Di momen-momen tertentu seperti libur Lebaran, kebersamaan bersama keluarga merupakan saat yang istimewa. Inilah saat seluruh keluarga bisa berkumpul dan menghabiskan waktu selama hampir seminggu lebih. Setelah lelah mengunjungi sanak saudara, dan jika keluarga Kamu tidak berencana kemana-mana, Kamu bisa memasak bersama keluarga di rumah menciptakan menu baru.

 

Kali ini GueSehat mengajak Kamu mencoba bereksperimen dengan soda. Siapa tidak kenal dengan minuman yang memiliki sensasi unik di tenggorokan ini. Soda atau minuman berkabonasi dapat dikreasikan menjadi aneka minuman yang enak lho Gengs! Soda berfungsi memberikan tambahan sensasi, menciptakan gelembung-gelembung pada minuman dan menimbulkan efek segar di leher. Tertarik mencobanya?

Baca juga: Minuman Pengganti Kopi di Pagi Hari
 

Chef Ari Galih, dalam acara Fayrouz Ramadhan Campaign 2018, Rabu (6/6) lalu, membagi tips membuat sejumlah menu minuman yang cocok dinikmati bersama pasangan atau keluarga selama bulan Ramadan sebagai menu berbuka maupun untuk Lebaran. “Membuat minuman sebenarnya sudah ada rumus atau pakemnya, jadi lebih mudah dan anti gagal dibandingkan masakan yang memiliki elemen lebih banyak,” jelas Chef Ari Galih. Inilah beberapa tips Chef Ari Galih dalam mengkreasikan minuman berbahan soda ringan Fayrouz:

 

 

Minuman tropis eksotis

Ketika berbicara tropis, minuman dengan rasa dan toping buah-buahan seperti nanas, kelapa, dan markisa adalah pilihan yang tepat. Buah tropis mudah didapatkan di negara kita Gengs. Nanas dan kelapa berbuah sepanjang musim. Kamu bebas berkreasi dengan buah-buahan ini. Agar tampilannya cantik, Kamu bisa menambahkan buah dengan warna kuat, misalnya buah berry untuk warna ungu atau delima untuk merah. Sebagai pemanis, tambahkan simple syrup dan jus buah kemasan.

 

Es batu dan soda tentu menjadi bahan wajib ya, Gengs. Tips untuk membuat gradasi warna dalam minuman adalah dengan menuangkan masing-masing bahan perlahan-lahan atau sedikit demi sedikit agar tidak bercampur. Pertama masukkan es batu, setelah itu pewarna dari buah atau syrup, baru masukkan soda perlahan-lahan. Kamu bisa juga menggunakan soda yang memiliki rasa buah nanas. Untuk menambah rasa, Kamu bisa kok gabungkan dengan jus kemasan rasa apa saja tergantung selera. Terakhir, hias gelas koktail dengan potongan nanas.

Baca juga: Diet Soda Lebih Baik dari Soda Biasa?
 

Minuman beraroma rempah

Rempah yang biasa dikreasikan menjadi rasa minuman adalah buah pala dan kayu manis. Chef Ari Galih memberi tips, ramuan rempah ini bisa Kamu buat terlebih dahulu secara terpisah. Caranya, campurkan parutan biji pala dan bubuk kayu manis dengan madu. Nantinya campuran ini bisa sebagai pemanis karena mengandung madu. Setelah itu tambahkan soda dan jus buah rasa apa saja. Hias dengan batang kayu manis dan buah-buahan. 

 

Minuman dengan sensasi dingin

Selain es batu, sensasi dingin pada minuman dapat Kamu ciptakan dengan menambahkan daun mint. Daun mint merupakan salah satu dedaunan yang memiliki karakter khas. Agar rasa mint keluar, daun disobek atau dihancurkan kasar. Sama seperti minuman soda lainnya, Kamu bisa kreasikan sendiri rasa dan buah sebagai campurannya.

Baca juga: Ini Dia Makanan dan Minuman Hits di 2017! Favorit Kamu yang Mana?


Minuman Teh Soda

Soda dicampur teh? Minuman ini sedang tren di Inggris lho, Gengs. Kamu pun bisa mencobanya sendiri bersama keluarga. Caranya bahkan lebih mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan black tea, bukan teh berasa buah-buahan, melati atau teh dengan perasa apa pun karena akan mengurangi rasa teh yang kuat. Seduh teh kemudian tambahkan soda dan buah yang Kamu suka. Jangan lupa tambahkan es batu.

 

Nah sekarang hari-hari Kamu tidak membosankan Gengs! Suguhkan kreasi minumanmu kepada kerabat atau sahabat dekat yang datang di hari Lebaran, dan nikmati keseruannya! (AY/WK)

 

Takjil Favorit Setiap Zodiak - Guesehat