Makanan nikmat, apalagi junk food, terkadang menjadi musuh bagi Kamu yang ingin memiliki perut rata alias six pack. Apalagi jika Kamu sedang melakukan program diet, pemilihan makanan menjadi salah satu alasan akhirnya Kamu hanya dapat menikmati menu makanan yang membosankan. Mungkin sebentar lagi pernyataan tersebut hanya mitos belaka. Pasalnya, dengan sedikit niat dan keuletan, makanan enak pun bisa dinikmati tanpa takut menjadi gemuk.

 

Yang perlu Kamu lakukan hanyalah mempunyai niat untuk mencoba membuat dan mengolah menu makanan Kamu sendiri. Diambil dari beberapa sumber, berikut makanan nikmat yang dapat dibuat menjadi sehat.

Baca juga: 6 Makanan yang Seharusnya Tidak Kamu Makan!
 

Spageti

Gunakan spageti dari bahan gandum dan pasta yang berserat tinggi Tidak enak? Tunggu sampai Kamu memakannya dengan saus spageti. Pilihlah saus yang tidak mengandung gula atau fruktosa tinggi.

 

Pizza

Bila malas membuat adonan pizza, belilah roti gandum untuk pizza. Buatlah saus pizza sendiri dari tomat, bawang bombay, dan daun kemangi yang masih segar. Aduklah tomat dan bawang bombay bersamaan sampai benar-benar tercampur. Kemudian biarkan sampai dingin. Masukkan daun kemangi dan saus tadi ke dalam blender. Untuk dagingnya jangan gunakan yang tinggi lemak dan pakailah sayur-sayuran yang masih segar. Gunakan juga low fat chees. Penting untuk diingat untuk tidak langsung habiskan 1 porsi pizza pada saat Kamu makan, sisakan 2-3 potong untuk dimakan nanti.

Baca juga: Fakta Menarik tentang Pizza dan Kesehatan
 

Burger

Salah satu ciri burger enak adalah yang lemak dalam dagingnya banyak, karena membuat daging semakin empuk. Lalu bagaimana membuat burger nikmat dan sehat dengan daging tanpa lemak? Ambil potongan daging yang paling tipis, taruh beberapa irisan bawang bombay di atasnya, sedikit minyak zaitun dan keju cheddar yang rendah kalori untuk memberikan rasa gurih kepada dagingnya.

 

Mie Instan

Kamu bisa menjadikan mie instan sebagai teman dengan beberapa syarat tentunya. Berilah tambahan sayuran atau dada ayam rebus dalam mie instan Kamu. Masukkan juga irisan daun seledri, tomat, wortel, dan jamur ke dalam panic dan masukkan mie instan Kamu beserta setengah bumbunya. Aduklah selama 1 menit. Setelah itu masukkan sisa bumbunya dan aduklah selama 1 menit lagi. Sekarang mie Kamu sudah siap untuk dinikmati.

 

Makaroni Keju

Menikmati makaroni keju tanpa kehilangan rasa aslinya? Tentu saja bisa! Kamu hanya harus mengubah sedikit cara membuatnya. Pertama, singkirkan mentega karena mentega mengandung 300 kalori dan 30 gram lemak. Lalu, gunakan susu kacang kedelai atau susu skim. Supaya lebih creamy, tambahkan sedikit lagi susunya. Kalau Kamu senang mencoba variasi, tambahkan sedikit potongan brokoli supaya makanan ini mengandung vitamin C, vitamin B, potassium dan serat. Terakhir, irisan dari sayuran bisa membuat makaroni keju Kamu terlihat lebih banyak.

 

Omelette

Pakailah hanya 1 kuning telur dari 3 kuning telur. Ingat, 1 kuning telur mengandung 55 kalori dan 5 gram lemak dan putih telur mengandung hanya 17 kalori dan bebas lemak. Gunakan kuali anti lengket dan pakailah sedikit saja minyak goreng rendah lemak. Kalau Kamu memakai kuali yang lengket, maka Kamu harus menaruh sedikitnya satu sendok mentega supaya masakan Kamu tidak menempel di kuali. Mentega mengandung 100 kalori dan 12 gram lemak. Selanjutnya, taburkan light cheese untuk menambah gurih masakan Kamu. Dan jangan lupakan sayuran seperti bayam agar omlette Kamu lebih sehat.

Baca juga: 9 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Gairah Seksual Lho, Gengs!

 

Gimana? Bukan masalah kan makan makanan enak? Intinya sih bagaimana kita bisa mengolahnya aja. Jadi, silakan mencoba ya, Gengs! (WK)