Mau terhindar dari diabetes? Sering-seringlah bersepeda! Sebuah penelitian di Denmark menunjukkan bahwa sering bersepeda bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada orang dewasa.

 

Menurut para peneliti, orang yang suka bersepeda ke kantor atau sering bersepeda di waktu luangnya, memiliki kemungkinan yang kecil terkena diabetes. Bahkan, peneliti juga mengatakan bahwa dampak positif tersebut tetap sama jika seseorang baru mulai sering bersepeda ketika sudah tua. Berikut penjelasan lengkapnya, seperti yang dilansir oleh portal Tech Times!

Baca juga: Manfaat Olahraga Bersepeda bagi Kesehatan

 

Hubungan Diabetes dan Bersepeda

Untuk lebih jelasnya, ada sebuah penelitian tentang hubungan antara risiko diabetes dan bersepeda yang dipimpin oleh Martin Rasmussen dari Universirty of Southern Denmark. Sekitar 24.000 pria dan 27.000 wanita Denmark yang berusia 50 – 65 tahun, ikut berpartisipasi dalam penelitian ini.

 

Para ilmuwan yang juga terlibat dalam penelitian tersebut memeriksa hubungan antara rutinitas dan jarak perjalanan peserta dari rumah ke kantor atau tempat lain, kebiasaan bersepeda, dan diagnosis diabetes tipe 2-nya. Untuk menghitung diagnosis diabetes peserta, penelitian ini dibantu oleh perhitungan dari Danish National Diabetes Registry. Di akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa peserta yang bersepeda secara rutin, memiliki risiko yang lebih kecil terkena diabetes tipe 2. Semakin banyak waktu yang dihabiskan oleh peserta untuk bersepeda, semakin menurun juga risikonya terkena penyakit tersebut.

 

Lima tahun setelah penelitian dimulai, kebiasaan bersepeda para peserta dievaluasi. Mereka yang mulai bersepeda secara rutin setiap hari mengalami penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 sebanyak 20% ketimbang peserta yang tidak bersepeda secara rutin. Penelitian ini juga mengevaluasi faktor lainnya yang bisa memengaruhi risiko diabetes peserta, misalnya seperti makanan, ukuran lingkar perut, riwayat merokok, konsumsi alkohol, dan beberapa jenis olahraga lainnya yang dilakukan peserta.

 

Para peneliti mengakui bahwa faktor-faktor tersebut bisa memengaruhi hasil dari penelitian. Penelitian tersebut memang hanya terfokus pada hubungan antara risiko diabetes tipe 2 dan kebiasaan bersepeda, namun tidak terlalu memerhatikan hubungan penyebab dan dampaknya. Salah satu hasil penelitian yang dinilai paling menarik oleh para peneliti adalah, peserta yang baru mulai rutin bersepeda di usia tua, juga mengalami penurunan risiko terkena diabetes tipe 2. Hasil penelitian tersebut menggarisbawahi, tidak ada kata terlambat untuk bersepeda. Meskipun seseorang sudah berusia lanjut, ia tetap dianjurkan bersepeda secara rutin untuk menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Baca juga: Bersepeda Menyehatkan dan Bisa Menurunkan Berat Badan
 

 

Mengapa Bersepeda Baik untuk Kesehatan?

Ilmuwan mengatakan, bersepeda adalah salah satu jenis olahraga yang paling mudah untuk diaplikasikan sehari-hari. Dokter juga menganjurkan agar orang-orang yang terlalu sibuk dan tidak bisa menyisihkan waktu berolahraga, membiasakan diri berolahraga ke kantor. Hal tersebut bisa menjadi alternatif untuk orang sibuk supaya bisa tetap meningkatkan aktivitas fisik. 

 

Bersepeda memang termasuk aktivitas aerobik. Artinya, saat bersepeda, jantung, pembuluh darah, dan paru-paru Kamu beraktivitas secara bersamaan. Ketika bersepeda, Kamu akan menghirup napas lebih dalam, berkeringat, dan mengalami peningkatan suhu tubuh. Hal-hal tersebut dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Manfaat kesehatan dari bersepeda secara rutin, di antaranya:

  • Meningkatkan olahraga kardiovaskular
  • Meningkatkan kekuatan otot dan fleksibilitas
  • Meningkatkan mobilitas sendi
  • Menurunkan tingkat stres
  • Meningkatkan postur dan koordinasi
  • Memperkuat tulang
  • Menurunkan kadar lemak tubuh
  • Mencegah penyakit
  • Menurunkan kekhawatiran dan depresi
Baca juga: Manfaat Olahraga bagi Penderita Diabetes

 

Nah Gengs, tunggu apalagi? Mulailah sering bersepeda dari sekarang supaya terhindar dari diabetes. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penelitian menunjukkan bahwa rutin bersepeda menurunkan risiko diabetes tipe 2 di kemudian hari. Jadi lebih baik, lakukan pencegahan dini diabetes tipe 2 dengan rutin bersepeda! (UH/WK)