Bau mulut atau napas tak sedap? Aduh... jangan sampai deh guys! Menurut saya apapun yang berhubungan dengan mulut sangat penting untuk dijaga ya, apalagi kalau sedang ngobrol dan ketemu orang, bisa malu dan malah jadi minder. Merawat mulut agar tetap bersih dan segar itu memang tidak mudah tapi juga tidak susah juga sebenarnya, musuhnya cuma satu yaitu malas! Hal yang paling lumrah dan gampang seperti menyikat gigi saja terkadang Anda suka lupa atau bahkan menyepelekannya, dan malah akhirnya menjadi kebiasaan buruk Anda. Secara ilmiah sih saya kurang begitu paham juga kenapa mulut bisa mengeluarkan bau tidak sedap dan kurang segar. Yang saya tahu karena ada penumpukan sisa–sisa makanan yang tertimbun, lalu menyebabkan banyak bakteri yang mengendap di tempat tersebut. Bila tidak ditangani lebih lanjut akan membuat gigi dan gusi menjadi infeksi dan akhirnya berlubang. Maka dari itu dalam merawat kesehatan mulut juga sekaligus merawat kebersihan gigi agar tetap sehat.

Gigi berlubang menyebabkan bau mulut jadi tidak sedap

Sebenarnya, cara merawat mulut agar tetap bersih dan segar mudah sekali, Anda hanya perlu secara rutin menggosok gigi setiap kali mandi, ya setidaknya 2 kali sehari, ditambah dengan berkumur-kumur secara rutin juga sebelum dan sesudah bangun tidur. Untuk lebih jelasnya mengenai cara merawat mulut agar tetap segar dan bersih, yuk simak beberapa tips ini;
  • Sikat gigi. Sikat lah gigi setidaknya 2 kali sehari, sesudah sarapan pagi dan sebelum tidur. Anda harus sikat seluruh bagian gigi dengan benar seperti di dalam bagian gigi atau maupun bawah, dan juga ganti sikat Anda bila bulu sikatnya sudah terlihat rusak, ya!
  • Hindari penggunaan tusuk gigi yang terlalu kuat atau tajam, karena dapat mengakibatkan luka pada gusi dan nantinya malah terjadi infeksi.
  • Mouthwash atau obat kumur penting juga lho untuk membersihkan gigi dan mulut secara keseluruhan dan merata. Apalagi kita tahu kan biasanya kalau dengan sikat gigi saja terkadang suka susah menjangkau yang di bagian dalam atau sela–sela gigi kita. Penggunaan obat kumur ini selain dapat membantu membersihkan bakteri di mulut, dapat juga membantu membuat napas kita menjadi segar.
  • Membersihkan lidah. Biasanya orang hanya menggosok gigi saja dan terkadang tidak terpikirkan untuk membersihkan lidah juga. Padahal, kuman penyebab bau mulut itu juga bisa berkembang di lidah. Nah, jadi mulai sekarang sikat lah lidah Anda dengan lembut menggunakan sikat gigi secara perlahan.
  • Berhenti merokok! Nah yang 1 ini penting banget, selain saya bukan perokok dan ngga suka asap rokok, ini menjadi salah satu penyebab mulut menjadi bau dan kurang segar, lho. Rokok juga dapat menyebabkan noda kuning di gigi, aduh jangan sampai rugi banyak hal deh gara–gara merokok.
  • Yang terakhir kunjungi dokter gigi setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali. Hal ini cukup penting untuk mengetahui keadaan kondisi gigi Anda, apakah ada hal yang harus ditangani dengan serius atau hanya perlu dibersihkan karang–karang giginya saja, agar tidak menyebabkan lubang suatu saat nanti.
Cara merawat mulut agar tetap sehat dan segar dengan perawatan sederhana di atas menjadi salah satu tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda mulai dari bagian mulut. Rawatlah kebersihan mulut dan gigi sehingga dapat memancarkan senyum yang terlihat indah untuk orang lain.