Jerawat tidak hanya muncul di wajah tetapi juga bisa timbul di bagian tubuh tertentu seperti payudara lho, Gengs. Jerawat yang timbul di payudara ini pun dapat disebabkan oleh berbagai hal. Apa saja penyebab dan cara mengatasinya? Dilansir dari healthline.com, berikut ini penjelasannya!

 

Apakah jerawat pada puting payudara normal?

Banyak kasus benjolan dan jerawat pada puting payudara sebenarnya tidak memiliki dampak kesehatan apapun. Jerawat dan folikel rambut yang tersumbat pada bagian payudara sebenarnya normal dan dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Benjolan pada payudara seperti jerawat pada payudara ini terlihat seperti komedo putih (whiteheads). Nah, jika jerawat di bagian payudara itu menjadi nyeri, gatal, dan muncul gejala lainnya seperti keluarnya cairan, kemerahan, dan ruam, bisa jadi gejala itu menunjukkan kondisi lain yang perlu diobati. Kalau sudah begitu, segeralah berkonsultasi dengan dokter ya, Gengs.

Baca juga: Yuk, Kenali Tanda-Tanda Kanker Payudara!

 

Apa penyebab dari jerawat pada payudara?

Jerawat pada payudara dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

 

  • Pori-Pori yang Tersumbat

Penyebab jerawat pada puting payudara sebenarnya sama dengan penyebab jerawat pada wajah nih, Gengs. Yup, salah satu penyebab jerawat timbul di sekitar payudara ialah karena adanya penyumbatan pori-pori pada kulit. Saat terjadi penumpukan minyak dan terdapat sel-sel kulit yang mati di sekitar puting payudara, maka hal ini akan menimbulkan jerawat.

 

  • Folikel Rambut Tumbuh ke Dalam

Folikel rambut merupakan struktur kulit yang menjadi tempat rambut akan tumbuh. Setiap orang memiliki folikel rambut di bagian puting payudaranya yang berbeda-beda. Setiap orang juga memiliki akar rambut yang tumbuh di sekitar puting atau areola (daerah gelap di sekitar puting payudara yang dapat melebar atau lebih gelap). Foliker rambut di sekitar puting payudara yang normal seharusnya tumbuh keluar, namun saat tersumbat, folikel tersebut akan tumbuh ke dalam dan menimbulkan benjolan seperti jerawat. Jika terjadi kondisi seperti ini, biasanya akan kembali normal dan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Kanker Payudara Bisa Menyebar ke 5 Area Tubuh Ini!

 

  • Kurang Menjaga Kebersihan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, penyebab jerawat di sekitar payudara sebenarnya sama saja dengan penyabab jerawat pada wajah. Kurang menjaga kebersihan merupakan salah satu penyebab jerawat yang muncul pada payudara. Agar jerawat tidak tumbuh di payudara khususnya di bagian puting, disarankan untuk rutin mandi dan mencuci bra serta pakaian. Tubuh yang berminyak dan kotor tentunya akan membuat jerawat baru tumbuh.

 

 

Lalu, bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat?

Jika Kamu merasakan benjolan seperti jerawat pada payudara, Kamu bisa melakukan beberapa pencegahan berikut ini, Gengs:

  • Menjaga kebersihan diri dan mengenakan pakaian yang bersih, tidak terlalu ketat untuk menghindari penyumbatan pori-pori.
  • Saat tubuh berkeringat. Usahakan untuk segera mandi dan mengganti pakaian dalam.
  • Menerapkan gaya hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan tubuh.
  • Untuk ibu yang menyusui, harus selalu menjaga kebersihan area payudara khususnya puting.
Baca juga: Efektifkah Pasta Gigi untuk Menghilangkan Jerawat?

 

Bagaimana cara mengobatinya?

Perawatan dan pengobatan untuk benjolan atau jerawat pada puting payudara tergantung pada penyebabnya. Dalam banyak kasus, jerawat dapat sembuh dengan sendirinya. Jika Kamu terlalu sering menemukan jerawat pada sekitar payudara, sebaiknya segeralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang tepat.

 

Namun, ada pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat pada payudara ini seperti dengan menggunakan air hangat dan sabun pembersih. Perlu diingat, jika tidak berkurang juga dalam beberapa hari, segeralah ke dokter. (TI/WK)