Penampilan menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan oleh wanita. Kebersihan dan kerapian menjadi salah satu prioritas utama bagi wanita untuk menjaga keindahan penampilannya. Tak hanya bagian yang nampak luar saja yang dijaga, namun kebersihan serta kerapian tubuh lain juga diperhatikan, salah satunya adalah kebersihan pada bulu-bulu di daerah kemaluan. Apakah Anda justru kurang memperhatikan kebersihan bulu di sekitar kemaluan? Jika Anda masih ragu dalam membersihkan bulu kemaluan, dermatolog dr. Rachel Miest dan aesthetician berlisensi Fernanda Santos (pemilik Beleza Beauty Spa) menyampaikan hal apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan waxing pada bulu kemaluan.

Berikut tips membersihkan miss v dengan waxing :

  1. Pertama-tama ketahuilah bahwa waxing sekitar alat kelamin Anda akan terasa lebih sakit dari tempat-tempat lain,  karena kulit di daerah Miss V Anda lebih tipis sehingga lebih sensitif. Selain itu kulit juga cenderung lebih sedikit elastis.
  1. Bersihkan Miss V Anda dengan waslap 2-3 hari secara rutin sebelum Anda melakukan waxing. Membersihkan area vagina dapat membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan tentunya mencegah keputihan. Lakukan pembersihan dengan kain yang lembut karena menggunakan bahan yang kasar dapat membuat kulit bagian Miss V menjadi iritasi.
  1. Anda biasa melakukan waxing sendiri? Kali ini untuk membersihkan Miss V, sebaiknya Anda serahkan kepada orang yang sudah profesional karena mereka lebih mengetahui bagian mana dan seperti apa cara yang aman untuk membersihkan area tersebut.
  1. Tunda waxing apabila keadaan kulit sedang tidak baik (meradang) karena bukan hanya akan terasa lebih sakit tetapi iritasi  akan semakin parah hingga infeksi.
  1. Beritahukan kepada orang yang membantu Anda melakukan waxing mengenai apa saja yang Anda konsumsi dan apabila ada sensitivitas yang cukup tinggi segera sampaikan supaya mereka mengetahui apa dan bagaimana seharusnya membersihkan Miss V Anda.  Hal ini terkait pada beberapa produk untuk kulit yang dapat menimbulkan sensitivitas kulit semakin tinggi.
  1. Hindari melakukan waxing saat Anda dalam periode datang bulan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa reseptor rasa sakit wanita benar-benar berubah selama periode datang bulan. Rasa sakit yang berlebih tersebut merupakan hal normal dan tingkat sakit setiap wanita akan berbeda-beda. Jadi jangan terlalu khawatir, ya!
  1. Ambil apa saja yang menurut Anda bisa membantu mengurangi rasa sakit, bisa juga dengan mengonsumsi aspirin yang akan membantu meredakan rasa nyeri 30-45 sebelum melakukan waxing.
  1. Gunakan krim pereda rasa sakit yang mungkin akan butuhkan, tetapi sebelum menggunakannya perhatikan dulu bahan-bahan yang terkandung dan bagaimana keadaan kulit Anda. Bila memang baik untuk Anda gunakan, terapkanlah krim tersebut 30-45 menit sebelum Anda melakukan waxing. Sebaiknya penggunaan obat ini sudah dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda.
  1. Sebelum melakukan waxing buatlah diri Anda tenang seperti melakukan yoga, apabila keadaan Anda tegang maka akan terasa lebih sakit lagi.
  1. Minum minuman beralkohol sebelum melakukan waxing dapat membantu Anda untuk merasa lebih tenang. Namun,  di satu sisi mengonsumsi anggur dapat menyebabkan peradangan dan infeksi pada kulit. Efek ini memang berbeda pada masing-maing orang, tergantung pada keadaan tubuh dan sensitivitas kulitnya.
  2. Lakukan percobaan di beberapa tempat dan pastikan bahwa memang terjamin kualitasnya dan produk-produk yang digunakan cocok untuk kulit Anda. Pilih yang memang membuat Anda nyaman.
  1. Kenakan pakaian yang nyaman mungkin yang longgar supaya kulit Anda dapat bernapas ketika sedang waxing.
  1. Jika Anda waxing coba meminum air mineral sebanyak-banyaknya untuk membantu menghindari dehidrasi.
  1. Buat janji waxing pada saat waktu Anda kosong cukup lama. Banyak pendapat mengatakan setelah mereka melakuakn waxing ada bagian Miss V yang  terasa sakit.
  2. Cari tempat waxing yang benar-benar Anda sukai dan sudah terpercaya supaya merasa nyaman ketika melakukannya. Jika dilakukan oleh orang yang sudah profesional dan sudah biasa menangani Anda maka akan lebih tahu apa yang  harus dilakukan dengan keluhan-keluhan Anda.
Nah, kalau Anda sudah mengetahui dan melakukan hal-hal tersebut paling tidak Anda akan lebih siap melakukan waxing. Jangan ragu lagi untuk menjaga kebersihan daerah Miss V Anda agar terjaga kesehatannya.