Pernikahan tentu menjadi hal yang penting bagi setiap orang yang menjalaninya. Coba sebutkan apa saja yang harus dilakukan dan dipersiapkan menjelang hari bahagia ini? Terkadang, Anda terlalu fokus dengan perincian rencana yang bersifat administrasi, seperti undangan, tempat pernikahan, hingga tamu dan rincian acara pernikahan yang akan berlangsung. Hal itu memang penting, tetapi ada hal yang jauh lebih penting yang dapat memengaruhi jalannya pernikahan Anda berdua. Apa itu? Kesehatan!. Untuk itu, sebaiknya Anda dan pasangan juga tetap menjaga kesehatan sebelum menikah agar persiapan berjalan dengan lancar. Apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit dan sehat di minggu-minggu terakhir menjelang perkawinan? Check this out!

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Cara alami untuk menjaga kesehatan sebelum menikah tak lain adalah dengan menjaga pola serta asupan makan sebelum pernikahan berlangsung. Anda dan pasangan dapat saling mengingatkan untuk terus mengonsumsi makanan bernutrisi menjelang perkawinan kalian. Tentu saja, sayur dan buah menjadi dua hal yang wajib dimakan! Selain bagus untuk melancarkan pencernaan, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya dapat mencerahkan kulit dan wajah. Sebaliknya, makanan berminyak dan pedas harus Anda jauhi untuk mencegah jerawat dan gangguan kesehatan yang mungkin menyerang, seperti batuk dan radang tenggorokan. Diet sehat bisa dilakukan, asal tetap memerhatikan kecukupan protein dan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Bagaimana dengan makanan penambah gairah seks? Anda dan pasangan bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E. Mengapa? Karena kadar antioksidan di dalamnya dapat membantu melepaskan oksigen ke dalam aliran darah sehingga mendorong zat kimia yang memicu gairah dan keinginan seksual. Beberapa makanan yang bisa dicoba adalah bayam atau jenis sayuran yang berwarna hijau tualainnya. Menjaga asupan makanan yang dikonsumsi juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Untuk kulit misalnya, Anda dapat mengonsumsi banyak jeruk, mangga, dan kentang. Untuk meningkatkan kesehatan jantung dan lambung, tomat, blueberi, strawberi, anggur, dan semangka dapat menjadi pilihan buah yang baik dimakan. Sedangkan mata dapat dijaga kesehatannya dengan memakan brokoli, kol, buah alpukat, madu, jagung, dan kacang-kacangan.

Mempraktikan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dapat menghasilkan bentuk dan keadaan tubuh yang baik saat pernikahan. Anda dan pasangan dapat menjaga berat badan serta kebugaran tubuh dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat menjelang perkawinan. Olahraga dapat menjadi salah satu pilihan utama untuk dilakukan. Lakukanlah aktivitas olahraga yang bisa Anda lakukan bersama dengan pasangan, seperti berenang, lari, yoga, aerobik, dan sepeda. Tidak hanya untuk wanita, laki-laki juga dapat membentuk badan dengan melakukan olahraga secara rutin. Selain dapat lebih mengakrabkan Anda dan pasangan, olahraga yang dilakukan secara rutin dapat mengeluarkan sel-sel kulit mati dan kotoran karena terbukanya pori-pori saat berkeringat. Racun yang ada dalam tubuh juga bisa dikeluarkan secara alami melalui keringat saat berolahraga. Alkohol dan rokok adalah dua hal yang harus dihindari menjelang pernikahan karena dapat memengaruhi kesehatan dan kesegaran kulit wajah dan tubuh. Tidak mau kan sampai ada noda hitam atau jerawat di sepanjang kulit saat Anda menikah?

Perawatan Tubuh

Anda tak boleh melewatkan kegiatan satu ini! Ya, perawatan tubuh! Perawatan kecantikan dan kesehatan sebelum menikah yang dilakukan bersama pasangan dapat memberikan kesegaran sekaligus sentuhan baik untuk tubuh. Mulailah dengan melakukannya sejak 1 bulan sebelum hari pernikahan! Lakukanlah secara rutin, misalnya Anda dapat membersihkan wajah sebelum tidur dengan menggunakan toner atau alat pembersih lainnya. Perawatan wajah dan rambut dapat dilakukan dengan menghindari hal-hal seperti catokan, hair dryer, dan berpergian tanpa menggunakan masker penutup wajah. Gunakan bahan alami untuk masker wajah seperti bengkoang dan madu. Untuk rambut, gunakan minyak zaitun atau lidah buaya untuk memperpanjang dan menebalkannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter, penyedia jasasalon, atau ahli kecantikan. Perawatan lain yang harus dilakukan adalah pada bagian gigi dan kuku Anda. Mungkin bagian tubuh ini tidak terlalu terlihat, tetapi kesehatan dan kebersihannya harus tetap dijaga untuk memperoleh tampilan maksimal saat perkawinan berlangsung. Untuk kuku, Anda dapat mengunjungi klinik atau salon untuk mendapatkan manicure dan pedicure. Untuk kesehatan gigi, rajinlah menggosok gigi dan kunjungilah dokter untuk membersihkan sisa makanan yang melekat dengan alat khusus. Perawatan terhadap organ intim wanita dan pria juga dapat dilakukan untuk meningkatkan kebersihan dan menjaga bau agar tetap wangi.

Berpikir Positif

Terakhir, kesiapan secara mental yang akan membawa dampak positif pada kesehatan dan kebugaran tubuh Anda dan pasangan. Jika Anda telah memiliki pikiran yang sehat, menyenangkan, dan positif terhadap persiapan pernikahan yang dilakukan, semua akan tampak berjalan dengan lancar. Hindari sakit kepala, stres, kecemasan berlebihan, dan perasaan tertekan. Depresi dan pikiran tidak sehat lainnya dapat memperburuk keadaan tubuh Anda, seperti menimbulkan gangguan otot leher dan punggung. Jika dirasa sudah terlalu pusing dan lelah mempersiapkan tetek bengek pernikahan Anda, istirahatlah sejenak bersama pasangan. Anda berdua dapat berjalan-jalan sebentar atau menikmati pijat di salon terdekat. Nikmati proses persiapan dengan pikiran yang jernih dan bahagia! Pada intinya, Anda berdua harus saling mengingatkan satu sama lain agar dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh menjelang hari bahagia tersebut. Keep the healthy body for your happy ending marriage!