Penyakit

Wasir / ambeien (Haemorrhoid)

 

Hemoroid adalah istilah medis dari wasir atau ambeien. Pada kondisi ini, akan terjadi pembengkakan pembuluh darah pada bagian terbawah rektum dan anus. Keduanya merupakan bagian ujung dari saluran pencernaan. Dinding pembuluh darah pada kedua area tersebut dapat membengkak hingga menipis serta mengalami iritasi.

Hemoroid adalah salah satu penyebab tersering terjadinya pendarahan saat buang air besar (BAB). Namun, biasanya ini tidak berbahaya. Berdasarkan lokasinya, hemoroid dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu hemoroid internal dan hemoroid eksternal. Hemoroid internal berlokasi di bagian dalam dan biasanya tidak dapat terlihat. Penderita dengan hemoroid internal secara umum tidak akan merasa nyeri, sebab daerah ini hanya memiliki sedikit saraf yang dapat mendeteksi nyeri. Sedangkan hemoroid eksternal berlokasi di kulit sekitar anus. Daerah ini memiliki banyak serabut saraf, sehingga sering kali terasa nyeri. Terkadang, hemoroid internal dapat sangat bengkak, hingga turun dan menonjol keluar dari lubang anus.

Hemoroid digolongkan ke dalam 4 derajat, yaitu:

  • Derajat 1: Tidak ada benjolan yang keluar dari lubang anus.

  • Derajat 2: Terdapat benjolan berwarna merah muda dan rentan berdarah saat BAB. Benjolan tersebut dapat kembali ke posisi semula.

  • Derajat 3: Benjolan perlu didorong ke dalam untuk dapat masuk kembali,

  • Derajat 4: Benjolan sudah tidak dapat dimasukkan kembali.

 

 

Cegah hemoroid dengan:

  1. Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayur, buah, kacang-kacangan, gandum, dan biji-bijian.

  2. Banyak minum air putih untuk menghindari konstipasi dan feses mengeras. Sayur dan buah juga termasuk makanan yang mengandung banyak air di dalamnya.

  3. Berolahraga, misalnya berjalan kaki sekitar setengah jam setiap hari, bisa menjadi cara agar usus dan darah terus bergerak.

  4. Jangan menahan BAB.

  5. Tidak duduk terlalu lama.

  6. Menghindari mengangkat barang-barang yang berat.

 

 

Heromoid tidak selalu menunjukkan gejala. Tetapi, gejala yang umumnya dapat terjadi ialah:

  1. Merasa tidak nyaman.

  2. Nyeri pada anus.

  3. Gatal di sekitar anus.

  4. BAB berdarah.

  5. Timbul benjolan berwarna merah muda yang keluar dari lubang anus.

 

 

Seseorang dengan riwayat keluarga menderita hemoroid cenderung memiliki risiko lebih besar untuk mengalaminya pula. Penyebab umum dari masalah ini yaitu peningkatan tekanan di bagian bawah rektum, sehingga pembuluh darah membengkak. Peningkatan tekanan dapat terjadi pada orang-orang dengan berat badan berlebih, sering mengejan saat BAB, atau suka mengangkat benda berat.

 

 

Hemoroid didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan lubang anus untuk mencari area pembuluh darah yang membengkak. Dokter akan melakukan prosedur pemeriksaan colok dubur, yaitu memeriksa bagian dalam rektum dan anus menggunakan jari telunjuk yang sudah dilapisi sarung tangan serta menggunakan pelumas. Pemeriksaan ini hanya akan berjalan beberapa menit saja. Apabila terdapat hemoroid, dokter akan mengukur dan memberikan rekomendasi pengobatan yang sebaiknya dilakukan, berdasarkan tingkat keparahan hemoroidnya.

 

 

Seringkali hemoroid dapat membaik tanpa perlu pengobatan atau operasi. Untuk mengurangi rasa nyeri atau gatal, penderita dapat merendam bokong di dalam air hangat. Olahraga teratur, mengonsumsi makanan kaya serat, banyak minum air putih juga dapat membantu meringkankan hemoroid.

Sedangkan untuk pengobatan, penderita hemoroid dapat mengatasinya dengan ardium, diosmin, dan hesperidin. Pada kasus hemoroid yang berat, dapat dilakukan prosedur operasi atau skleroterapi. Prosedur ini berupa menyuntikkan suatu larutan pada daerah hemoroid untuk mengecilkan pembuluh darah. Walaupun sudah dioperasi, hemoroid dapat terjadi lagi. Karenanya, yang terpenting adalah menerapkan gaya hidup sehat.

 

Rekomendasi Artikel

Perawatan Alami Untuk Wasir

Perawatan Alami Untuk Wasir

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah vena di bagian bawah rektum dan anus. Berikut yang bisa Kamu lakukan untuk mengobati wasir secara alami.

Annisa Rahmah

25 June 2017

Jangan Malu Bertemu Dokter Jika Menderita Ambeien

Jangan Malu Bertemu Dokter Jika Menderita Ambeien

Ambeien, biasa dikenal juga dengan hemoroid atau wasir, adalah pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah balik (vena) berupa benjolan di sekitar bokong,

Annisa Rahmah

18 June 2017

Direktori

    Proses...