Pernah mendengar penyakit psoriasis? Mungkin kebanyakan dari Anda belum pernah mengetahui atau bahkan mendengar nama penyakit ini. Saya pun dulu tidak tahu apa-apa mengenai psoriasis hingga akhirnya pada 2014, saya divonis dengan penyakit autoimun ini. Penyakit ini bukanlah penyakit yang bisa mengancam jiwa tapi efek yang didapatkan bisa dibilang sangat menyebalkan. Nah, hari ini saya akan membahas mengenai psoriasis dari A hingga Z!

Apa itu Psoriasis?

Psoriasis banyak dikira orang adalah suatu jenis penyakit kulit. Karena memang penderita psoriasis biasanya akan memiliki bercak merah dan juga bersisik pada bagian-bagian kulitnya. Tapi sebenarnya psoriasis bukanlah penyakit kulit. Psoriasis adalah penyakit yang timbul akibat sistem kekebalan tubuh atau imun sistem yang  menyerang sel tubuh sendiri. Hal ini menyebabkan sel kulit memproduksi kulit baru lebih cepat dari apa yang seharusnya. Sehingga yang terjadi adalah kulit menjadi menumpuk dan tampak bersisik. Penyebab dari penyakit psoriasis selain autoimun, disinyalir ada beberapa hal lainnya seperti faktor keturunan, sakit tenggorokan dan lainnya. Kalau boleh jujur, sebenarnya masih banyak yang belum diketahui mengenai penyakit ini, sehingga informasi akurat mengenai psoriasis pun masih simpang siur. Kalau pada kasus saya, di keluarga saya tidak ada yang memiliki penyakit psoriasis jadi bisa dibilang pasti karena hal lain. Saya sendiri sering mencari tahu kira-kira apa yang menyebabkan penyakit psoriasis pada diri saya. Saya pun teringat bahwa saya mengalami psoriasis setelah radang tenggorokan dan operasi amandel . Jadi mungkin saja itulah penyebabnya. Sekitar 2 tahun belakangan ini juga psoriasis saya bertambah parah jika saya mengonsumsi makanan yang mengandung gluten. Kalau saya baca dari beberapa sumber non-medis, mereka berpendapat hal ini dikarenakan usus penderita psoriasis tidak memiliki kekebalan yang baik. Tapi berhubung saya suka sekali dengan gluten (roti, mie, pasta!), saya sesekali masih mengonsumsi makanan tersebut. Alhasil memang jadinya kulit saya memiliki berbagai macam masalah seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Ciri Penyakit Psoriasis

Jenis psoriasis pun ada banyak sehingga tiap jenis memiliki ciri yang berbeda. Nah, berikut adalah beberapa jenis psoriasis:
  1. Psoriasis vulgaris: Pada psoriasis jenis ini kulit akan mengalami kemerahan dengan sisik perak di atasnya. Hal ini biasanya akan menyebabkan rasa gatal dan sakit pada bagian kulit tersebut.
  2. Guttate psoriasis: Biasanya pada jenis psoriasis ini. Psoriasis yang timbul akan berbentuk bercak kecil bersisik merah pada beberapa bagian tubuh. Kebetulan psoriasis jenis inilah yang saya miliki. Guttate psoriasis tidak menimbulkan rasa gatal yang berlebihan namun tetap saja kulit menjadi tidak terlihat bersih.
  3. Inverse psoriasis: Nah, kalau psoriasis jenis ini biasanya hanya akan menimbulkan kemerahan tanpa sisik. Biasanya psoriasis ini banyak ditemukan di ketiak, selangkangan, alat kelamin, payudara dan pantat. Pasti sedih sekali ya jika sudah memiliki suami atau istri dan memiliki psoriasis jenis ini!
  4. Pustular psoriasis: Mungkin ini adalah jenis psoriasis yang paling menyakitkan! Biasanya psoriasis ini ditandai dengan kulit berlepuh dan bernanah.

Pengobatan Penyakit Psoriasis

Ada berbagai jenis pengobatan psoriasis yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah pemberian obat oles, obat minum, fototerapi, dan suntik steroid. Sejauh ini yang pernah saya lakukan hanyalah dengan memberikan obat oles dan juga mengonsumsi obat minum. Saya pernah mendengar bahwa sebenarnya yang paling ampuh adalah dengan fototerapi, yaitu pasien akan terpapar sinar UV dan juga suntik steroid. Tapi saya sendiri belum berani untuk melakukan 2 terapi tersebut karena efek sampingnya yang belum jelas apalagi untuk suntik steroid. Saya pernah mendengar bahwa suntik steroid ini bisa menyebabkan penyakit kanker di masa depannya. Wah, bagi saya lebih baik tidak memiliki kulit mulus deh dibandingkan harus terkena penyakit ganas seperti itu! Ke depannya saya berharap akan ada lebih banyak penelitan terhadap penyakit psoriasis ini. Karena meskipun tidak mematikan, penyakit ini memilki dampak psikologis yang cukup hebat. Beberapa penderita menjadi sangat amat tidak percaya diri dan akhirnya menjadi depresi karena penyakit ini.