Dalam hidup, kita pasti pernah melewati momen yang membuat kita merasa begitu sendirian seperti saat depresi, kehilangan seseorang yang penting dalam hidup kita, kegagalan yang kita alami atau bahkan saat baru saja kehilangan pekerjaan. Kesendirian yang kita alami ini pun sebenarnya dapat meningkatkan kortisol, atau dikenal sebagai hormon stres. Nggak mengherankan deh saat sendiri kita menjadi gampang stres. Dilansir dari VisiHow.com, ternyata ada 6 tipe kesendirian, lho. Yuk, mulai mengenali tiap perbedaan dari 6 tipe kesendirian tersebut!

 

1. Psychological Loneliness

Kamu lagi mengalami trauma yang hebat? Nah, bisa jadi kamu menderita tipe kesendirian yang satu ini, Gengs. Saat seseorang menjadi korban kekerasan yang parah atau bahkan kekerasan seksual, hal yang dialaminya itu akan terus berada dalam ingatannya sepanjang waktu. Hal itulah yang akan membuatnya merasa sendirian dan terisolasi, nih. Selain itu, saat Kamu mengalami psychological loneliness ini, kamu akan menarik diri dari keluarga, teman, kerabat kerja atau orang-orang yang berada di sekitarmu karena Kamu merasa yang kamu alami itu nggak dimengerti oleh orang lain.

 

2. Intellectual Loneliness

Beberapa orang yang cerdas, memiliki intelektual dan kreativitas yang tinggi sering terlihat menyendiri. Mereka yang mengalami intellectual loneliness kerap kali punya pandangan berbeda dalam banyak hal yang nggak bisa dipahami oleh orang lain. Karena nggak dimengerti itulah membuatnya merasa nggak ada yang mengerti dirinya dan membuat dirinya mengisolasi diri dari pergaulan.

Baca juga: Kenali “Kissing Disease” Penyakit yang Ditularkan Melalui Ciuman
 

3. Cultural Loneliness

Tipe kepribadian ini terjadi saat seseorang memiliki perasaan yang membuatnya merasa nggak cocok berada di lingkungan masyarakat ataupun budaya itu. Ini bisa saja terjadi apalagi saat Kamu harus pindah ke negara ataupun wilayah lain, Gengs. Ketidakcocokan yang kamu rasakan itu bisa disebabkan karena masyarakat yang nggak terlihat ramah ataupun adanya hambatan bahasa dalam berkomunikasi.  

 

4. Cosmic Loneliness

Saat seseorang menderita penyakit yang kronis, nggak bisa disembuhkan dan menyebabkan kematian dalam waktu dekat, tipe kesendirian ini biasanya akan dialami oleh orang tersebut. Memahami kalau dirinya akan mati merupakan hal yang membuatnya depresi. Kematian merupakan kata yang tergiang-ngiang dalam pikirannya saat mengalami cosmic loneliness ini. Selama melewati masa gelapnya, orang yang mengalami tipe kesendirian ini pun akan mendekatkan dirinya dengan Tuhan.

Baca juga: Kenali Penyakit Hashimoto yang Membuat Badan Gigi Hadid Semakin Mengurus
 

5. Social Loneliness

Kamu tiba-tiba merasa depresi dan menarik diri dari kelompok ataupun pergaulan karena merasa diabaikan oleh orang-orang yang ada di sekitar kamu? Hati-hati, kamu bisa saja mengalami social loneliness, lho. Saat pertama kali diabaikan, orang yang mengalami tipe kesendirian ini akan merasa stress dan takut diabaikan kembali di masa mendatang.

 

6. Interpersonal Loneliness

Interpersonal loneliness merupakan tipe kesendirian yang paling sering dialami oleh banyak orang nih, Gengs. Tipe kesendirian yang satu ini umumnya terjadi saat seseorang kehilangan seseorang yang berarti atau dekat dengannya. Saat mengalami tipe kesendirian ini, kamu sebenarnya butuh seseorang yang dekat dan mau mengobrol denganmu.

 

 

Cara Mengatasi Kesendirian

Kesendirian yang Kamu alami itu sebenarnya bisa diatasi nih, Gengs. Namun, penanganannya tentu berbeda-beda sesuai dengan tipe kesendirianmu. Nah, bagaimana saja sih cara mengatasinya?

 

Mulai Membuka Diri

Saat kamu, keluarga, teman ataupun kerabat terdekatmu mengalami psychological dan interpersonal lonelinesses, kamu harus mulai membuka diri dan berkomunikasi dengan orang lain. Habiskan banyak waktu dengan orang-orang terdekat yang bisa Kamu percaya dan ceritakan semua yang Kamu rasakan agar Kamu bisa merasa lebih lega dan tenang.

 

Cobalah Memelihara Hewan

Studi terbaru menunjukkan kalau orang-orang yang nggak menerima dukungan emosional yang cukup, memiliki cinta yang lebih dalam dan merasa dekat dengan hewan peliharaan mereka. Hewan peliharaan akan membantu kamu mengatasi depresi dan rasa kesendirian nih, Gengs. Saat kamu punya hewan peliharaan, secara nggak langsung kamu punya kesempatan bertemu dengan orang baru yang memiliki hewan peliharaan sepertimu.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Memelihara Hewan
 

Nikmati Kesendirian Itu

Beberapa orang menikmati kesendirian yang dialaminya dengan melakukan kegiatan seperti membaca buku, berolahraga, mendengarkan musik, atau bahkan menulis puisi. Kegiatan tersebut dapat membuat dirimu tenang, lebih positif dan kreatif. Secara nggak langsung, kegiatan yang Kamu lakukan saat merasa sendirian itu dapat menyingkirkan depresi, Gengs.

 

Dari keenam tipe kesendirian di atas, kamu tipe yang mana nih? Saat merasa kesepian, jangan lupa mengatasinya dengan 3 cara di atas ya, Gengs! (TI/AY)

 

Tanda-tanda Kesepian - Guesehat.com