tidur_1360 Secara teori mungkin Anda sudah tahu jika waktu tidur malam yang berkualitas sangat memengaruhi kesehatan tubuh manusia. Tetapi kenyataannya, apakah setiap malam Anda selalu tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas? Seharusnya, orang dewasa membutuhkan sekitar tujuh sampai sembilan jam waktu tidur setiap malam untuk mempertahankan kondisi tubuh yang sehat. Namun ketika tiba waktu tidur, terkadang Anda hanya berbaring saja di atas kasur dan menatap langit-langit rumah sambil bermain gadget hingga pagi tiba. Bagi Anda yang sering merasa kesulitan untuk tidur, coba beberapa tips tidur cepat di bawah ini untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas.

Redupkan lampu

Saat tiba waktu tidur, tubuh Anda mulai memproduksi melatonin, yaitu hormon yang memberitahu tubuh Anda bahwa “ini saatnya tidur”, sehingga lebih baik ketika akan tidur untuk meredupkan lampu kamar Anda. Tidur dalam keadaan lampu yang menyala terang justru dapat mengganggu dan mengelabui otak sehingga tidur Anda pun menjadi tidak nyenyak.

Matikan handphone

Ini salah satu kebiasaan yang sebaiknya mulai Anda hilangkan. Bermain handphone di ranjang ketika akan tidur. Cobalah mulai menyimpan handphone Anda hingga tiba pagi hari. Larangan menggunakan teknologi ini berlaku setidaknya 60 menit sebelum Anda tidur. Cahaya yang berasal dari layar handphone bisa membuat mata Anda menjadi terjaga kembali dan ketika Anda keasikan bermain handphone bisa membuat lupa waktu untuk tidur.

Tutupi semua sumber cahaya

Saat tiba waktu tidur, lebih baik tutupi semua sumber cahaya yang berada di dalam kamar tidur Anda, seperti lampu handphone yang berkedip-kedip saat di charge, cahaya dari televisi ataupun laptop yang masih menyala. Cahaya ini bisa mengganggu konsentrasi Anda untuk tidur pulas.

Membersihkan diri sebelum tidur

Setelah hari yang panjang dan melelahkan, lakukan rutinitas yang membantu untuk menenangkan otak Anda dari kesibukan di pagi hari, misalnya mencuci wajah, menggunakan masker kecantikan, atau mandi. Studi menunjukkan, uap menyebabkan suhu tubuh Anda naik, kemudian ketika suhu turun akan memicu rasa kantuk. Selain itu, ketika tubuh sudah dalam keadaan bersih akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyaman.

Dengarkan suara yang menenangkan

Untuk membantu proses tidur yang lebih cepat, Anda bisa mencoba untuk mendengarkan suara-suara alam seperti aliran sungai, ombak laut, atau suara gerimis hujan. Suara alam tersebut bisa Anda dapatkan di salah satu situs website seperti Youtube atau beberapa aplikasi yang khusus menyediakan lagu penghantar tidur. Supaya bisa tidur lebih cepat sebenarnya bisa didapatkan dengan membiasakan 5 hal sederhana di atas. Kebiasaan tersebut memang akan terasa sulit di awal, apalagi untuk tidak bermain handphone sebelum tidur. Namun, jika sudah terbiasa, tubuh Anda akan terasa lebih segar dan bersemangat di keesokan hari.