Perjalanan mudik saat menjelang hari raya Lebaran memang seringkali diwarnai dengan kemacetan di sejumlah titik. Tidak heran jika beberapa orang lebih memilih untuk melakukan perjalanan mudik sejak jauh-jauh hari sebelum Lebaran tiba. Selain bisa menghindari kemacetan, berangkat mudik lebih awal juga memberi kesempatan lebih lama bagi kita untuk bisa berkumpul bersama keluarga.

 

Namun, jika Kamu memilih untuk berangkat mudik lebih awal dengan kendaraan pribadi, itu artinya Kamu harus siap melakukan perjalanan dengan kondisi tetap berpuasa, Gengs. Nah, agar perjalanan mudik Kamu bisa tetap lancar sampai tujuan dan puasamu juga berjalan mulus, berikut ada beberapa tipsnya nih! Disimak ya, Gengs!

Baca juga: Tetap Sehat dan Bugar Saat Mudik Lebaran dengan Tips Berikut!

 

  • Rencanakan perjalanan mudikmu

Perjalanan mudik yang jauh dan juga membutuhkan waktu lama harus benar-benar Kamu persiapkan secara matang. Pastikan jika Kamu sudah paham mengenai medan perjalanan yang akan Kamu tempuh, berapa lama waktu yang dibutuhkan, dan akses yang akan Kamu lewati. Dengan begini, Kamu bisa meminimalisir risiko buruk yang bisa terjadi saat perjalanan.

 

  • Tetap jaga stamina selama perjalanan

Perjalanan yang jauh dan lama membutuhkan stamina yang tentunya fit. Nah, berhubung Kamu melakukan perjalanan saat puasa, pastikan jika Kamu mengonsumsi makanan yang sehat saat berbuka dan juga sahur. Perbanyak konsumsi vitamin C dan zinc untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menghindarkanmu dari penyakit. Selain itu, hindari juga menyetir saat Kamu merasa sangat kelelahan atau mengantuk.

 

  • Selalu penuhi asupan nutrisi dan cairan

Sebelum keberangkatan, usahakan Kamu sudah mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi saat buka ataupun sahur. Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Ini bertujuan agar Kamu tidak mengalami dehidrasi saat menjalani puasa di perjalanan. Hindari minum kopi atau teh sebelum perjalanan. Minuman-minuman berkafein seperti ini memiliki sifat diuretik yang akan meningkatkan produksi urin, sehingga akan membuatmu lebih cepat ingin buang air kecil. Enggak mau dong kalau sebentar-bentar Kamu harus mampir ke pom bensin hanya karena ingin buang air kecil terus?

 

 

  • Usahakan untuk melakukan perjalanan saat malam hari

Selain jalanan yang lebih lengang, perjalanan di malam hari juga bisa Kamu coba untuk menghindari rasa kelelahan. Ya, saat malam hari, Kamu tidak akan terpapar sinar matahari yang membuat tubuh cepat kekurangan cairan. Selain itu, di perjalanan malam, tenaga yang Kamu miliki juga masih banyak mengingat Kamu sudah berbuka. Keuntungan lain jika Kamu melakukan perjalanan mudik di malam hari adalah saat haus atau lapar, Kamu bisa dengan mudah minum dan makan. Ini akan membuat kadar gula darah dalam tubuhmu tetap terjaga dan Kamu bisa tetap fokus selama perjalanan.

 

  • Lengkapi persediaan obat-obatan

Puasa sangat rentan membuat stamina tubuhmu menurun. Nah, untuk mengantisipasi kondisi ini, pastikan jika Kamu membawa sejumlah obat-obatan yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama dalam perjalanan. Beberapa obat yang bisa Kamu persiapkan antara lain obat sakit kepala, obat anti mabuk, minyak angin, dan obat merah.

Baca juga: Konsumsi Obat selama Mudik Lebaran? Perhatikan Hal Berikut!
 
  • Jangan lupa membawa persediaan makanan dan minuman untuk berbuka

Seringkali kondisi perjalanan yang jauh, bahkan macet memaksamu untuk berbuka di perjalanan. Nah, daripada Kamu berbuka dengan makanan yang belum jelas kualitas dan kebersihannya, lebih baik siapkan bekal sendiri dari rumah untuk berbuka. Tidak perlu mempersiapkan menu yang ribet kok, Gengs. Cukup sediakan makanan sederhana atau makanan siap saji untuk membatalkan puasamu, misalnya roti dan air teh dalam kemasan.

 

  • Perhatikan barang bawaan pribadi

Saat puasa, Kamu mungkin akan merasa sedikit lemas bahkan kehilangan konsentrasi. Nah, buat Kamu yang melakukan perjalan mudik menggunakan moda transportasi umum, selalu perhatikan barang bawaan pribadi Kamu, ya! Tetap waspada dan jangan lengah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

  • Beristirahatlah jika sudah mulai lelah

Kebanyakan kasus kecelakaan lalu lintas terjadi akibat pengemudinya mengantuk atau kelelahan. Dan, puasa yang Kamu lakukan sangat berisiko membuatmu merasa cepat lelah. Nah, untuk menghindari kemungkinan ini, ada baiknya jika tidak memaksakan kondisi fisikmu saat melakukan perjalanan mudik. Jika Kamu merasa sudah sangat lelah, jangan ragu untuk mencari tempat istirahat untuk sekadar melemaskan otot-otot dan mengumpulkan stamina kembali.

 

Itulah beberapa tips yang bisa Kamu lakukan untuk melakukan perjalanan mudik saat masih berpuasa. Keinginan untuk bertemu keluarga di kampung halaman memang membuatmu ingin cepat-cepat sampai, namun jangan sampai keinginan tersebut membuatmu tidak memerhatikan kondisi fisik dan keselamatanmu ya, Gengs! (BAG/WK)

Baca juga: Pilih-pilih Moda Transportasi untuk Mudik Lebaran Bersama Si Kecil

 

 Cegah Radang Tenggorokan Saat Puasa -GueSehat.com