kulit bibir dapat membuatnya semakin kering dan kusam. Karena itu, pakailah masker ketika Anda hendak bepergian jauh! Bagaimana? Apakah kebiasaan di atas secara tidak sadar memang sering Anda lakukan? Jadi pantas bukan jika bibir Anda menjadi mudah kering dan berwarna gelap. Mulai saat ini hindari beberapa kebiasaan penyebab bibir kering di atas dan pilihlah cara alami untuk mengatasinya!