Kumpul-kumpul sama temen di weekend memang paling seru, apalagi setelah kita semingguan penuh kerja keras mengejar deadline. Dan biasanya bar adalah tujuan utama untuk santai sambil ngobrol dan minum-minum lucu sama temen. Tapi asal kamu tahu aja nih, kebanyakan minum itu bahaya lho! Apalagi sampai mabuk berat. Selain bahaya minuman keras bagi kesehatan, keseringan mabok itu bikin susah orang banyak, ditambah lagi kalau kamu tipikal orang yang mabuknya ‘rusuh’. Kalau berencana minum-minum saat weekend nanti, ini dia 3 dampak negatif minuman keras yang harus diperhatikan :

Meningkatkan Tekanan Darah

Kalo kamu minum alkohol dengan jumlah yang sesuai (I mean, tidak berlebihan) bisa membuat pembuluh darah melebar dan jadi lebih rileks. Tapi kalau kebanyakan yang terjadi malah sebaliknya, pembuluh darah menyusut, tekanan darah naik jadinya pusing dan radang, duh!

Kerusakan Liver

Ini yang paling sering menimpa orang-orang yang sering minum-minum, livernya rusak. Keseringan minum bisa meningkatkan resiko terkena penyakit liver. Di Inggris 25% penyebab kerusakan hati adalah karena minuman keras. Dan secara umum juga, alkohol itu ‘tiket’ langsung kena penyakit liver.

Interaksi Sosial

Nah, ini nih yang paling sering kejadian dengan orang yang lagi mabuk berat, ngerusak suasana! Ada tipikal orang yang kalau dia lagi mabuk pasti jadi bawel, dan ngomongnya ngaco. Kalau yang seperti ini masih bisa dibuat jadi bahan candaan sama teman-temannya. Tapi lain lagi kalo lagi mabuk rusuh, emosi kepancing dan tempramennya naik. Yang seperti ini yang suka bikin bubar tongkrongan. Satu lagi yang paling ditakutin adalah orang mabok yang mengemudi, ini bahaya banget! Banyak kasus kecelakaan karena si driver berada dibawah pengaruh alkohol, jangan sampai kejadian deh, pokoknya! Walaupun memang minum-minum alkohol (nampaknya) sudah seperti menjadi bagian dalam kegiatan bersosialisasi, khususnya buat masyarakat di perkotaan, tapi tetap ingat ya dan ketahui batas tubuh kita. Dan kamu harus berani menolak minuman, kalo tahu tubuh kamu sebenarnya udah ngga kuat. Dan pastikan, setidaknya ada satu orang di antara kalian yang ngga mabok. Buat jaga-jaga kalau yang pada teler, tumbang semua. Dan inget selalu buat drink responsible, ya!