Menonton pertandingan Piala Dunia 2018 memang penuh risiko. Selain Kamu akan sering begadang, Kamu juga akan mengalami stres atau gugup akibat tensi pertandingan yang tinggi. Rasa gugup itu kemudian akan memengaruhi sistem pencernaan sehingga merasa mual.


Sebagai upaya pencegahan, selama pertandingan Piala Dunia 2018 berlangsung ada baiknya Kamu mengonsumsi makanan sehat untuk mencegah dari stres berlebihan. Diambil dari beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi selama Kamu menonton Piala Dunia.

Baca juga: 7 Mitos dan Fakta Seputar Alergi Makanan
 

1. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang berfungsi baik untuk otak agar tidak stres dan mengurangi pikiran negatif pada otak. Kekurangan zat ini dapat membuat otak diberikan pikiran-pikiran negatif yang membahayakan otak dan memicu stres berlebihan. Zat ini juga berfungsi untuk mengurangi risiko penyakit mental skizofrenia yang sering dialami oleh orang-orang yang memiliki gangguan psikologis. Jadi, ketika Kamu mengonsumsi makanan ini saat Piala Dunia, Kamu tidak akan mudah emosi dan stres apabila tim yang Kamu dukung kalah.

 

2. Biji-bijian atau kacang-kacangan

Otak memerlukan sumber energi dari karbohidrat dan glukosa agar bisa berpikir dengan jernih. Namun, kandungan karbohidrat yang berlebihan akan membuat mood menjadi buruk dan mudah stres. Kandungan karbohidrat yang sederhana dan glukosa yang kompleks ini ada pada makanan kacang dan biji-bijian. Karena itu, selama Piala Dunia berlangsung, Kamu bisa menyantap kacang rebus untuk menemani menonton. Rasa kenyang yang lama ini akan menekan rasa lapar Kamu agar tidak terlalu banyak mengemil.

 

 

3. Telur rebus

Setiap orang membutuhkan konsumsi protein. Konsumsi protein bisa mempengaruhi suasana hati pada tubuh. Karena pada protein terdapat zat asam amino triptopan yang sangat penting untuk tubuh. Sumber protein yang paling bagus terdapat pada telur. Mengonsumsi telur rebus pada pagi hari akan membuat tubuh Kamu mendapatkan asupan protein yang cukup. Makanlah telur rebus sebelum menonton Piala Dunia agar tubuh Kamu tetap sehat, dan terjaga dari emosi yang datang tak diduga.

Baca juga: Manfaat Telur Bila Dikonsumsi saat Sarapan

 

4. Sayur-sayuran hijau

Kekurangan makanan sayuran hijau dapat beresiko tingkat depresi yang tinggi. Karena itu, konsumsi sayuran hijau setiap harinya sangat disarankan. Sayuran hijau memiliki kandungan asam folat, dan vitamin B yang tinggi. Sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi adalah bayam, sawi hijau, brokoli, dan kangkung. Pada brokoli, terdapat kandungan selenium dan mineral yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga memperbaiki metabolisme. Kekurangan selenium dapat membuat seseorang mudah cemas hingga akhirnya depresi saat menonton tim favorit kalah pada pertandingan Piala Dunia.

 

5. Yoghurt

Minuman jenis yang satu ini mengandung banyak kelebihan. Salah satunya adalah mengurangi stres. Meminum yoghurt plain yang tidak diberi tambahan gula apapun dapat membantu menenangkan pikiran Kamu sehingga tidak mudah untuk emosi. Dengan menurunnya hormon stres pada otak, akan membuat pikiran menjadi jernih sehingga bisa berpikir lebih baik. Saat menonton Piala Dunia, minumlah satu botol yoghurt tanpa rasa untuk menemani nonton.

Baca juga: 4 Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

 

6. Air mineral

Air mineral merupakan minuman yang paling banyak dibutuhkan. Tanpa air, seseorang akan mengalami dehidrasi yang cukup parah, dan membuat badan menjadi tidak kuat. Janganlah minum minuman soda, karena akan menyebabkan tubuh Kamu mengandung zat yang tidak baik untuk tubuh yang berpotensi merusak sebagian organ tubuh. Apalagi jika mengonsumsinya pada tengah malam hari dalam jumlah banyak. Minum air mineral jauh lebih aman.

 

Nikmati setiap perrtandingan dengan tetap menjaga kesehatan. Jangan stres bila tim favorit Kamu kalah, ingat itu hanya pertandingan. Tetap jaga kesehatan yah, Gengs. (WK/AY)