Apa yang ada di benak Anda ketika diminta untuk menjaga hati? Sebagian mungkin akan berpikir menjaga hati di sini untuk menjaga perasaan supaya tidak berpindah ke lain hati. Sayangnya, pada pembahasan kali ini pengertian tersebut tidak sepenuhnya benar. Menjaga hati yang dimaksud adalah menjaga kesehatan organ hati atau dalam medis disebut sebagai liver. Liver atau hati merupakan organ kedua terbesar di dalam tubuh yang besarnya  kurang lebih sama seperti bola rugby. Selain itu, hati merupakan salah satu organ penting dalam pencernaan. Makanan, minuman, dan obat-obatan yang dikonsumsi semuanya akan diproses di organ hati, sehingga bila organ hati Anda bermasalah maka seluruh sistem dalam tubuh Anda akan terganggu. Fungsi organ hati cukup berat untuk menjaga tubuh tetap sehat, seperti melawan infeksi, memproses makanan yang telah diserap di usus, membuang zat-zat beracun dari tubuh, mengontrol kadar lemak, gula, dan asam amino dalam darah, dan masih banyak yang lain. Dengan banyaknya fungsi hati ini maka diharapkan Anda selalu menjaga kesehatan organ hati dengan baik. Berikut cara sederhana untuk mencegah sakit liver:

Jangan banyak mengonsumsi alkohol

Hindari konsumsi alkohol berlebih Alkohol tidak baik untuk kesehatan terutama dapat merusak sel-sel hati sehingga menyebabkan hati menjadi radang dan membengkak, bahkan dapat mengarah pada kematian sel hati yang biasa disebut sirosis hati. Di Amerika telah membuat patokan yaitu bagi pria jangan mengonsumsi lebih dari 2 minuman, dan bagi wanita tidak lebih dari 1 minuman. Apalagi mengonsumsi alkohol setelah minum obat, tentu akan berbahaya. Akan lebih baik lagi untuk tidak mengonsumsi alkohol sehingga menjaga sel-sel hati tetap sehat yang bekerja dengan baik.

Konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur

Dengan konsumsi makanan yang sehat dan olahraga teratur dapat membantu Anda menjaga berat badan normal dan terkontrol. Berat badan yang normal dapat mencegah timbulnya penyakit nonalcoholic fatty liver disease (NAFLD) yang dapat mengarah pada kerusakan sel hati.

Hati-hati terhadap obat-obat tertentu

Bila Anda mengonsumsi obat secara rutin, Anda perlu berhati-hati terhadap beberapa obat yang memiliki efek samping dapat menyebabkan gangguan hati. Obat-obat kolesterol, kemudian obat pereda rasa nyeri yaitu paracetamol jika digunakan berlebihan biasanya dapat menyebabkan kerusakan hati. Selain itu beberapa obat-obatan jika dikonsumsi bersamaan dengan konsumsi alkohol juga dapat merusak hati. Anda perlu berhati-hati pada obat-obatan yang jika digunakan bersamaan dapat berinteraksi dan memicu timbulnya kerusakan hati. Selalu diskusikan dengan dokter atau apoteker jika Anda hendak menkonsumsi obat-obatan tertentu.

Hati-hati terhadap virus hepatitis

Hepatitis adalah salah satu penyakit yang berbahaya untuk hati Salah satu penyakit yang paling berbahaya bagi organ hati yaitu hepatitis. Hepatitis dapat disebabkan oleh berbagai hal salah satunya infeksi virus. Salah satu cara paling mudah untuk mencegah hepatitis yaitu dengan vaksinasi. Hepatitis A menyebar melalui makanan dan minuman yang terinfeksi sehingga Anda perlu berhati-hati jika hendak makan atau minum di tempat umum karena belum tentu mereka menjaga kebersihan dengan baik. Hepatitis B dan C menyebar melalui cairan tubuh seperti darah, sehingga Anda dapat mencegah dengan tidak menggunakan sikat gigi, pisau atau jarus secara bergantian. Hepatitis B dan C juga dapat menular melalui hubungan seksual sehingga sebaiknya berhati-hati dan gunakan kondom untuk mencegah penyebaran virus ke pasangan.

Jangan menyentuh atau menghirup zat beracun

Beberapa produk pembersih dan aerosol juga dapat mengandung zat-zat yang merusak hati, sehingga Anda perlu waspada saat menggunakan produk-produk tersebut dan sebisa mungkin tidak melakukan kontak langsung dengan bahan-bahan tersebut. Selain itu beberapa zat pada rokok juga dapat merusak hati, sehingga sebaiknya jangan merokok.

Hati-hati dengan obat herbal dan suplemen

Beberapa suplemen dan herbal bisa memberikan efek yang baik bagi hati tetapi beberapa juga dapat membahayakan bagi hati. Beberapa bahan seperti cascara, chaparral, comfrey, kava, dan ephedra ternyata dapat membahayakan hati. Sehingga Anda juga tidak sembarangan dalam mengonsumsi obat herbal atau suplemen.

Konsumsi kopi

Beberapa waktu lalu terdapat penelitian yang menunjukan bahwa kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit hati. Walaupun belum diketahui lebih dalam apa yang menyebabkan hal tersebut, tetapi kopi memang terbukti memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Gaya hidup yang sehat dan mengontrol obat-obatan yang Anda konsumsi akan sangat membantu merawat hati Anda. “Hati dapat menjadi organ yang sangat pemaaf, tetapi ada batasannya”, Ray Chung, MD, direktur medis di program transplantasi hati Massauchusetts General Hospital pernah menyampaikan. Oleh sebab itu, mulailah untuk menjaga kesehatan organ hati sejak dini.