Semua orang pasti tahu kalau olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak pilihan waktu yang dapat dilakukan untuk berolahraga dengan manfaatnya masing-masing. Begitu juga olahraga yang dilakukan pada pagi hari, dimana udara yang Kamu hirup masih segar karena bebas dari polusi.

 

Namun sayangnya, tanpa disadari masih banyak orang yang melakukan kesalahan-kesalahan sepele yang membuat olahraga pagi kehilangan manfaatnya. Nah, dikutip dari Fitsugar, berikut ini adalah tujuh kesalahan sepele yang kerap dilakukan dan harus Kamu ketahui agar segala manfaat olahraga pagi bisa Kamu dapatkan secara maksimal. Silakan disimak ya, Gengs!

Baca juga: Manfaat Olahraga Luar Ruangan yang Harus Kamu Tahu

 

1. Tidak sarapan

Tidak harus makan berat, setengah potong pisang dirasa sudah cukup untuk mengisi tenaga sebelum olahraga pagi. Untuk Kamu ketahui, meskipun masih sangat pagi, sangat tidak dianjurkan untuk berolahraga dalam kondisi perut kosong. Hal itu bisa memperlambat metabolisme, sehingga terjadi penumpukan kalori dalam bentuk lemak.

 

2. Terlalu banyak serat

Makanan berserat memang dianjurkan karena baik untuk pencernaan. Namun untuk memulai olahraga pagi, terlalu banyak konsumsi serat hanya akan membuat perut terasa penuh sedangkan kebutuhan kalori yang bisa segera dibakar menjadi energi tidak tercukupi. Yang dibutuhkan tubuh pada saat seperti ini adalah gula sederhana, yang bisa langsung dibakar menjadi kalori.

 

3. Tidak minum

Hawa dingin di pagi hari memang membuat beser alias bolak-balik ke kamar kecil, apalagi jika terlalu banyak minum. Meski begitu, olahraga adalah aktivitas yang akan sangat memeras keringat. Pastikan ada asupan air yang cukup, tidak perlu langsung 2 liter tetapi paling tidak tenggaklah beberapa gelas air putih di sela-sela sarapan.

 

 

4. Tidak siap perlengkapan

Tidak banyak waktu yang tersedia di pagi hari, apalagi para pekerja kantoran yang harus buru-buru berangkat untuk menembus kemacetan menuju tempat kerja. Oleh karenanya, jangan buang-buang waktu hanya untuk mencari kaos kaki yang entah disimpan di mana, atau mencari celana di jemuran yang mungkin malah belum kering setelah dicuci semalam. Pastikan perlengkapan sudah siap pada malam sebelumnya agar rencana olahraga pagi bisa lebih lancar.

 

5. Kurang tidur

Olahraga itu penting, tetapi istirahat yang cukup juga tidak kalah penting. Jika berencana untuk bangun pagi dan melakukan olahraga, pastikan malam sebelumnya tidak begadang sampai larut malam. Sebisa mungkin, tidurlah lebih awal dari biasanya agar bangun dalam kondisi bugar untuk olahraga.

Baca juga: angan Anggap Remah, Kurang Tidur Dapat Merusak Otak!

 

6. Melakukan olahraga yang itu-itu saja

Tenaga boleh prima, tetapi rasa bosan kadang bisa mengacaukan segalanya. Tidak perlu memaksakan diri bila memang jogging atau bersepeda mulai terasa membosankan, coba saja olahraga yang lain yang lebih menantang. Bisa juga dengan ikut kelas-kelas di tempat fitnes, misalnya yoga atau body balance.

 

7. Tidak pemanasan

Begitu bangun tidur, sangat tidak dianjurkan untuk langsung melakukan aktivitas fisik yang berat. Beri kesempatan bagi tubuh untuk melakukan pemanasan dan peregangan agar tidak mengalami cedera. Bukan cuma melemaskan otot, pemanasan yang baik juga akan memperlancar peredaran darah termasuk yang menuju otak. Rasa kantuk dijamin langsung lenyap bila pemanasan dilakukan dengan serius.

Baca juga: Penanganan Akurat Cedera Bahu dan Kaki Akibat Olahraga

 

Jangan memaksakan atau memforsir diri untuk berolahraga ya, Gengs. Tetap berolahraga sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Hindari cedera dalam berolahraga, dan selalu konsultasikan ke dokter bila Kamu mengalami gangguan otot di tubuh Kamu akibat berolahraga. (WK/AY)