Mendapatkan perut yang six pack bukan hal yang mudah. Walaupun banyak cara telah dilakukan, seperti diet hingga pergi ke gym namun hasil yang maksimal belum juga tercapai. Ada kemungkinan Kamu melakukan kesalahan saat berlatih, hingga tak ada kemajuan yang siginfikan didapatkan dalam pola latihan Kamu selama ini.

Baca juga: Ingin Perut Six Pack Tanpa Keluar Rumah? Ikuti Cara Ini!

 

Ada beberapa hal dalam latihan untuk membentuk perut six pack yang harus Kamu hindari. Ini adalah beberapa kesalahan elementer dalam pola latihan yang sering dilakukan oleh Kamu yang ingin mendapatkan perut six pack.

 

1. Latihan tanpa daya tahan yang cukup

Pada dasarnya, otot perut adalah otot yang sama seperti otot dada dan otot punggung. Jadi, kenapa tidak ditempa dengan latihan yang sama? Gerakkan crunch yang dilakukan terus menerus tidak akan membentuk otot perut yang lebih baik. Jika Kamu ingin membentuk otot perut yang optimal, jangan batasi latihan angkat beban sebanyak 12-15 repetisi saja. Lewati batas itu.

Baca juga: 8 Panduan Sebelum Memulai Latihan Pembentukan Otot
 

2. Latihan tanpa intensitas

Banyak orang beranggapan bahwa membentuk perut six pack sangatlah mudah dengan crunch dan gerakkan leg raise pada tahap akhir latihan. Namun, otot perut pada dasarnya sama seperti otot lain, yang mana jika kita ingin membentuknya, kita harus memberikan intensitas yang sama dengan area otot-otot lainnya. Jangan takut untuk memaksa otot Kamu. Baik lewat latihan ringan maupun berat, semuanya akan lebih baik dibanding pola latihan yang biasa.

 

3. Pola gerakan yang minim

Banyak orang di gym yang melakukan repetisi terus menerus pada gerakan yang sama. Mungkin jumlah repetisi crunch atau gerakan lainnya besar, tetapi pola gerakannya hanya itu-itu saja. Otot perut Kamu harus dilatih dengan perlahan serta repetisi yang teratur. Beri perhatian saat melakukan peregangan ke kontraksi, dan pastikan otot perut tetap kencang saat akhir. Repetisi yang terlalu cepat akan sia-sia dalam membentuk otot perut dan hanya mengakibatkan cedera.

 

 

4. Melakukan gerakan yang salah

Saat melatih otot paha dan triceps dengan ragam gerakan, Kamu juga harus melatih bagian perut dengan hal yang sama. Begini caranya:

  • Mulai latihan otot perut dengan memfokuskan gerakan pada perut bagian bawah. Contoh, gerakkan leg raise dengan kaki yang lurus atau tertekuk.
  • Pada perut bagian atas, gunakan daya tahan untuk melakukan sit up dimana perut Kamu akan menekuk.
  • Terakhir, lakukan gerakkan berputar seperti cable rotation untuk mengembangkan perut bagian samping dan perut bagian atas.

 

5. Melupakan otot inti

Banyak para atlet angkat berat menggunakan ikat pinggang saat berlatih mengangkat beban berat, demi menstabilkan tubuh mereka. Hal itu mudah dipahami, tapi akan ada efek sampingnya saat kita lupa mengencangkan otot perut saat duduk dan berdiri. Jika Kamu melatih beberapa otot dan menghiraukan kekuatan otot inti, hal itu bisa menyebabkan cedera. Pastikan Kamu melatih beberapa gerakan yang juga mendukung otot inti agar tubuh Kamu berkembang juga pada akhirnya.

Baca juga: Ingin Otot Kuat dan Sehat? Ikuti Latihan TRX!

 

6. Menggunakan penahan kaki

Seorang atlet angkat berat yang hebat pastinya memiliki kebiasaan untuk menempatkan kakinya dibawah bantalan saat melakukan crunch dan gerakkan lainnya. Ini bisa menyebabkan nyeri punggung bagian bawah. Ada baiknya untuk fokus menggunakan plank, melakukan latihan V-up, dan membebaskan kaki Kamu.

 

Setelah mengetahui beberapa kesalahan elementer di atas, jangan sampai Kamu mengulanginya lagi. Coba diskusikan dengan trainer Kamu dalam melakukan latihan. Selamat mencoba, Gengs! (WK)