Pernah mengalami kuku jari-jari kaki menjadi kuning? Biasanya, penggunaan cat kuku yang berlebihan atau infeksi jamur adalah penyebab yang paling mungkin. Namun, kuku kuning di jari kaki bisa menjadi penanda kondisi yang lebih serius lho, Gengs. Lalu, apa penyebab dan bagaimana pencegahan dari kuku kuning pada kaki? Dilansir dari MedicalNewsToday, berikut penjelasannya!

 

Penyebab Kuku Kuning pada Jari Kaki

Kuku mengandung protein keratin yang fungsinya mengeraskan kuku. Protein tersebut juga terdapat pada rambut dan kulit. Kuku terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Nail plate atau lempeng kuku yang merupakan kulit luar yang keras.
  • Nail bed yang merupakan daging di bawah lempeng kuku.
  • Lipatan kuku yang merupakan kulit di sekitar lempeng kuku.
  • Kutikula yang merupakan jaringan kulit menutupi pangkal kuku dan melindungi pembentukan keratin baru.
  • Lunula yang merupakan setengah lingkaran berwarna terang di pangkal kuku.
Baca juga: Identifikasi Penyakit Lewat Keadaan Kaki

 

Kuku tumbuh saat sel-sel yang hidup di bawah kutikula memperbanyak dan mendorong sel yang lebih tua ke depan. Sel-sel mati ini membentuk lempengan kuku yang mengeras yang melindungi jari kaki nih, Gengs. Bagian dari kuku yang menjadi kuning dapat disebabkan karena proses penuaan alami. Perubahan warna, ketebalan, dan bentuk kuku kaki dapat terjadi saat seseorang bertambah tua dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun, kuku kaki kuning juga dapat terjadi karena alasan lain, beberapa di antaranya mungkin perlu dilakukan perawatan, di antaranya:

 

Infeksi

Jika kuku kaki bersentuhan dengan jamur yang berbahaya, hal tersebut dapat menyebabkan infeksi kuku jamur yang disebut onikomikosis. Onikomikosis dapat memengaruhi bagian manapun dari kuku jari kaki dan dapat menyebabkan kuku tampak kuning. Infeksi ini dapat membuat seseorang tidak nyaman dan nyeri untuk berjalan. Infeksi jamur juga merupakan penyebab umum kuku jari kaki yang menguning.

 

Sindrom Kuku Kuning

Sindrom kuku kuning adalah kondisi yang sangat langka yang dapat menyebabkan kuku jari kaki menjadi kuning. Selain itu, kuku juga bisa tumbuh lebih lambat, tidak memiliki kutikula, dan mudah rusak. Sindrom kuku kuning juga dapat disertai gejala yang lebih berat, termasuk masalah pernapasan dan pembengkakan. Penyebab kondisi ini belum diketahui, tetapi lebih sering terjadi pada orang yang berusia di atas 50 tahun.

 

Cat Kuku

Penggunaan cat kuku yang berlebihan dapat menyebabkan kuku jari kaki menjadi berubah warna. Secara khusus, menggunakan cat kuku merah, kuning, atau oranye dapat menyebabkan kuku kaki tampak kuning.

 

Kondisi Medis Lainnya

Kuku kaki kuning dapat berkembang pada beberapa orang sebagai gejala kondisi medis yang mendasarinya, seperti tuberkulosis, kondisi tiroid, diabetes ataupun radang selaput lendir.

Baca juga: Waspada, Kuku Kuning Bisa Jadi Tanda Diabetes

 

Kapan Harus ke Dokter?

Saat kuku kaki Kamu menguning karena cat kuku, kamu tidak perlu berkonsultasi pada dokter. Kamu dapat segera ke dokter ketika mengalami gejala-gejala pada kaki seperti sakit, berdarah, perubahan bentuk seperti tebal atau tipisnya kuku dan pembengkakan.

 

Pengobatan Kuku Kaki Kuning

Bagi kebanyakan orang, penyebab kuku kaki kuning adalah infeksi jamur atau terlalu sering menggunakan cat kuku. Dalam kasus penggunaan cat kuku berlebihan, berhenti menggunakan cat kuku setidaknya selama seminggu dapat membuat kuku untuk kembali normal. Sedangkan, jika dikarenakan infeksi jamur, dapat diobati menggunakan obat antijamur.

 

Untuk orang dengan kondisi medis lain yang mendasarinya, mengobati penyebab kuku kaki kuning adalah cara paling efektif untuk mengatasi masalah yang dirasakan. Namun, beberapa pengobatan yang dapat dilakukan di rumah ialah:

  • Merendam kuku kuning di dalam air hangat yang dicampur dengan baking soda.
  • Mengaplikasikan cuka pada kuku kuning.
  • Mengonsumsi vitamin E yang cukup.
  • Merendam kuku dalam campuran hidrogen peroksida dan air hangat.
Baca juga: Rutin Memotong Kuku untuk Kesehatan dan Kebersihan

 

Bagaimana Pencegahan Kuku Kaki yang Menguning?

Beberapa hal mungkin tidak bisa mencegah kuku jari kaki yang menjadi kuning. Namun, Kamu dapat mengurangi risiko gejala yang dirasakan dengan:

  • Mencuci kuku kaki secara teratur, menggunakan sabun atau gel mandi langsung ke kaki saat mandi.
  • Menjaga kuku kaki tetap kering, berhati-hati dan mengeringkannya dengan benar setelah dicuci.
  • Menggunakan gunting kuku yang bersih.
  • Memakai sepatu bersih yang pas dan menggunakan sepatu yang sempit.
  • Hindari memakai sepatu tertutup sepanjang hari, terutama di cuaca panas.
  • Hindari berenang di air yang terkontaminasi atau kotor.
  • Menggunakan kaus kaki yang bersih.
  • Berolahraga secara teratur untuk merangsang sirkulasi darah.

 

Ada beberapa penyebab kuku kaki menjadi kuning. Bagi kebanyakan orang, penyebabnya adalah infeksi jamur atau terlalu sering menggunakan cat kuku. Namun, bagi sebagian orang, itu bisa menjadi tanda atas kondisi medis lainnya yang lebih serius. Memperhatikan kebersihan kaki dan menjaga jari-jari tetap bersih dapat membantu mencegah kuku kaki yang kuning. (TI/AY)

 

Kuku - Guesehat