Sarapan telah terbukti secara ilmiah sangat penting untuk mengawali hari. Sebuah penelitian menunjukkan 77 persen orang Indonesia di usia produktif (16 – 36 tahun) sudah sadar bahwa sarapan merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk mengawali hari yang lebih semangat. Namun, meskipun kepedulian akan hidup sehat semakin meningkat, kesibukan di pagi hari sering membuat orang melewatkan sarapan, membuat kehilangan sumber energi yang penting agar tubuh dapat bekerja optimal.

Baca juga: Sarapan, Waktu Makan Terpenting Dalam Sehari
 

Melihat hal ini, pada Rabu (11/4) lalu, bertempat di Wyls Kitchen, Hotel Veranda, Jakarta, Quaker Oats Indonesia menggelar konferensi pers dengan meluncurkan inisiatif “Good Days Start with Quaker”, sebagai upaya edukasi masyarakat Indonesia mengenai pentingnya sarapan sehat untuk mengawali hari yang baik. Hadir dalam acara itu, Dr. dr. Fiastuti Witjaksono sebagai Master of Science dan juga Spesialis Konsultan Gizi, Anuj Chadha, selaku Managing Director PT. Quaker Indonesia, Ita Karo Karo Fernandez selaku Marketing Head - Foods PT. Quaker Indonesia, serta Hamish Daud sebagai Brand Ambassador Quaker Oats.

 

Mengapa sarapan itu penting?

Mengapa sarapan penting dilakukan? Alasannya, tubuh tetap membutuhkan energi untuk bekerja bahkan saat kita tertidur. Sementara energi dalam tubuh hanya dapat bertahan dalam waktu 8 – 10 jam.

 

Dr. dr. Fiastuti Witjaksono mengatakan bahwa sarapan penting untuk merestorasi energi pada tubuh karena meski dalam keadaan tertidur tubuh tetap menyerap energi untuk bekerja. Di pagi hari, kadar gula dalam darah, glikogen, dan insulin berkurang drastis. Itu sebabnya tubuh terasa lemas saat terbangun. Karenanya tubuh harus mendapat asupan makanan yang bernutrisi agar bisa segera membentuk energi untuk beraktivitas sepanjang hari. Menu sarapan yang sehat dapat membantu memulihkan energi tubuh. Sarapan yang sehat harus mengandung:

 

  • Serat sebagai pengontrol gula darah agar tetap stabil, dan membantu tubuh merasa kenyang lebih lama sehingga meningkatkan kesehatan pencernaan.

  • Protein berperan sebagai sumber energi dan membangun dan memperbaiki jaringan tubuh

  • Kedua nutrisi ini juga dibutuhkan oleh otak sebagai sumber glukosa untuk energi di pagi hari. Tanpa bahan bakar yang cukup, otak akan mengalami kesulitan dalam mengingat, berpikir, berkonsentrasi, dan belajar. Mereka yang tidak sarapan juga akan mengalami sakit kepala akibat gula darah rendah.

Baca juga: 7 Nutrisi Penting yang Sering Terlupakan
 

 

Dampak melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan tentunya memiliki dampak terhadap tubuh. Begitu juga yang dialami oleh Hamish Daud. Suami dari penyanyi cantik Raisa ini mengatakan melewatkan sarapan membuat energi tubuh menurun sehingga ia cepat merasa lelah sebelum tengah hari.

 

Selain itu, melewatkan sarapan akan membuat tubuh cepat lapar, sehingga konsumsi makan siang cenderung akan lebih banyak. “Karena merasa lebih lapar, saya cenderung ‘kalap’ saat jam makan siang tiba dan jadinya mengonsumsi dengan porsi lebih banyak,” ujar Hamish.

 

Sementara itu, menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono ada beberapa dampak yang dapat dialami tubuh akibat melewatkan sarapan.

 

  • Otak tidak mendapat asupan energi

  • Sulit fokus

  • Cenderung tidak produktif

  • Porsi makan lebih banyak di siang hari

  • Gula darah tidak stabil

  • Efek jangka panjangnya mudah terserang penyakit

Baca juga: Menjaga Gula Darah Tetap Stabil dengan Gaya Hidup Sehat

 

Oat sebagai menu sarapan sehat

Menurut Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, salah satu menu sarapan yang bisa Kamu dijadikan referensi ialah oat. Selain pembuatannya praktis, oat mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengawali hari.


Oat dapat dijadikan sumber eneri, karena kaya akan serat dan protein yang membantu menyeimbangkan nutrisi yang diperlukan tubuh. Oat mengandung karbohidrat kompleks yang membantu Kamu merasa kenyang lebih lama sehingga tak tergoda untuk ngemil makanan berkalori tinggi yang tidak sehat. Quaker Oats memahami pentingnya mengonsumsi sarapan sehat. Brand yang telah hadir selama 140 tahun ini mengajak masyarakat Indonesia untuk mengawali hari-harinya dengan sarapan sehat, lengkap dengan kandungan nutrisi yang tepat.

 

Untuk itu, Quaker Oats hadir menjawab menu sarapan sehat dengan produk-produk yang mudah dan cepat untuk disajikan sebagai menu sarapan. “Kami yakin berbagai pilihan lezat dan mudah disajikan ini dapat mendorong masyarakat untuk memilih sarapan yang sehat untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, sekaligus menghilangkan alasan untuk melewatkan sarapan,” ujar Ita Karo Karo Fernandez. (WK)