Pemantauan kadar gula darah mandiri (PGDM) adalah pemantauan kadar gula darah yang dilakukan sendiri atau secara mandiri oleh penderita diabetes. Artinya, penderita diabetes bisa melakukan pengecekan gula darah di rumah. Seperti yang kita ketahui, rutin mengecek kadar gula darah sangat penting bagi penderita diabetes untuk memastikan gula darah berada dalam kisaran normal.

 

Biasanya, pemeriksaan gula darah dilakukan di laboratorium, meliputi pemeriksaan gula darah puasa, setelah makan, dan HbA1C (mengecek kadar gula darah selama tiga bulan terakhir). Namun, pemeriksaan laboratorium memiliki kekurangan. Pertama, pemeriksaan laboratorium mengharuskan penderita diabetes untuk datang ke rumah sakit. Kedua, karena ada prosedur tertentu yang harus dilakukan sebelum melakukan pemeriksaan, hasilnya jadi tidak menunjukkan kadar gula darah harian yang sesungguhnya.

 

Nah, di sinilah PGDM dinilai bermanfaat bagi banyak penderita diabetes. Pasalnya, pengecekan gula darah bisa dilakukan secara berkala tanpa harus keluar rumah dan tentunya lebih hemat biaya. Jadi, kadar gula darah harian dapat terus dipantau di tengah-tengah rutinitas. Berikut penjelasan lengkap mengenai PGDM, seperti dilansir dari Health First.

Baca juga: Menjaga Gula Darah Tetap Stabil dengan Gaya Hidup Sehat
 

Apa Saja Manfaat PGDM?

PGDM dilakukan dengan menggunakan alat pemeriksa gula darah yang disebut glukometer. Alat ini banyak dijual di pasaran, sehingga penderita diabetes tidak sulit untuk membelinya. Namun ketika membeli glukometer, pastikan kualitasnya sesuai dengan standar dan mengikuti tata cara yang ditetapkan. Belilah glukometer di tempat yang terpercaya. Tanyakan juga kepada penjualnya tentang rekomendasi glukometer terbaik.

 

Kalau sudah memiliki alatnya, rutinlah melakukan PGDM. Adapun beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari PGDM adalah:

  • Dapat memantau kadar gula darah setiap saat. Jika kadar gula darah terlalu rendah atau terlalu tinggi, penderita diabetes bisa langsung melakukan penanganan sedini mungkin.
  • Dapat menentukan makanan mana yang baik dan buruk bagi tubuh. Penderita dapat mengetahuinya dengan mengecek gula darah setelah mengonsumsi makanan.
  • Hemat biaya, waktu, dan tenaga.

 Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes - guesehat.com

 

Siapa Saja Orang yang Perlu Melakukan PGDM Rutin? 

Setiap penderita diabetes bisa melakukan PGDM, namun ada beberapa kelompok tertentu yang dianjurkan untuk melakukan PGDM rutin:

  • Penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 yang tengah menjalani pengobatan suntik insulin secara rutin. Selain itu, penderita diabetes yang mengonsumsi obat antidiabetik pemacu produksi insulin juga dianjurkan untuk rutin melakuka PGDM.
  • Penderita diabetes yang memiliki kondisi tertentu, seperti wanita hamil yang memiliki risiko terkena hipoglikemia, serta wanita yang sedang merencanakan kehamilan.
  • Penderita diabetes yang juga memiliki penyakit kronis lainnya, seperti jantung koroner.

Penderita diabetes dengan kondisi-kondisi tersebut biasanya dianjurkan untuk mencatat setiap hasil pemeriksaan gula darah yang dilakukan beserta keterangan tanggal dan jamnya. Hal tersebut akan membantu dokter menentukan jika dibutuhkan penggantian metode pengobatan.

Baca juga: Manfaat Olahraga bagi Penderita Diabetes
 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan PGDM? 

Pada umumnya, tidak ada ketentuan untuk melakukan PGDM. Namun, biasanya disesuaikan dengan berbagai macam faktor, seperti usia, penyakit lain yang diderita, rentang waktu menderita diabetes, serta terapi atau metode pengobatan apa yang dipilih. 

 

Pada umumnya, dokter menganjurkan untuk melakukan pengecekan gula darah sebelum makan, dua jam setelah makan, dan menjelang tidur. Dokter juga akan menganjurkan penderita diabetes untuk rutin melakukan PGDM setiap hari jika gula darahnya sulit dikendalikan. Sebaliknya, penderita diabetes yang gula darahnya terkontrol secara baik dan konsisten hanya perlu melakukan pemeriksaan gula darah setiap minggu atau setiap bulan.

 

Jadi, waktu dan frekuensi PGDM yang dianjurkan sangat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Oleh sebab itu, lebih baik konsultasikan kepada dokter tentang waktu dan frekuensi PGDM yang ideal.

Baca juga: Gula Darah Naik Tidak Selalu Gejala Penyakit Diabetes

 

Pengecekan gula darah rutin memang sangat penting untuk penderita diabetes. Tentu saja tidak hanya melakukan pengecekan gula darah secara rutin, penderita diabetes juga perlu mengatur pola makan sehat, rutin berolahraga, dan patuh mengonsumsi obat yang diresepkan dokter. Intinya, diperlukan metode berkesinambungan untuk bisa mencapai target gula darah yang baik. (UH/AS)

 

Diet Tepat untuk Penderita Diabetes - guesehat.com