Dengan kandungan air yang cukup banyak dan termasuk mudah untuk didapatkan, membuat sayuran satu ini cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Yap! Sayuran tersebut adalah timun. Selain itu, ada banyak cara lho yang bisa dilakukan untuk bisa menikmatinya, mulai dari dimakan mentah-mentah sebagai lalapan, hingga dipasangkan dengan es dan sirup sebagai minuman untuk berbuka puasa. Membayangkannya saja bisa membuat Anda menelan air liur ya? Tetapi, dibalik nikmatnya timun yang bisa dirasakan tersebut, apakah Anda sudah mengetahui manfaat dibalik mengonsumsi timun? Penasaran? Yuk, cari tahu apa saja manfaat timun untuk kesehatan!
  • Kesehatan kulit dan rambut

Mentimun memiliki manfaat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Anda bisa menggunakannya untuk membantu mengurangi iritasi kulit akibat sengatan matahari. Caranya sangat mudah. Anda bisa menggosokkan kulit mentimun ke bagian kulit yang mengalami iritasi. Selain itu, mentimun juga mengandung sulfur dan silikon yang dapat memicu pertumbuhan rambut menjadi lebih sehat. Irisan mentimun juga bermanfaat meringankan bengkak di bawah mata, lho!
  • Mengontrol kadar gula darah

Salah satu manfaat paling baik dari makan mentimun adalah membantu pasien diabetes mengontrol kadar gula darah. Minum jus mentimun dapat meningkatkan hormon khusus yang diperlukan oleh sel-sel pankreas dalam memproduksi insulin. Jadi, bagi Anda yang memiliki diabetes sangat baik untuk rutin mengonsumsi jus timun ini.
  • Melawan Kanker

Mentimun mengandung 3 lignan yaitu, pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol. Ketiga lignan tersebut dapat membantu mengurangi risiko berbagai jenis kanker, seperti kanker ovarium, kanker payudara, kanker prostat, hingga kanker rahim.
  • Mengurangi sakit kepala dan mabuk

Mengunyah beberapa iris mentimun sebelum tidur dapat membantu mengurangi sakit kepala dan mabuk saat terbangun di pagi hari. Hal ini karena mentimun mengandung vitamin B, gula, dan elektrolit untuk mengisi beberapa nutrisi penting bagi tubuh.
  • Mengontrol tekanan darah

Mentimun mengandung magnesium, kalium, dan serat yang dapat membantu mengontrol tekanan darah Anda. Dengan mengkonsumsi mentimun bisa menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Selain murah dan mudah ditemui, ternyata timun memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh Anda. Meskipun dalam jumlah sedikit, mungkin Anda bisa menambahkan beberapa irisan timun pada hidangan Anda untuk merasakan manfaat yang terkandung di dalam timun.  Selamat mencoba!