Terkadang saat ingin berolahraga kebutuhan fisik yang prima menjadi faktor utama yang harus diperhatikan agar performa saat berolahraga akan tetap maksimal. Namun apakah hanya fisik yang prima saja agar performa kita maksimal? Hmm… Salah satu faktor lain yang selalu saya perhatikan yaitu masalah memilih pakaian atau atribut luar. Saya dulu sih jika ingin berolahraga selalu santai saja, maksudnya tidak terlalu repot untuk memilih pakaian dan atribut sekalipun. Namun lambat laun seiring semakin rajinnya berolahraga, outfit dan atribut menjadi sedikit lebih saya perhatikan. Tips memilih pakaian untuk berolahraga saat ini sedang banyak digandrungi oleh para remaja dewasa, baik cowok ataupun cewek, yah mungkin ini juga lagi tren sih kayanya di tahun 2016. Pemilihan pakaian untuk berolahraga ternyata dapat menunjang semangat dan juga rasa percaya diri dalam melakukan olahraga. Ngga tahu juga sebenarnya faktor apa yang membuat rasanya bisa lebih bersemangat untuk olahraga. Kalau saya sih jujur selalu bersemangat ketika memilih pakaian yang sesuai untuk olahraga yang saya pilih, terutama lari, gym, ataupun basket. Hal terpenting dalam memilih pakaian untuk berolahraga yaitu ada ukuran pakaian yang harus sesuai dengan tubuh dan juga bahan yang tepat untuk berolahraga. Selebihnya saya akan coba berikan tips memilih pakaian untuk berolahraga yang biasa saya lakukan selama ini, dan mungkin dapat Anda terapkan.  
  • Pilih pakaian olahraga yang tidak terlalu ketat dan sesuai dengan badan. Pastikan pakaian olahraga yang Anda pilih dan dikenakan tidak mengganggu kenyamanan untuk bergerak saat berolahraga. Anda dapat merasakan apakah pakaian tersebut sesuai dengan ukuran badan dengan melakukan gerakan–gerakan ringan untuk merasakan kenyamanan saat dikenakan. Jika terlalu ketat, jangan dipaksakan untuk memakainya. Karena selain tidak nyaman, pakaian olahraga terlalu ketat juga berpotensi celaka dan membahayakan.
 
  • Pilih pakaian olahraga dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Sebaiknya Anda memilih pakaian olahraga yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, karena memiliki manfaat tersendiri. Bila dipakai akan tetap terasa nyaman sekalipun berkeringat sangat banyak. Ini dikarenakan keringat yang keluar dari badan akan terserap dan tubuh juga tidak akan menjadi basah kuyup karena keringat. Kalau Anda menggunakan bahan pakaian yang tidak menyerap keringat dapat membuat badan tidak nyaman dan keringat Anda akan menetes kebawah, alhasil terkadang dapat mencelakakan orang yang berjalan dibelakang Anda karena terpeleset ataupun lainnya.
Ada banyak jenis bahan pakaian olahraga yang memiliki keunggulan mudah menyerap keringat. Salah satu diantaranya adalah Lycra atau Spandex. Bahan ini terbuat dari polymer yang mengandung polyurethane yang memiliki unsur elastis dan lentur. Bahan ini sering digunakan untuk bahan pembuatan pakaian olahraga karena memiliki pori-pori yang mampu menyerap keringat lebih cepat.  
  • Pakaian olahraga dengan warna menarik dan sesuai personality Anda. Mungkin akan terdengar kalau hal ini tidak ada hubungannya dengan olahraga. Tapi tahukah Anda, dengan memilih pakaian untuk berolahraga dengan warna menarik bisa memberikan kenyamanan tersendiri buat yang memakainya? Apalagi jika Anda pandai dalam pemilihan warna yang serasi antara pakaian bagian atas dan pakaian bagian bawah serta sepatu. Saya untuk hal yang satu ini sangat berhati–hati sekali dan paling semangat, karena tanpa disadari ketika berolahrga, terlebih di tempat umum, Anda akan menjadi pusat perhatian orang disekeliling Anda. Carilah warna yang menarik dan sesuai dengan karakter Anda Kalau saya karena suka dengan warna–warna monochrome dan basic, seperti warna seperti hitam, putih, ataupun abu–abu. Dan alasan lain juga bagi saya agar mudah untuk memadupadankan warna atasan, bawahan, sepatu dan aksesoris lainnya.
Cukup 3 tips saja dalam memilih pakaian untuk berolahraga yang tepat, karena apapun atribut yang Anda kenakan, motivasi hidup sehat tetap menjadi kunci utama untuk giat berolahraga setiap hari. Jadi atribut hanya menjadi faktor penunjang Anda agar terus termotivasi untuk melakukan kegiatan olahraga.