Memiliki buah tubuh ramping, sehat dan ideal adalah idaman setiap wanita di  seluruh belahan dunia. Apalagi bagi para Mums yang baru saja memiliki buah hati. Sering kali Mums hanya fokus pada kebahagiaan sang buah hati hingga lupa memperhatikan tubuhnya sendiri. Pada saat melahirkan, tubuh banyak menguras energi, dan setelah melahirkan tubuh mulai menyesuaikan diri untuk pemulihan. Setiap Mums memang berbeda-beda  dalam menyikapi perubahan tubuh pasca  melahirkan. Ada juga yang langsung melakukan diet ketat agar tubuhnya kembali normal lagi bahkan lebih ramping dari sebelumnya.

Baca Juga : Manfaat Zumba Untuk Bentuk Tubuh Ideal

 

Tidak ada salahnya melakukan diet untuk mengembalikan postur tubuh yang ideal, dengan fokus pada bagian anggota tubuh lain yang mengalami perubahan, seperti berikut:

 

1. Perut

Bagian perut adalah anggota tubuh yang paling terlihat bedanya sejak awal kehamilan hingga melahirkan. Perut Mums yang baru melahirkan telihat mengendur akibat meregang dan berubahnya posisi rahim yang belum kembali ke tempatnya semula. Setelah melahirkan otot perut mulai meninggalkan ruang yang disebut sebagai diastasis recti. Inilah yang mengakibatkan perut masih terlihat besar walau sudah tidak ada bayi di dalamnya. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengembalikan perut dalam keadaan semula, salah satu caranya adalah dengan mulai melakukan pola hidup sehat dan gerakan yoga tertentu.

 

 

2. Vagina

Mums pasti akan merasakan perubahan pada bagian vagina yang  terasa lebih merenggang dan sensitif. Setelah melahirkan, Mums akan memasuki fase nifas kurang lebih sebulan lamanya, Jika Mums menyusui, maka Mums tidak akan mendapat haid selama beberapa bulan mendatang. Namun, jika Mums tidak menyusui jadwal haid akan kembali normal dalam 7 hingga 8 minggu setelah melahirkan. Vagina akan terasa sakit dan tidak nyaman saat ingin duduk. Coba mandi dan rendam bagian intim dengan air hangat dan mengompres dengan air es jika terjadi pembengkakan.

Baca juga: Bisakah Miss V Kembali Normal Setelah Melahirkan?

 

3. Payudara

Perubahan pada payudara juga terjadi pasca kelahiran. Pada 1-2 hari pertama payudara akan terasa kencang, bengkak, memerah, dan sakit serta menampung banyak air susu. Setelah 4 hari berikutnya, bengkak akan berkurang dan mengendur karena air susu yang sudah dikonsumsi bayi. Payudara Mums akan memproduksi banyak air susu. Semakin sering dikonsumsi  oleh bayi, maka makin banyak air susu yang diproduksi. Selama masa ASI, payudara akan berukuran lebih besar dari biasanya hingga selesainya ASI yang dikonsumsi anak. Setelah selesai mas ASI, payudara kembali mengecil ke ukuran sebelum mengandung.

 

4. Kulit

Sebagaian wanita yang telah melewati masa melahirkan, merasakan ruam merah di sekitar pipi, mulut hingga kulit yang sangat kering. Kondisi ini akan hilang dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Ada juga bercak garis putih vertikal yang tidak berurutan dan berpola pada kulit. Hal itu terjadi karena peregangan yang terjadi di bagian perut, menyebabkan stretchmark atau selulit. Pada beberapa wanita, bekas itu bisa saja hilang, namun ada juga yang menetap. Untuk menghilangkannya gunakan pelembab atau lotion khusus secara rutin untuk menjaga elastisitas perut dan menyamarkan selulit.

Baca juga: Mitos dan Fakta Selulit

 

5. Rambut

Terjadi beberapa perubahan saat hamil dan melahirkan pada rambut wanita. Beberapa dari wanita mengalami penebalan pada rambut saat masih mengandung, namun ketika melahirkan mulai merasakan kondisi rambut mulai rontok. Umumnya sekitar 100 helai rambut wanita rontok beberapa hari setelah melahirkan. Tubuh secara alami melepaskan helai rambut yang berlebih ketika masa mengandung. Hormon yang berubah membuat rambut mengalami rontok yang parah, namun tenang saja Mums itu tidak bertahan lama. Hanya sekitar 4-5 minggu pasca melahirkan.

 

6. Jerawat pada wajah

Banyaknya hormon yang mulai menyesuaikan diri kembali setelah melahirkan membuat Mums tidak sabar ketika melihat ada jerawat yang menganggu di wajah. Tidak semua wanita mengalami hal yang sama soal jerawat. Tapi, jika mengalami perubahan hormon pada wajah biasanya jerawat hanya bertahan selama 18 bulan saja kok.

 

7. Kaki

Setelah melahirkan terdapat tekanan pada pembuluh darah yang menyebabkan cairan merembes melalui pembuluh darah kapiler. Menyebabkan pembengkakan yang lebih besar terutama bagian bawah tempat penumpuan badan yaitu pada bagian kaki. Gunakanlah sepatu yang nyaman dan kurangi asupan yodium agar dapat mengurangi pembengkakan pada kaki.

 

Merawat Payudara Saat Menyusui - guesehat.com