Biasanya, apa sih yang Kamu bawa ketika menjenguk teman yang dirawat di rumah sakit? Pasti banyak yang menjawab buah atau bunga ya? Padahal 2 hal ini tidak dianjurkan untuk dibawa ke rumah sakit lho, GengS! Bahkan beberapa rumah sakit sudah menerapkan kebijakan untuk melarang bunga dan buah dibawa ke kamar pasien. Apa ya alasannya?

Baca Juga: Ini Alasan Rumah Sakit Larang Anak Ikut Jenguk Pasien

 

Sebaiknya Jangan Bunga!

Bunga berwarna-warni dan segar memang bisa mempercantik ruangan, menyejukkan mata, dan menenangkan. Namun, ternyata bunga dilarang masuk ke rumah sakit. Bunga bisa saja membawa atau mengandung bakteri yang dapat meningkatkan risiko infeksi nosokominal – infeksi yang terjadi di rumah sakit. Belum lagi jika bunga membawa parasit dan jamur, seperti aspergillus. Meskipun begitu, teori ini masih menuai pro dan kontra, karena belum ada penelitian resminya. 

 

Bukan hanya membawa infeksi, bunga memiliki serbuk sari, yang bisa menjadi alergen (penyebab alergi) bagi beberapa orang. Pasien dengan sistem imun yang lemah, seperti kanker, HIV/AIDS, atau gangguan pernapasan, sebaiknya tidak dibawakan bunga, ya. 

 

Tidak Semua Buah Baik bagi Pasien

Hayoo, siapa yang berpendapat bahwa buah pasti baik bagi orang sakit? Ternyata, tidak semua buah cocok untuk orang yang memiliki gangguan kesehatan. Jadi, Kamu harus berhati-hati ketika ingin membawakan buah kepada kerabat atau teman yang sedang diopname.

  1. Belimbing tidak baik untuk penderita gangguan ginjal

Buah belimbing mengandung asam oksalat. Pada tubuh orang sehat, asam ini mampu disaring oleh ginjal dan dibuang keluar tubuh. Sedangkan pada penderita gangguan ginjal, asam oksalat yang merupakan racun, tidak dapat dibuang, sehingga berisiko memperburuk gangguan ginjalnya. Konsumsi belimbing yang disarankan bagi penderita gangguan ginjal hanya 100 ml setiap hari.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Ginjal Rusak 

 

  1. Pasien diabetes jangan mengonsumsi buah dengan indeks glikemik tinggi, seperti durian, pisang, manga, nangka, atau nanas.

Indeks glikemik merupakan angka atau nilai yang menggambarkan seberapa cepat makanan memengaruhi gula darah. Makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi akan sangat cepat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Itulah mengapa, para diabetes (penderita diabetes) sebaiknya menghindari makanan dengan indeks glikemik tinggi, termasuk buah-buahan.

Baca Juga: Diet untuk Penderita Diabetes 

 

  1. Penderita gangguan lambung atau baru saja operasi sebaiknya tidak makan jeruk, jeruk nipis, atau lemon. Buah-buahan ini akan memengaruhi asam lambung dan menyebabkan GERD.

 

Untuk menentukan jenis buah-buahan yang boleh atau tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan penyakit tertentu, ternyata cukup sulit ya Gengs! Solusinya, Kamu bisa menanyakan terlebih dahulu kepada keluarga pasien apa penyakit dan pantangan akan untuknya. Atau untuk bermain aman, bawakan saja barang lain.

 

Lalu, Sebaiknya Bawa Apa?

Sebenarnya, setiap rumah sakit memiliki peraturan yang berbeda-beda. Karenanya, akan lebih baik jika Kamu melakukan survei terlebih dahulu, apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk diberikan kepada pasien.

 

Kamu pun bisa memberikan hadiah lain yang pasti lebih aman dan tidak kalah menarik dari bunga dan buah-buahan. Kamu bisa memberikan kartu ucapan lekas sembuh, buku, majalah, atau games sederhana untuk membantu pasien mengusir kebosanan. Selain itu, coba berikan perlengkapan pribadi, seperti kaus kaki, penutup mata, atau pelembap bibir, untuk membuat pasien lebih rileks, merasa lebih baik, dan bisa beristirahat dengan nyaman selama diopname.

 

Sssstt, sebenarnya kehadiran Kamu untuk menjenguk pun sudah sangat berarti bagi pasien. Ini menandakan bahwa pasien sangat spesial dan dapat membawa emosi positif yang memicu penyembuhan. Oh ya, jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke kamar pasien. Dan lakukan hal yang sama ketika pulang. (OCH)

Baca Juga: Cuci Tangan dengan Hand Sanitizer