senam otak 1360   Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Anda mungkin sudah sering melakukan gerakan-gerakan senam. Mulai dari senam kesegaran jasmani (SKJ), senam poco-poco, senam aerobik ataupun senam pramuka. Menyenangkan ya jika diingat-ingat lagi. Meskipun memang seru tapi rasanya sudah biasa ya melakukan senam seperti itu. Bagaimana dengan senam otak? Apakah juga sudah biasa Anda lakukan? Otak sebagai pusat untuk mengontrol seluruh kegiatan tubuh sangatlah penting untuk dijaga agar tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik. Untuk itu, salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan melakukan senam otak. Senam otak murah dan mudah untuk dilakukan dimana saja. Senam ini bertujuan untuk meningkatkan daya fokus, konsentrasi dan menjaga keseimbangan kekuatan otak kanan dan otak kiri anda. Dengan melakukan senam otak Anda dapat mengaktifkan bagian-bagian otak dan mengoptimalkan fungsi otak sehingga menimbulkan manfaat senam otak bagi kesehatan.

Bagi anda yang tertarik untuk mencoba senam otak bisa mengikuti beberapa gerakan senam otak dibawah ini :

  1. Tempelkan ujung jari kanan dengan ujung jari kiri anda di depan dada. Putar ibu jari Anda ke arah kanan dan kiri secara bersamaan seperti gerakan mengayuh sepeda. Lakukan secara bergantian menggunakan semua jari Anda sampai ke jari kelingking. Setelah semua jari selesai, lakukan kembali dengan memutar ke arah sebaliknya. Lakukan dengan semakin cepat untuk melatih otak Anda.
  2. Tangan kanan membentuk pistol dengan telunjuk diarahkan dan diletakkan ke bagian tengah telapak tangan kiri (posisi tangan kiri terbuka dengan jari-jari yang direntangkan). Lakukan gerakan ini bergantian dengan mengarahkan tangan kiri yang membentuk pistol ke tangan kanan dan seterusnya. Semakin lama diusahakan dengan tempo yang semakin cepat.
  3. Posisikan tangan kanan di bagian atas kepala dan tepuk-tepuk rambut Anda naik turun sambil gerakkan telapak tangan kiri berputar-putar pada bagian depan perut. Setelah beberapa waktu gantilah posisi menjadi sebaliknya. Sama seperti gerakan sebelumnya, usahakan gerakan dilakukan dengan semakin cepat.
  4. Gerakan keempat ini bisa Anda lakukan dengan posisi tubuh dalam keadaan duduk dengan tangan kanan dikepalkan dan diletakkan pada paha kanan dan telapak tangan kiri diletakan pada paha kiri. Gerakkan secara bersamaan tangan kanan memukul paha kanan dan tangan kiri bergerak maju mundur diatas paha kiri. Gerakan ini bisa melatih konsentrasi dan keseimbangan antara otak kanan dan kiri Anda.
  5. Jari telunjuk kanan dan kiri menunjuk ke depan dan lakukan gerakan membentuk lingkaran pada jari telunjuk kiri dan gerakan membentuk persegi pada jari telunjuk kanan. Setelah beberapa saat ganti telunjuk tangan kanan yang bergerak membentuk lingkaran dan telunjuk tangan kiri yang membentuk persegi.
Beberapa gerakan sederhana di atas bisa Anda lakukan untuk melatih otak serta meningkatkan konsentrasi dan daya ingat sehingga bisa berpikir dengan lebih cepat dan dapat menangkap informasi atau pengetahuan dengan baik. Lakukanlah minimal 2 kali seminggu secara rutin sehingga Anda bisa merasakan hasil dan manfaat senam otak bagi kesehatan.