Rambut bercabang? Nggak banget, deh! Penampilan yang sudah tertata rapi rasanya langsung menjadi berantakan ketika menemukan beberapa helaian rambut yang kering dan bercabang. Kondisi ujung rambut yang terbelah menjadi dua ini mungkin tampak sederhana dan membuat Anda memilih untuk membiarkannya saja. Namun, hal sepele seperti inilah yang sebenarnya dapat mengganggu kesehatan rambut dan kulit kepala.

Penyebab Rambut Bercabang

Ada banyak faktor penyebab mengapa keadaan rambut yang semula bersih dan tampak sehat berubah menjadi kering, kasar, dan bercabang. Hal ini menandakan kurangnya nutrisi dan vitamin yang terserap oleh rambut. Beberapa kandungan zat tersebut antara lain adalah vitamin B, zat besi, dan protein nabati. Selain itu, sinar ultraviolet yang langsung mengenai permukaan kepala juga membuat helaian rambut menjadi terlalu kering dan akhirnya dapat bercabang. Anda yang sering menggunakan obat-obatan penambah panjang rambut juga harus lebih berhati-hati, ya! Pasalnya, zat kimia di dalamnya bisa saja merusak kesehatan rambut Anda. Rambut yang terlalu panjang juga dikhawatirkan dapat berakhir pada masalah percabangan.

Cara Atasi Rambut Bercabang

Jangan biarkan rambut bercabang Anda terus menempel di bagian rambut. Jangan pula berdiam diri dan tidak melakukan pengobatan dan pencegahan lanjutan. Mengobati rambut bercabang dapat dilakukan dengan beberapa aktivitas berikut ini! Selamat mencoba!
  1. Hindari Perawatan Rambut yang Berlebihan
Apa saja perawatan rambut harian Anda? Selain menyisir, apakah Anda juga mencatok dan mewarnai rambut? Anda juga sering menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut? Jika ya, berarti Anda telah melakukan perawatan rambut yang berlebihan. Rambut yang terlalu sering mendapat ‘sentuhan’ dari alat-alat tersebut, lama-kelamaan bisa menjadi rusak, rapuh hingga bercabang. Pemberian cat warna pada helaian rambut juga dapat meningkatkan kandungan bahan kimia yang ikut memperlambat pertumbuhan rambut baru di kepala. Akibatnya, rambut menjadi lebih tipis dan juga bercabang.
  1. Potonglah Rambut Secara Rutin
Rambut yang rutin dipotong dapat menghindari cabang pada ujung helaian rambut. Tidak perlu hingga memotong terlalu banyak rambut. Cukup gunting ujung-ujung rambut yang kering dan rapuh agar dapat mendorong tumbuhnya tunas rambut yang lebih sehat dan tidak bercabang. Biasakan untuk melakukan pemotongan ini setiap 2 bulan sekali.
  1. Penggunaan Kondisioner
Kondisioner terbukti ampuh dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rambut. Terutama untuk wanita berambut panjang, tak ada salahnya jika mencoba memakai kondisioner setelah keramas. Selain itu, kondisioner dinilai dapat menambah kelembapan serta kehalusan rambut. Percabangan yang biasanya terjadi di ujung rambut juga dapat dicegah dibandingkan saat Anda hanya menggunakan sampo untuk membersihkan rambut.
  1. Masker Alami untuk Rambut yang Sehat
Masker tidak hanya untuk wajah, loh! Masker dari berbagai bahan alami dapat Anda gunakan pula pada permukaan kepala dan rambut. Selagi memakaikan masker, Anda juga bisa memijat kepala agar peredaran darah di sekitarnya dapat menjadi lancar. Beberapa masker alami yang dibuat dapat berasal dari telur, pepaya, atau minyak-minyakan seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau almond. Masker tersebut dapat dicampurkan pula dengan madu agar lebih menyehatkan. Cara perawatannya sangat mudah! Anda tinggal mengoleskan bahan-bahan alami tersebut ke atas kepala dan ratakan ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit untuk membuat rambut menjadi lebih berkilau, tidak mudah rusak, dan tidak bercabang. Kelembapan dan kelembutan rambut juga dapat terjaga ketika Anda memutuskan untuk memakaikan masker alami secara rutin.
  1. Mengonsumsi Nutrisi yang Cukup
Rambut juga butuh nutrisi! Nutrisi rambut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan penyehat rambut seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, buah, telur, ikan, dan susu. Kurangi makanan yang terlalu berlemak atau berminyak. Secara tak langsung, kandungan gizi yang dimakan turut mempengaruhi keadaan rambut yang bercabang atau tidak. Kesehatan kulit kepala juga dapat terjamin ketika Anda memastikan nutrisi vitamin dan mineral yang cukup dalam tubuh. Sudah tahu cara untuk mencegah rambut bercabang? Kalau ya, cobalah membiasakan diri untuk melakukan hal-hal di atas secara rutin. Di samping Anda harus memperhatikan tampilan yang sempurna, Anda juga wajib peduli pada kesehatan rambut. Love your hair!