Apakah Geng Sehat tidak pernah bermimpi ketika tidur? Atau Kamu malah termasuk orang yang selalu bermimpi ketika tidur? Biasanya mimpi yamg dialami sering kali aneh dan tidak terkira. Misalnya saja Kamu sedang berada di suatu tempat, bertemu dengan seseorang yang Kamu kenal, dan melakukan sesuatu tanpa sadar.

 

Namun, bisakah Kamu mengendalikan mimpimu? Lucid dream adalah keadaan ketika seseorang sedang tertidur, dan menyadari kalau dirinya sedang bermimpi serta bisa mengendalikan mimpi tersebut. Mengapa seseorang bisa mengalami hal itu? Apakah ini berhubungan dengan kekuatan gaib?

 

Apa itu Lucid Dream?

Lucid dream disebut juga dengan mimpi jernih atau nyata. Seperti yang dilansir dari webmd.com, terdapat penelitian yang telah menunjukkan bahwa lucid dream disertai dengan peningkatan aktivasi otak, yang biasanya tertekan saat tidur. Lucid dreaming terjadi saat Kamu memasuki REM (Rapid Eye Movement) dan terjaga.

Baca juga: 7 Kebiasaan Sehat Sebelum Tidur

 

Manusia memiliki 4 tahapan dalam tidurnya, yaitu tidur ayam atau belum terlelap, mulai tertidur, tidur nyenyak, dan tidur REM. Dalam tahapan tidur REM, pernapasan, detak jantung, dan gerakan bola mata yang tadinya lambat menjadi lebih cepat. Namun, lucid dream bisa terjadi hanya jika Kamu tidur terlelap.

 

Tips untuk tidur nyenyak - guesehat.com

 

Hal ini menciptakan pengalaman baru, yaitu bangun dalam mimpimu sendiri. Fenomena ini ditandai dengan kesadaran bahwa Kamu sedang berada dalam mimpimu. Tidak seperti mimpi pada umumnya yang jalan ceritanya belum tentu jelas, Kamu dapat mengendalikan mimpimu sendiri dan mengubah jalan ceritanya.

 

Misalnya, Kamu sedang berada di sebuah pesta ulang tahun dan terdapat kue yang sudah dipotong, Kamu berniat untuk memakannya, maka Kamu bisa dengan mudah untuk mendekati dan memakan kue tersebut walau tidak terasa kenyang.

 

Akan tetapi, bukan berarti semua mimpi yang Kamu alami menjadi masuk akal. Misalnya saja Kamu bertemu dengan presiden di pesawat, kemudian Kamu memberanikan diri untuk mengajaknya terjun bersama.

 

Hal itu tidak mungkin terjadi di dunia nyata, bukan? Namun, dalam mimpi tersebut Kamu jadi memiliki keberanian untuk berbicara dengan presiden dan mengajak beliau terjun dari pesawat. Hal itu terjadi karena Kamu mengendalikan mimpimu.

 

Apakah Lucid Dream Baik untuk Kesehatan?

Terdapat beberapa penelitian yang mengatakan bahwa mimpi sebaiknya dibiarkan saja secara alami tanpa harus dikendalikan. Pasalnya, mimpi adalah pengalaman yang bisa terjadi akibat pikiran dari aktivitas sehari-hari.

 

Kendati demikian, ada pula beberapa terapis dan ahli yang memanfaatkan lucid dream sebagai pengobatan atau terapi. Misalnya saja untuk menyembuhkan trauma psikologis, mengembangkan kepekaan diri, meningkatkan kepercayaan diri, dan mempelajari alam bawah sadar.

 

Dalam dunia nyata, manusia belum tentu bisa melakukan hal-hal seperti dalam lucid dream. Bahkan ada pula beberapa terapis yang menerapkan serta membangkitkan lucid dream pada orang yang lumpuh, agar dalam mimpi mereka dapat merasakan bebasnya berjalan dan bergerak.  

 

Siapa Saja yang Bisa Mengalami Lucid Dream?

Sebenarnya siapapun bisa dan memiliki kemampuan untuk melakukan lucid dream. Namun, ini tergantung seberapa cepat orang tersebut mempelajari dan menyadari bahwa ia dapat mengendalikan mimpinya. Ada penelitian yang mengatakan bahwa setidaknya setiap orang akan mengalami lucid dream 1 kali seumur hidupnya secara tidak sengaja.

Baca juga: Apa Fakta tentang Mimpi Kamu?

 

Bagaimana Cara Melakukan Lucid Dream?

Dalam beberapa kasus, lucid dream bisa terjadi begitu saja tanpa harus dilatih. Namun, para ahli menemukan beberapa teknik untuk memicu lucid dream. Pertama-tama, Kamu harus meluangkan waktu untuk memikirkan mimpi apa yang ingin Kamu inginkan, entah itu mimpi bahagia, mimpi sedih, atau mimpi yang tidak mungkin terjadi. Apapun yang Kamu inginkan, fokuskan pada hal tersebut.

 

Proses ini disebut dengan predeterminasi dan harus dilatih berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama. Kemudian, biarkan tubuh Kamu terlelap, tetapi tetap fokuskan pikiran terhadap mimpi yang Kamu inginkan.

 

Bagaimana Cara Otak Bekerja saat Lucid Dream?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Bonn University berhasil menemukan perubahan tubuh, khususnya otak manusia, ketika memasuki lucid dream. Penelitian ini dilakukan kepada 20 mahasiswa yang telah dilatih selama 4 bulan untuk melakukan lucid dream. Dari 20 peserta tersebut dipilih 6 orang, karena mereka mengalami lucid dream lebih dari 3 kali dalam seminggu.

Baca juga: 5 Tips Tidur Lebih Cepat

 

Hasil penelitian menunjukkan, ketika mahasiswa mengalami lucid dream, aktivitas elektrik pada otak di bagian tertentu mengalami peningkatan. Aktivitas ini sangat mirip dengan aktivitas orang yang sedang sadar atau terbangun dari tidurnya. Namun, hal ini terjadi ketika para peserta memasuki tahap tidur REM.

 

Dapat disimpulkan, lucid dream merupakan kondisi fenomenal yang dapat diteliti lebih lanjut dari sisi medis. Jadi, lucid dream bukanlah hal yang berkaitan dengan dunia gaib, melainkan kelainan atau peningkatan kinerja pada otak yang terjadi selama Kamu tidur. (AD/AS)