Hari libur dan acara bepergian identik dengan berbagai makanan enak, baik makanan khas negara yang dikunjungi maupun makanan yang Geng Sehat rindukan di kampung halaman. Mencoba berbagai makanan tersebut memang menjadi pengalaman tersendiri saat jalan-jalan. Saya sendiri selalu menyempatkan diri untuk mencoba banyak makanan baru. Memang, saya lebih suka mencicipi makanan dibandingkan dengan berbelanja.

 

Sebagian besar jenis makanan yang saya sukai adalah jenis makanan penutup, yang kebanyakan adalah makanan manis. Pada hari raya, sebagian besar makanannya cukup padat, seperti santan dan lemak. Karenanya, tak pelak berbagai jenis makanan tersebut biasanya merupakan makanan yang berat serta tinggi kalori, gula, dan lemak.

 

Setelah selesai liburan dan kembali bekerja, apakah teman-teman kerap merasa begah dan berat badan naik? Hal ini saya rasakan cukup signifikan. Sampai Jakarta yang setiap harinya duduk di mobil, membuat saya semakin begah setelah mengonsumsi semua jenis makanan tersebut saat liburan.

Baca juga: Makan Banyak Tidak Kenyang-kenyang? Waspada, Binge Eating Disorder!
 

Tidak jarang juga orang pergi berobat karena merasa ada gangguan di sistem pencernaan mereka. Kembung, susah buang air besar, dan buang air besar cair merupakan keluhan yang cukup sering terjadi. Jadi, bagaimana ya sebaiknya kembali beradaptasi setelah mengonsumsi segala jenis makanan liburan itu?

 

1. Konsumsi air putih

Yes, pastikan Kamu banyak minum air putih untuk menetralkan segala jenis makanan yang sudah dikonsumsi selama liburan. Ingin konsumsi minuman manis? Tanamkan dalam benakmu bahwa air putih adalah pilihan yang lebih sehat daripada segala macam minuman manis. Hindari kopi susu, berbagai macam jus, dessert, dan sebagainya. Konsumsi air putih yang banyak juga dapat menghindarkan Kamu dari ngemil yang tidak perlu, lho!

 

 

2. Aktivitas fisik

Bagaimana ya menghindari rasa begah yang biasanya terjadi saat liburan? Isi harimu dengan berbagai macam aktivitas fisik yang menyenangkan. Kamu bisa memilih yoga, gym, bermain basket dengan keluarga, ikut serta dalam car free day, dan sebagainya!

 

Jika Kamu terlalu sibuk, pilihlah aktivitas fisik yang simpel, seperti memilih naik tangga daripada lift, berjalan kaki daripada naik kendaraan, atau bersepeda di komplek perumahan. Selain membakar kalori, semua hal ini menyenangkan, lho!

Baca juga: Tidak Semua Makanan Tinggi Lemak Bisa Dikonsumsi saat Diet Keto!
 

3. Cleanse your body

Detoksifikasi di sini bukan berarti harus mengikuti berbagai macam paket detoks yang ditawarkan oleh berbagai produk catering dan jus, ya. Tubuh kita memiliki organ pintar yang memiliki fungsi detoks tersendiri. Kamu bisa membantu fungsi detoks itu dengan konsumsi air putih, sayur dan buah, serta berisitirahat yang cukup. Tidak perlu membayar mahal, Kamu sebenarnya bisa mendetoks tubuh dari berbagai macam makanan selama liburan!

 

4. Hindari beli makanan di luar

Walaupun ini merupakan tantangan tersendiri, terutama untuk teman-teman yang ngekos, membeli makanan di luar terkadang memberikan kalori tambahan yang tidak perlu untuk dikonsumsi. Porsi yang besar serta minyak yang cukup banyak memang terlihat menarik. Namun, akan lebih baik jika Kamu mempersiapkan makanan sendiri. Selain lebih sehat, Kamu jadi lebih tahu apa saja yang terkandung di dalam makananmu.

 

Tips di atas adalah beberapa hal yang sering saya lakukan untuk menghilangkan efek dari makanan pasca-liburan. Bagaimana dengan Geng Sehat?

Baca juga: Ingin Berat Badan Turun? Hindari Olahraga Ini!