Siapa sih yang ngga ingin punya badan ideal, apalagi sampai punya perut yang rata atau bahkan sixpack? Kalau saya sih ingin banget punya perut sixpack, dan bahkan saat ini saya sedang menjalankan program untuk mewujudkannya. Bagaimana caranya? Sebenarnya semua orang mungkin sudah tahu faktor untuk menjadikan perut lebih ideal, jawabannya yaitu berolahraga dan menjaga makan. Saya akan berbagi tips mengecilkan perut dengan cara berolahraga, dan akan menuliskan olahraga apa saja yang efektif untuk membentuk bagian perut. Sebelumnya Anda perlu tahu juga nih faktor penyebab perut membuncit atau menjadi besar. Biasanya, perut buncit terjadi karena beberapa faktor kebiasaan yang tidak sehat, seperti:
  • Yang pertama biasanya disebabkan oleh makan atau mengemil di malam hari. Bagi Anda yang suka makan atau ngemil pada malam hari sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini, atau ganti dengan cemilan yang lebih sehat seperti buah–buahan atau snack yang terbuat dari gandum.
  • Yang kedua yaitu berhenti untuk mengonsumsi alkohol. Kandungan yang dimiliki alkohol sama seperti dengan kalori dan gula yang menyamai makanan berlemak.
  • Yang ketiga yaitu jangan duduk terlalu lama. Karena posisi duduk yang salah dapat membuat perut sedikit tertekan kedepan dan lama–lama akan menampung lemak di perut. Ya, sebaiknya sering melakukan jalan seperti ambil minum atau apapun itu.
  • Yang terakhir adalah tidur sehabis makan. Ini sangat tidak dianjurkan, lho. Jangan pernah tidur setelah makan, karena pada saat tidur tubuh kita tidak melakukan aktivitas apapun sehingga proses pencernaan pun tidak optimal. Baiknya berilah waktu sekitar 2 jam setelah makan malam, ya.
Setelah Anda mengetahui fakta penyebab perut tidak ideal atau buncit, saatnya cari cara dan tips untuk mengecilkan perut dengan berolahraga. Saya percaya olahraga adalah kunci utama agar perut atau bahkan tubuh menjadi lebih fit.

Ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mendapatkan perut yang lebih ideal.

  • Berjalan kaki atau berlari. Gerakan olahraga ini dapat dibilang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Meski sederhana, berjalan atau berlari ini memiliki manfaat yang besar bagi tubuh. Selain manfaat utamanya untuk membakar kalori di seluruh bagian tubuh yang berlemak, cara ini juga efektif untuk mengecilkan perut.
  • Bersepeda. Selain jalan dan lari, olahraga ini juga  menyenangkan untuk dilakukan. Seperti yang sudah saya pernah bahas di artikel sebelumnya, dengan bersepeda Anda juga bisa sekaligus berjalan-jalan untuk mengenal lingkungan sekitar Anda. Ketika Anda bersepeda minimal selama 30 menit, Anda dapat membakar sebanyak 300 kalori.
  • Bicycle Exercise. Gerakan dari olahraga ini sebenarnya mirip dengan bersepeda, tetapi bedanya tidak menggunakan sepeda secara fisika. Cara untuk melakukan gerakan ini sangat mudah kok, yaitu Anda hanya butuh membaringkan tubuh dengan posisi kedua tangan berada di belakang kepala, lalu angkat lutut ke dada sembari mengangkat kepala dengan pundak masih dalam keadaan menempel di lantai. Kemudian pertemukan lutut kanan dengan siku kiri dan sebaliknya secara bergantian.
  • Sit Up. Nah, kalau ini dapat mengecilkan perut buncit yang bisa didapatkan paling cepat selama 2 minggu. Gerakan ini bisa membuat otot pada perut akan semakin mengencang. Caranya sama, Anda hanya butuh membaringkan tubuh dan berusaha menarik tubuh ke depan dengan posisi kaki tetap lurus di lantai. Cukup mudah namun sedikit perlu usaha dan harus dilakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.
  • Plank. Latihan plank sangat baik untuk tubuh, terutama karena plank bisa melatih dan mengencangkan perut serta melatih kekuatan bahu, lengan, dan paha bagian depan. Mesti tidak sepopuler sit up tapi plank sangat disarankan untuk melatih otot tengah tubuh terutama pada bagian perut.
Itulah beberapa tips mengecilkan perut dengan berolahraga yang bisa Anda coba di rumah atau di mana saja. Sebaiknya, tips di atas Anda lakukan dengan konsisten selama kurang lebih 2 bulan. Jika dilakukan secara rutin, saya yakin Anda sudah bisa mendapatkan tubuh dan perut yang ideal. Selamat mencoba ya!