Menurunkan berat badan bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Salah satu hal yang menantang program menurunkan berat badan Anda adalah stres, terutama jika Anda bekerja di kantor. Kesibukan dan banyaknya pekerjaan sering membuat seseorang mudah stres. Biasanya, ‘pelarian’ yang paling sering dilakukan untuk mengatasi stres adalah dengan mengonsumsi makanan secara berlebihan. Kebiasaan inilah yang membuat berat badan naik. Hasil penelitian yang dilakukan di Eropa, menemukan bahwa Anda yang bekerja 10 jam atau lebih setiap harinya, memiliki risiko terkena gangguan kesehatan kardiovaskular 60% lebih tinggi. Selain waktu yang banyak dihabiskan duduk di kantor, kurang olahraga, dan sering mengonsumsi sembarang makanan menjadi penyebab meningkatnya risiko tersebut. Dengan bekerja seharian di kantor, Anda juga lebih mudah berada di bawah tekanan, kompetisi, dan deadline yang dapat membuat pola makan menjadi buruk. Jika kebiasaan itu tidak segera diubah, tidak hanya berat badan akan naik tetapi produktivitas pekerjaan Anda pun tidak akan maksimal. Untuk itu, penting sekali menjaga kesehatan di tempat kerja agar tetap produktif dan bisa menyelesaikan pekerjaan di kantor dengan baik. Berikut beberapa tips menurunkan berat badan bagi Anda yang bekerja kantoran!

Baca Juga : Hindari Kebiasaan Yang Dapat Menambah Berat Badan

Membawa makanan ringan yang sehat

Saat bekerja, tentunya paling asyik sambil ngemil. Tetapi, Anda juga perlu hati-hati dalam hal memilih makanan. Biasanya yang tersedia di tempat kerja adalah makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, gula berlebih, seperti gorengan atau kue. Jika sudah begini, hati-hati berat badan meningkat! Salah satu cara untuk menurunkan berat badan ketika berada di kantor adalah dengan membawa makanan ringan yang sehat dari rumah. Makanan ringan yang sehat adalah makanan yang tinggi protein dan serat, misalnya yoghurt dan rasberi, atau satu irisan roti gandum dengan mentega almond. Makanan ringan ini akan memberikan energi yang berkelanjutan dan membantu mengurangi lapar di sela-sela waktu makan.

Cari teman yang juga menyukai makanan sehat

Lamanya waktu yang Anda habiskan di kantor, akan lebih menyenangkan jika ada teman kantor yang juga suka makan sehat. Pada dasaranya, pengaruh sosial memiliki efek besar pada perilaku kesehatan. Memiliki teman dekat yang juga menyukai gaya hidup sehat tidak hanya akan membawa pola hidup menjadi lebih sehat, tetapi juga bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Sediakan botol air di meja Anda

Pada saat sibuk bekerja, Anda biasanya melewatkan hari tanpa cairan yang cukup. Hal ini terjadi karena otak Anda lebih fokus pada pekerjaan sehingga melupakan kebutuhan cairan tubuh. Dalam sehari, tubuh membutuhkan cairan kurang lebih 2 liter sehingga penting bagi Anda untuk memiliki botol air minum di atas meja. Meletakkan botol air di meja tidak hanya berfungsi sebagai pengingat untuk minum air, tetapi juga sebagai visual untuk mengetahui jumlah air yang Anda konsumsi sepanjang hari.

Buat motivasi

Saat sedang bekerja, pikiran akan kesehatan dapat dengan mudah terlupakan. Memiliki catatan motivasi di meja atau layar komputer Anda bisa membantu menjaga pikiran tetap fokus. Anda bisa menggunakan motivasi berupa kutipan atau gambar seseorang yang sehat dan memiliki badan yang ideal. Ketika pikiran mulai tidak konsisten atau tergoda, melihat kutipan atau gambar motivasi tersebut akan membantu Anda tetap fokus dalam menurunkan berat badan.

Buat waktu prioritas untuk olahraga

Cara penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan olahraga adalah dengan menyisihkan waktu yang sama setiap hari. Anda bisa mengatur waktu saat pulang kerja, misalnya dengan lari sekitar 30 menit di sekitar tempat kerja. Anda juga bisa menjadi anggota gym dan berolahraga saat pulang kerja. Olahraga menjadi kunci utama agar Anda bisa cepat menurunkan berat badan dengan cara yang aman. Itulah beberapa tips untuk menurunkan berat badan bagi Anda yang bekerja kantoran. Selain itu, menjadikan kesehatan tubuh sebagai prioritas utama adalah hal yang dapat memberikan investasi besar untuk karier Anda di dunia kerja. Dengan menjaga pola hidup sehat artinya sama juga menjaga kesehatan kantong Anda dari biaya pengobatan yang mahal.