Menyambut hari kemenangan Idul Fitri dengan kehadiran si Kecil di dalam kandungan tentu sangat menyenangkan ya, Mums. Namun, sebagai ibu hamil, kondisi ini tentu memerlukan banyak perhatian, terutama saat Mums harus menghadiri sejumlah acara silaturahmi Lebaran. Ya, saat Lebaran tentu Mums akan mendapat banyak undangan acara silaturahmi, mulai dari keluarga hingga kerabat di kantor. Bahkan, saking banyaknya undangan, Mums bisa menghabiskan waktu seharian penuh hanya untuk berkunjung dari rumah yang satu ke rumah lainnya.

 

Kesibukan ini tentu sangat menguras tenaga. Selain itu, Mums juga harus bisa menyesuaikan diri dengan berbagai jenis hidangan Lebaran yang disajikan. Padahal, kita tahu bahwa hidangan Lebaran banyak yang mengandung gula, santan, dan berlemak. Makanan-makanan ini tentu tidak akan baik dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil. Nah, supaya momen Lebaran Mums bisa tetap berjalan menyenangkan dan Mums bisa tetap sehat, simak beberapa tipsnya di bawah ini yuk!

Baca juga: Ini Jumlah Kalori dalam Makanan Khas Lebaran

 

  • Gunakan outfit yang nyaman

Saat hamil, produksi keringat Mums akan lebih banyak dari biasanya. Untuk itu, gunakanlah pakaian yang nyaman selama Mums melakukan kunjungan silaturahmi saat Lebaran. Pilih baju hamil berbahan katun yang mudah menyerap keringat. Selain mudah menyerap keringat, katun juga merupakan bahan pakaian yang nyaman digunakan karena tidak panas. Ini akan membuat ibu hamil tidak berkeringat secara berlebihan. Keringat yang berlebihan akan membuat Mums merasa lebih cepat lelah.

 

Selain berbahan katun, Mums juga sebaiknya menghindari model pakaian yang terlalu ketat, apalagi di bagian perut. Model pakaian seperti ini akan mengganggu aktivitas Mums dan membuat perut Mums terasa sakit. Sebagai saran, pilihlah model pakaian terusan seperti dress longgar atau celana yang memang digunakan untuk ibu hamil dan dipadukan dengan blouse.

 

Di samping pakaian, Mums juga perlu memerhatikan penggunaan alas kaki yang nyaman. Hindari penggunaan sepatu berhak, meskipun hanya sedikit. Kondisi perut yang semakin membesar membuat Mums kerap kehilangan keseimbangan. Jika ditambah dengan penggunaan sepatu berhak, Mums bisa semakin kehilangan keseimbangan dan berisiko jatuh. Apabila Mums tejatuh, tentu kejadian ini bisa sangat memengaruhi kondisi janin.

 

  • Jangan banyak mengonsumsi makanan manis dan bersantan

Lebaran tentu sangat identik dengan berbagai jenis kue kering. Kue-kue kering ini memang sangat menggoda, tapi ingat ya Mums jika kue ini banyak yang mengandung gula. Untuk itu, batasi jumlah konsumsi kue kering ini selama kunjungan.

 

Selain kue kering, hidangan Lebaran juga sangat identik dengan yang bersantan atau berlemak. Usahakan untuk membatasi jumlah konsumsi makanan ini. Mengonsumsi makanan ini secara berlebihan sangat berisiko mengiritasi lambung.

Baca juga: Cegah Kenaikan Berat Badan saat Lebaran

 

 

  • Konsumsi buah dan sayur

Meski sedang hari raya dan dihadapkan dengan berbagai jenis hidangan yang menggoda, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi buah dan sayur ya, Mums! Mengonsumsi sayuran bisa menurunkan kadar kolesterol akibat konsumsi makanan bersantan dan berlemak saat Lebaran.

 

Usahakan juga untuk mengonsumsi buah-buahan sebelum Mums menyantap makanan berat. Mengonsumsi buah bisa membuat Mums lebih cepat kenyang dan menjaga kesehatan ibu hamil yang memiliki riwayat diabetes maupun preeklampsia.

 

  • Banyak minum air putih

Es buah atau minuman soda memang sangat menyegarkan. Namun, jenis minuman tersebut banyak mengandung gula lho, Mums. Dan asupan gula yang berlebih selama kehamilan kurang baik bagi si Kecil di dalam kandungan. Untuk itu, sebaiknya jika Mums memilih air putih sebagai minuman utama selama acara silaturahmi. Air putih bisa menjaga tubuh Mums agar tetap terhidrasi dan bisa menetralisir kadar kolesterol akibat konsumsi makanan berlemak.

 

  • Membatasi kunjungan

Banyaknya kerabat membuat Mums menerima banyak undangan silaturahmi selama hari Lebaran. Namun, sebagai ibu hamil, Mums tidak harus menghadiri semuanya kok. Coba diskusikan dengan Dads, tentang kerabat mana saja yang perlu didatangi. Usahakan jangan pergi ke banyak tempat dalam satu hari, cukup 1 atau 2 tempat saja. Ini untuk mencegah Mums mengalami kelelahan yang bisa berakibat pada kondisi si Kecil dalam kandungan. Untuk kerabat yang tidak bisa dikunjungi, Mums bisa tetap menghubungi mereka dan menjelaskan mengenai kondisi Mums yang sedang hamil.

Baca juga: Agar Tidak Kalap Menyantap Hidangan Lebaran

 

  • Jangan terlalu banyak bergerak

Saking senangnya saat bertemu dengan keluarga besar di momen Lebaran, rasanya Mums ingin bergerak dan berjalan ke sana kemari. Namun, ingat kondisi Mums yang sedang mengandung. Usahakan untuk menahan diri dan membatasi gerak Mums. Terlalu banyak bergerak bisa berisiko membuat Mums mengalami kram perut, bahkan timbulnya flek.

 

  • Tetap berolahraga

Walaupun jadwal kunjungan padat, usahakan Mums tetap menyisihkan waktu untuk berolahraga. Tidak perlu memilih olahraga berat. Mums bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga atau hanya sekadar berjalan kaki.

 

Berolahraga bisa membantu melancarkan peredaran darah dan menjaga kadar gula dalam tubuh Mums agar tetap terkontrol dengan baik. Selain itu, olahraga selama kehamilan juga bisa membantu Mums menjaga bentuk tubuh yang ideal dan memperlancar proses persalinan kelak.

 

  • Istirahat yang cukup

Setelah mendatangi sejumlah acara silaturahmi dalam sehari, pastikan jika Mums beristirahat dengan waktu yang cukup. Istirahat yang cukup bisa mengembalikan stamina Mums. Jika perlu, minta bantuan Dads untuk memijat pundak dan kaki Mums agar lebih rileks.

 

Bisa bertemu banyak kerabat saat Lebaran tentunya membuat Mums sangat excited. Namun, jangan sampai keseruan tersebut membuat Mums tidak memerhatikan kondisi Mums yang sedang hamil, ya. Lakukan beberapa tips di atas agar Mums dan si Kecil bisa tetap sehat selama momen Lebaran! (BAG/WK)

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi saat Hamil dapat Berakibat Kematian?

 

Manfaat Senam Hamil -GueSehat.com