Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata gula darah? Pasti sebagian besar dari Anda langsung menjadi sangat berhati–hati terhadap penyakit diabetes. Ada yang bilang kalau penyakit diabetes banyak terjadi karena faktor keturunan, tapi dari pola makan yang kurang baik juga dapat memicu gula darah yang berlebihan sehingga menyebabkan diabetes, lho. Semua balik lagi bagaimana Anda mengontrol makanan yang dikonsumsi dan gaya hidup yang diterapkan. Menjaga gula darah agar tetap stabil akan menjadi tugas yang cukup berat bagi penderita diabetes ataupun Anda yang gemar dengan makanan manis. Kalau dibilang gemar makanan manis, sepertinya hampir semua orang akan suka dengan sesuatu hal yang manis–manis, ya, termasuk saya juga. Saya pribadi Alhamdulilah tidak ada genetik keturunan dengan diabetis, tapi bukan berarti saya langsung melahap segala sesuatu yang manis–manis., Pola hidup sehat sudah menjadi lifestyle saya sehingga segala suatunya harus dipikirkan. Di usia seperti saya yang masih dibilang cukup muda dan produktif, lebih baik untuk mulai menjaga kesehatan sebagai investasi di usia tua nanti. Hal ini menurut saya sangat baik apalagi kalau yang gemar kuliner dan hobi makan dessert. Cara menjaga gula darah agar tetap stabil sangat mudah sebenarnya dengan menjalani gaya hidup sehat. Ini beberapa tips dari saya untuk menjaga gula darah agar tetap stabil.
  • Menjaga dan perhatikan berat badan Anda. Jika berat badan Anda berlebih, cobalah untuk hindari makanan yang berkalori tinggi seperti permen, kue, biskuit, chiki, ataupun coklat. Nah, disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan seperti buah–buahan, yogurt (yang rendah lemak), sayur–sayuran, dan perbanyak konsumsi air putih. Untuk makanan beratnya coba deh ganti nasi putih dengan beras merah atau beras jagung, itu sangat membantu, lho!
  • Periksalah kesehatan secara rutin. Jika usia Anda lebih dari 40 tahun, ada kalanya untuk memeriksa kesehatan gula darah Anda setiap 6 bulan sekali. Hal ini sangat membantu untuk berjaga–jaga dengan apa yang akan Anda konsumsi kedepannya. Saya sih pernah sekali memeriksakan diri dan Alhamdulilah hasilnya normal. hehe.Tapi saya tetap menjaga makan serta berolahraga secara rutin.
  • Mulailah rutin berolahraga. Ternyata rajin berolahraga ikut membantu menjaga kadar gula darah karena aktivitas fisik mendorong glukosa untuk diubah menjadi energi. Saya biasa melakukan hal sederhana seperti berjalan kaki di pagi hari, melakukan pushup, bersepeda, dan menggunakan tangga saat di kantor.
Tips di atas mengenai menjaga gula darah agar tetap stabil adalah sedikit yang mungkin bisa Anda terapkan karena saya pribadi melakukan hal–hal tersebut dan hasilnya juga positif. Terpenting lagi dari semuanya itu adalah bagaimana mengubah mindset Anda tentang hidup sehat dan ada keinginan untuk menjalankannya, karena faktor ini yang paling sulit untuk dilakukan. Hehe. Selain itu, hal yang cukup sulit adalah melawan rasa malas untuk mengubah gaya hidup Anda. Mulai hari ini cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat di diri Anda ya. Salam sehat!