Mengonsumsi buah memberikan nutrisi seimbang

Jika diberikan pilihan antara pergi ke restoran cepat saji dengan kedai gado-gado Bu Sumi, mana yang Anda pilih? Mungkin lebih banyak yang akan memilih untuk pergi ke restoran cepat saji. Meskipun sama-sama di tempat yang bersih dan dilengkapi dengan pendingin ruangan, restoran cepat saji ternyata tetap lebih dimininati. Alasannya? Ya, karena makanan yang disajikan bisa diantar lebih cepat dan rasanya yang (dianggap) lebih lezat. Padahal, sebenarnya banyak yang sudah tahu jika makanan cepat saji tinggi akan kalori, lemak jenuh, sedikit nutrisi, dan mengandung bahan tambahan lain seperti pengawet dan pewarna buatan yang tidak baik untuk kesehatan. Bukan melarang, tetapi sebaiknya kebiasaan tersebut harus mulai dikurangi. Mengonsumsi nutrisi seimbang bisa juga menjadi salah satu cara untuk mengimbangi kegemaran Anda terhadap makanan siap saji. Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengonsumsi buah-buahan untuk mengatasi masalah kesehatan yang anda hadapi. Kandungan serat dari buah-buahan dapat membantu proses pencernaan Anda. Buah juga pada umumnya kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas. Dengan mengonsumsi buah yang kaya akan nutrisi Anda bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit, mencegah penuaan dini, melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit kanker serta bisa digunakan dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

Manfaat jus buah bagi kesehatan

Buah mengandung nutrisi essensial yang diperlukan oleh tubuh dan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan makanan cepat saji yang sering kali kita konsumsi. Sebagai variasi, Anda bisa mengonsumsi buah dengan cara di jus. Ketika buah di jus maka nutrisi dari buah akan lebih cepat terserap dan dicerna di dalam tubuh dengan lebih baik sehingga dapat bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Jus buah ini memiliki berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan. Inilah berbagai macam jus buah dan manfaatnya bagi kesehatan:
  • Jus Mangga
Fungsi: obat asma, bronkhitis, sesak nafas, dan influensa berat.  Bahan: 200 g mangga masak pohon, 100 g air, 1/4 sendok makan jeruk nipis, 2 sendok makan madu.
  • Juice Kombinasi Buah
Fungsi: melancarkan pencernaan, sembelit, dan kembung perut.  Bahan: 100 g pepaya, 100 g apel, 100 g nenas, 2 sendok makan jeruk nipis, 2 sendok makan madu, 200 cc air es.
  • Juice Melon
Fungsi: membantu sistem pembuangan, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung dan stroke, dan mencegah penggumpalan darah.  Bahan: 200 g melon, 2 sendok makan jeruk nipis, 2 sendok makan madu, 1 sendok makan sari jahe, 100 cc air es.
  • Juice Sirsak Nenas Pepaya
Fungsi : memperlancar pencernaan makanan, anti sembelit, dan meningkatkan nafsu makan.  Bahan: 250 g sirsak, 100 g nenas, 100 g pepaya, 2 sendok makan air jeruk nipis, 2 sendok makan madu, 100 cc air es.
  • Disko Apel
Fungsi: mencegah dan menyembuhkan penyakit jantung, membantu sistem pencernaan, dan antikanker.  Bahan: 400 ml juice apel, 200 ml juice melon, 200 ml juice jambu biji, 100 cc madu, potongan buah apel dan belimbing. Bisa dilihat kan, banyak sekali manfaat minum jus buah bagi kesehatan kita. Untuk itu, mulai ganti minuman ringan yang Anda konsumsi dengan jus buah segar yang akan meningkatkan kesehatan sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Kebiasaan sederhana ini sangat baik jika Anda mulai dari sekarang!