Mengonsumsi makanan yang bernutrisi setiap harinya amat penting, apalagi jika Kamu adalah wanita karier, maupun dalam masa menstruasi atau kehamilan. Pasalnya, asupan makanan bisa memengaruhi kesehatan. Jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi, wanita rentan mengalami masalah kesehatan, seperti kanker payudara serta kerapuhan tulang. Nah, dikutip melalui situs WebMd, inilah jenis-jenis makanan super yang bisa Kamu masukkan ke dalam menu harianmu, supaya kebutuhan nutrisi terpenuhi dan Kamu jauh dari penyakit!

Baca juga: Wanita dan Menopause

 

Edamame

Jenis kacang-kacangan yang berasal dari Jepang ini memiliki serat, lemak baik, serta senyawa isoflavon.

 

Kubis

Sayur berwarna hijau ini, kaya akan vitamin K, kalsium, dan vitamin D. Kandungan nutrisi tersebut berfungsi untuk menjaga tulang agar tetap kuat dan sehat.

 

Kacang polong

Kacang polong memiliki banyak protein serta tanpa lemak. Ini bisa menurunkan tekanan darah, gula darah, dan risiko penyakit jantung.

 

Jeruk bali

Senyawa flavonoid yang terkandung di dalam jeruk bali bisa membantu menurunkan kemungkinan terkena stroke pada wanita. Selain itu, buah ini juga rendah gula. Namun sebelum mengonsumsinya, Kamu bisa menanyakan kepada dokter apakah boleh memasukkan buah ini ke dalam menu harian.

 

Buah beri dan ceri

Buah cantik ini mengandung flavonoid dan antioksidan, yang dapat melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, buah beri membantu otak Kamu untuk tetap fokus.

 

Pepaya

Buah pepaya mengandung beta karoten, lycopene, serta antioksidan. Kandungan likopen bisa menurunkan risiko terkena kanker serviks dan payudara. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam pepaya mampu menjaga kolestrol serta tekanan darah.

Baca juga: Manfaat dan Nutrisi Pepaya
 

Sarden

Ikan yang mengandung asam lemak sehat, vitamin D, serta kalsium ini dapat meningkatkan kualitas ASI, lho! Jadi, cukup membantu para ibu yang sedang menyusui, nih.

 

Kenari

Kenari mengandung asam lemak yang sehat, dapat mencegah kanker, serta menjadi menu diet yang seimbang. Selain itu, kenari bisa digunakan sebagai topping saat mengonsumsi yoghurt atau oats.

 

Alpukat

Diet dengan mengonsumsi buah alpukat dapat menyingkirkan lemak pada perut serta melindungi mata dan kulit. Selain itu, buah ini mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca juga: Cantik dan Sehat dengan Alpukat

 

Ubi

Ubi jalar mengandung nutrisi lengkap, seperti potassium, vitamin, serta serat. Wah, pas nih buat Kamu yang sibuk tetapi butuh nutrisi lengkap!

 

Bayam

Bukan hanya Popeye yang butuh bayam, Kamu juga lho, Gengs! Kandungan folat pada bayam mampu menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker usus besar. Selain itu, kandungan antioksidan pada bayam mampu melindungi retina dan lensa mata, serta keriput di kulit. Wah, bisa mencegah penuaan dini!

 

Hati sapi

Kandungan asam folat di dalam hati sapi sangat tinggi, bahkan mengalahkan jumlah asam folat yang terkandung dalam sayur bayam hingga margarin!

 

Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi kaya akan zat besi, seng, dan vitamin B. Namun, jangan mengonsumsi daging merah terlalu berlebihan ya, Gengs! Karena ini bisa menganggu kesehatan.

 

Di tengah kesibukan Geng Sehat, ternyata ada beberapa jenis makanan yang mudah dikonsumsi tetapi tetap bisa memenuhi nutrisi dalam tubuh. Karena untuk fokus beraktivitas, butuh stamina tubuh yang kuat. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan makanan-makanan sehat di atas dalam menu sehatmu ya, Gengs! (AP/AS)

 

Makanan Super untuk Ibu Menyusui - guesehat.com