Bagi Mums yang memiliki anak di usia sekolah, tentu paham bahwa acara field trip adalah kegiatan sekolah yang paling dinantikan oleh si Kecil. Semua keseruan dan fitur pembelajaran yang bisa dilakukan di lokasi field trip seakan tidak ingin dilewatkan satu pun olehnya! Lalu, sebenarnya kenapa sih penting bagi anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan serupa? Simak yuk, penjelasan mengenai manfaat dari mengajak anak berwisata edukasi, sebagaimana disarikan dari Exploreable Places!

 

Baca juga: 7 Manfaat Mengajak si Kecil ke Festival Seni dan Budaya

 

 

Pembelajaran terhadap Dunia Nyata

Kegiatan field trip merupakan media terbaik yang dapat digunakan oleh pengajar dan orang tua kepada anak tentang dunia nyata. Setiap tempat yang dijadikan lokasi kunjungan field trip akan berkontribusi terhadap pemahaman mereka terhadap dunia. Pada akhirnya, pengalaman ini diharapkan dapat membantu si Kecil untuk memecahkan masalah yang mereka temukan kelak di dunia nyata.

 

Mengakses Beragam Informasi

Selama field trip, si Kecil berkesempatan untuk mengakses suasana yang tidak bisa ditemukan di sekolah. Beragam wawasan dapat ia serap lewat hal ini. Setiap pengalaman akan menstimulasi rasa ingin tahunya, sehingga si Kecil pun tergerak untuk belajar lebih tekun agar semakin banyak lagi ilmu yang bisa ia pahami.

 

Mendukung Pertumbuhan Sosio-emosional

Selama acara field trip, si Kecil tentu bertemu dengan banyak orang. Ini penting untuk menumbuhkan rasa empati serta toleransi dalam dirinya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Arkansas, anak-anak yang berpartisipasi dalam kunjungan field trip ke museum seni menunjukkan peningkatan empati, toleransi, dan kemampuan berpikir yang lebih kritis.

 

Peningkatan Kemampuan Akademis

Rupanya mengajak anak berwisata edukasi mampu meningkatkan nilai akademiknya di sekolah lho, Mums! Sebuah studi terkini oleh Emilyn Ruble Whitesell menunjukkan bahwa siswa sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan field trip memperoleh nilai mata pelajaran sekolah yang lebih tinggi. Kok bisa? Karena pembelajaran yang diterima oleh si Kecil selama kunjungan field trip membuatnya semakin mudah untuk mengingat hal-hal penting.

 
Baca juga: Anak Indonesia Harus Menjadi Anak yang "GENIUS"!

 

Mengenal Bidang Farmasi

Nah, berbicara tentang kegiatan field trip, salah satu tema wisata edukasi yang pas untuk dilakukan oleh anak-anak adalah pengenalan manfaat tanaman obat. Melalui pendekatan yang fun, kegiatan ini akan membuat si Kecil senang berinteraksi dengan kekayaan alam. Selain itu, si Kecil juga berkesempatan untuk merasakan pengalaman kerja di bidang farmasi.

 

PT. Dexa Medica dan KidZania Jakarta secara resmi membuka establishment Apotek Herba Dexa Medica. Establishment ini diresmikan oleh Leader Dharma Dexa, Gloria S. Haslim, dan President Director KidZania Jakarta, Kerry Riza, di KidZania Jakarta, Selasa, (12/09) lalu. Peresmian establishment Apotek Herba Dexa Medica ditandai dengan penyerahan City Key KidZania Jakarta yang dilakukan secara hand scan oleh Kerry Riza  kepada Gloria.

 

Hadirnya establishment Apotek Herba Dexa Medica di KidZania Jakarta ini merupakan bukti dukungan dan komitmen dari Dexa Medica dalam mengembangkan pendidikan dan kesehatan generasi penerus bangsa, melalui berbagai produk obat herbal.

 

“Orang tua perlu mengenalkan jenis tanaman herbal dan khasiatnya. Nature for the future. Jika tanaman herbal diproses dengan teknologi yang canggih dan dikenalkan dengan tepat pada anak sejak dini, maka hal ini dapat memberikan manfaat bagi kesehatan generasi selanjutnya, “ ungkap Gloria.

 

“Generasi muda sebenarnya sudah mulai sadar akan pentingnya menggunakan bahan alami untuk menjaga kesehatan. Kesadaran ini perlu ditunjang dengan media pembelajaran yang seru dan fun seperti di KidZania,” imbuhnya.

 

Di establishment ini, si Kecil akan diperkenalkan pada dua profesi, yaitu pengalaman meracik obat sebagai apoteker serta sebagai inventory yang bertugas mengecek persediaan obat. Establishment ini dapat diikuti oleh anak usia 4–16 tahun untuk profesi apoteker. Sedangkan profesi iventory untuk usia 2–3 tahun. Apotek Herba Dexa Medica berkapasitas 8 orang dan durasi permainan berlangsung selama 25 menit. Di akhir permainan, setiap anak akan mendapatkan gaji sebesar 20 KidZos untuk apoteker dan 5 KidZos untuk Staff Inventory. Jadi, jangan ragu lagi. Yuk Mums, ajak si Kecil belajar dan bermain di establishment Apotek Herba Dexa Medica KidZania Jakarta! (TA/AS)

 
Baca juga: Ajarkan Anak 5 Kebiasaan Hidup Sehat Ini di Sekolah!