Pada dasarnya, aktivitas membersihkan hidung atau mengupil bukanlah hal yang berbahaya bagi kesehatan. Namun, bila ini sudah menjadi kebiasaan dan sering dilakukan maka ada risiko penyakit yang akan mengikutinya. Apalagi kalau ngupil dengan menggunakan tangan yang tidak bersih, ini bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Mengapa Tubuh Berkeringat dan Hidung Berlendir saat Makan Pedas?

 

Bahaya dari Kebiasaan Ngupil

Dikutip dari beberapa sumber, berikut bahaya dari kebiasaan mengupil:

 

  • Mudah Flu

Flu merupakan penyakit yang penularan virusnya bisa melalui banyak cara, termasuk udara. Namun, virus flu ini juga bisa ditularkan dari tanganmu sendiri, lho Gengs! Pasalnya, saat tangan Kamu dalam keadaan tidak bersih, lalu Kamu menggunakannya untuk membersihkan hidung (ngupil). Hal itu yang bisa menyebabkan Kamu terinfeksi virus flu.

 

  • Rontoknya Bulu Hidung

Bulu yang terdapat pada rongga hidung berfungsi untuk menyaring debu, bakteri, dan benda asing lainnya. Jika pada hidung tidak terdapat bulu halus tersebut, maka bisa jadi segala bentuk penyakit patogen masuk ke dalam tubuh. Kamu yang memiliki kebiasaan membersihkan hidung dengan jari setiap saat, bisa berisiko merontokkan bulu halus pada hidung.

 

  • Terlukanya Lapisan Rongga Hidung

Kebiasaan membersihkan hidung dengan jari yang memiliki kuku tajam, dapat berisiko membuat rongga hidung terluka. Pasalnya, pada rongga hidung terdapat pembuluh darah yang jika terluka bisa menyebabkan mimisan.

Baca juga: Penyebab Mimisan dan Cara Mengatasinya

 

  • Meningitis

Kebiasaan membersihkan hidung menggunakan jari dan tidak hati-hati bisa menyebabkan meningitis. Pasalnya, jika kamu mengorek hidung terlalu dalam, maka bisa menyentuh sinus bagian dalam yang berdekatan dengan otak. Dan apabila menusuk tulang ethmoid (tulang pemisah antara hidung dan otak), maka bisa mengakibatkan cairan di otak bocor dan bisa menyebabkan meningitis.

 

  • Timbulnya Bisul pada Hidung

Biasanya, jika membersihkan hidung dengan tangan yang kotor, maka dapat menyebabkan bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam tubuh. Bakteri tersebut bisa memicu timbulnya bisul atau jerawat pada rongga hidung, dan ini bisa mempengaruhi sistem pernapasan Kamu.

 

  • Terkena Perforasi Septum

Perforasi septum bisa terjadi jika Kamu terlalu sering atau terlalu dalam saat membersihkan hidung. Ini merupakan kondisi di mana sekat antara lubang hidung kanan dan kiri terbuka atau terluka. Awalnya kondisi ini akan menimbulkan mimisan, namun bisa dilakukan operasi untuk pengobatannya jika terlalu parah.

 

  • Kebiasaan yang Jorok

Membersihkan hidung sebenarnya hal yang wajar dilakukan, apabila tidak kelewat batas dan dengan cara yang benar. Tapi, jika Kamu sering melakukannya di tempat umum. Ini bisa menandakan Kamu adalah orang yang jorok dan tidak sopan, serta bisa menimbulkan beberapa penyakit di atas.

Baca juga: 5 Benda yang Paling Jorok dan Banyak Menyimpan Kuman

 

Tips Membersihkan Hidung dengan Aman

 

Jika Kamu ingin membersihkan hidung menggunakan jari tangan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Ini agar Kamu terhindar dari efek negatif di atas. Berikut tips membersihkan hidung dengan aman:

 

  • Bersihkan Tangan Dahulu

Sebelum membersihkan hidung atau mengupil, pastikan tangan Kamu sudah bersih. Selain itu, jangan membersihkan hidung terlalu dalam, sebab bisa mengacaukan fungsi dari organ di dalam hidung, seperti bulu halus dan tulang ethmoid.

 

 

  • Gunakan Spray Hidung

Sebelum membersihkan hidung, sebaiknya gunakan spray khusus untuk membasahi rongga hidung. Ini akan membuat kelembapan rongga hidung Kamu terjaga.  

 

  • Gunting Kuku

Selain membersihkan tangan, gunting kuku juga penting agar tidak melukai rongga hidung. Ini juga mencegah infeksi terjadi, akibat kotoran yang ada pada sela-sela kuku.

 

  • Jangan Paksa Menarik Kotoran

Jika kotoran dalam hidung terlalu kering, maka jangan paksa dengan menarik kotoran itu keluar. Lebih baik dengan memencet hidung dan digoyang-goyangkan secara perlahan, agar kotoran di dalam keluar dengan sendirinya.

 

  • Bersihkan Rongga Hidung

Sebaiknya bersihkan rongga hidung, pada saat mandi atau mencuci muka agar terhindar dari keadaan rongga hidung yang kering.

 

  • Bersihkan Tangan Kembali

Jangan lupa untuk membersihkan tangan kembali dengan bersih, usai membersihkan hidung, supaya mencegah kotoran yang ada di hidung terbawa di tangan.

 

  • Gunakan Pelapis pada Jari

Jika ingin membersihkan hidung, sebaiknya gunakan pelapis seperti tisu atau kain pada jari. Ini juga menghindari rongga hidung terluka karena kuku Kamu yang tajam.

 

Semoga dengan penjelasan di atas Kamu bisa mempertimbangkan untuk tidak membiasakan membersihkan hidung atau mengupil setiap saat. Bukan hanya tidak sopan, tapi tidak bisa dipastikan bahwa tangan Kamu dalam keadaan bersih pula. (AP/WK)