Menderita penyakit kronis tentu menjadi hal yang sangat dihindari oleh setiap orang. Selain karena memiliki dampak serius bagi kesehatan, penyembuhan penyakit kronis juga tidak bisa dibilang mudah. Nah, lalu apa saja sih yang menjadi penyebab dan bagaimana cara pengobatan penyakit kronis yang efektif? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Pilih Obat Generik atau Obat Paten?

 

Apa Definisi Penyakit Kronis?

Menurut Pusat Statistik Kesehatan Nasional Amerika Serikat, penyakit kronis merupakan jenis penyakit yang berlangsung dalam waktu lama, biasanya selama 3 bulan atau lebih. Contoh paling umum dari penyakit kronis antara lain asma, stroke, diabetes, dan hipertensi.

 

Biasanya, penyakit kronis tidak dapat disembuhkan dan dihilangkan secara tuntas, namun dengan perawatan dan pengobatan yang rutin, penderita penyakit kronis dapat mengurangi gejala-gejala yang timbul.

 

Berdasar data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kebanyakan penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi disebabkan oleh adanya perubahan gaya hidup, diet yang buruk, kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi lemak, kurangnya aktivitas fisik, kebiasaan merokok serta tingkat stres yang terlalu tinggi.

 

WHO juga menyatakan bahwa prevalensi penyakit kronis diperkirakan akan mengalami peningkatan sebesar 57% pada tahun 2020. Maka dari itu, penyakit kronis memerlukan perhatian khusus dari masyarakat, baik dari sisi pencegahan dan juga pengobatannya.

Baca juga: Mitos Obat Generik: Benarkah Bekerja Lebih Lambat dalam Tubuh?

  

OGB, Solusi Pengobatan Efektif

 

  

Ada beberapa jenis penyakit kronis yang dapat menyebabkan kematian, antara lain penyakit kardiovaskuler, kanker, penyakit paru obstruksi kronik, hipertensi, dan diabetes mellitus. Dan, seperti telah dikatakan sebelumnya, pengobatan penyakit kronis tidak bisa dibilang mudah, apalagi murah. Pasalnya, penyakit kronis berlangsung dalam waktu yang lama, sehingga biaya yang dibutuhkan pun akan lebih banyak. Obat-obatan paten yang digunakan dalam masa penyembuhan menjadi salah satu faktor mengapa biaya pengobatan penyakit kronis menjadi sangat tinggi.

 

Nah, dengan adanya perkembangan dalam dunia farmasi, yakni keberadaan obat generik berlogo (OGB), kini penderita penyakit kronis seperti diabetes, kolesterol dan hipertensi bisa memeroleh obat untuk penyakitnya dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Dalam sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal bertajuk The Use Of Generic Drugs In Prevention Of Chronic Disease Is Far More Cost-Effective Than Thought, And May Save Money menyatakan bahwa, pengobatan penyakit kronis seperti penyakit arteri koroner dengan menggunakan obat generik yang tepat terbilang jauh lebih efektif. Hal ini karena obat generik yang digunakan memiliki kualitas yang sama dengan obat paten, namun harganya jauh lebih murah dibanding obat paten.

 

Ya, jangan langsung memandang sebelah mata mendengar harganya yang terjangkau! Meski OGB memiliki harga yang terjangkau, tapi soal kandungan, efektivitas, keamanan, serta kualitasnya secara keseluruhan tetap setara dengan obat bermerek kok.

 

“Harga OGB yang terjangkau sebenarnya dikarenakan saat memproduksi, pabrik membeli bahan bakunya dalam jumlah banyak. Ya, kalau bahan baku yang dibeli dalam jumlah banyak, kan otomatis harganya jadi lebih murah. Tapi, untuk kualitas bahan baku hingga proses produksinya sama saja dengan obat bermerek,” jelas Tarcisius Tanto Randy, General Manager Marketing OGB Dexa Medica.

 

Selain memiliki kualitas yang sama, produksi OGB juga dilakukan atas dasar izin Badan Pengawas Obat dan Makanan kok. Buktinya, setiap perusahaan farmasi yang ingin memproduksi OGB, harus memeroleh sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) terlebih dahulu.

Baca juga: Dengan Obat Generik Berlogo, Semua Orang Berhak Sehat

 

Penggunaan obat bermerek dengan harganya yang cukup mahal pada pengobatan penyakit kronis seringkali membuat penderitanya memilih untuk berhenti di tengah masa pengobatan. Bayangkan saja, harga untuk obat penyakit kronis bermerek seperti diabetes dan hipertensi saja bisa 10 kali lipat dibanding harga obat pada umumnya. Tentu, kondisi ini bisa membuat penderita semakin merasa terpojok mengingat biaya yang harus dikeluarkan.

 

Nah, dengan adanya OGB, bisa menjadi solusi bagi penderita penyakit kronis agar dapat mengonsumsi obat secara rutin tanpa terputus. Kalau ada yang lebih terjangkau dengan kualitas setara, kenapa tidak? (BAG/OCH)