Memiliki sahabat untuk berkeluh kesah tentu sangat menyenangkan bukan? Apalagi jika sahabat tersebut selalu mau mendengarkanmu, tidak pernah mengeluh, dan selalu setia berada di sisimu. Nah, kalau Kamu ingin memiliki sahabat dengan kriteria tersebut, bersahabat dengan hewan peliharaan adalah jawabannya. Selain menyenangkan, ternyata memiliki hewan peliharaan juga memberikan banyak manfaat lho bagi fisik dan psikologismu. Apa saja manfaatnya?

 

1. Dapat membantu menghilangkan stres

Dengan menghabiskan waktu bersama dengan hewan peliharaan, membantu menurunkan tingkat stres. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan para peneliti dari Virginia Commonwealth University. Penelitian tersebut mempelajari sekitar 450 pegawai dengan 20 hingga 30 ekor anjing di dalam kantor mereka. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa pegawai merasakan penurunan tingkat stres, dan 1 dari 4 karyawan dilaporkan mengalami peningkatan produktivitas ketika bekerja.

 

2. Membantu melawan rasa kesepian dan kegelisahan, bahkan dapat mengurangi rasa sakit

Sebuah penelitian membuktikan dengan memiliki hewan peliharaan dapat mengurangi rasa kesepian yang dialami seseorang. Selain itu, memiliki hewan peliharaan juga dapat membuat orang jauh dari perasaan tertolak. Bahkan tahukah Kamu jika ternyata hewan adalah obat pereda rasa sakit terbaik, terutama bagi penderita migrain dan nyeri otot kronis. Hal ini bekerja layaknya valium. Dengan memiliki hewan peliharaan, rasa cemas dan gelisah akan berkurang. Apabila kegelisahan berkurang, rasa sakit dan nyeri yang dirasakan juga dapat berkurang.

 

3. Membantu meningkatkan sistem imun

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Wisconsins's School of Medicine and Public Health menemukan bahwa seorang anak yang baru lahir dan memiliki seekor anjing peliharaan di rumahnya, kemungkinan akan terhindar dari risiko alergi dibanding mereka yang lahir tanpa memiliki anjing peliharaan. 

 

4. Menjaga dirimu agar senantiasa aktif

Pemilik hewan peliharaan pasti akan lebih banyak berolahraga atau setidaknya melakukan aktifitas fisik yang dapat membuat tubuh lebih sehat. Misalnya, kalau Kamu memiliki seekor anjing, Kamu pasti akan rajin mengajaknya keluar rumah untuk sekedar berjalan-jalan mengelilingi komplek. Kegiatan ini selain menyenangkan, juga memaksamu untuk terus bergerak aktif.

 

5. Menurunkan tekanan darah dan menghindarkan dari berbagai risiko penyakit jantung

Memiliki hewan peliharaan berpotensi untuk menurunkan tekanan darah, terutama pada pasien hipertensi. Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Minnesota terhadap 4.000 orang, menyebutkan bahwa memiliki kucing sebagai hewan peliharaan sangat baik untuk kesehatan jantung. Penelitian tersebut menemukan bahwa risiko menderita serangan jantung akan 40% lebih tinggi pada mereka yang tidak memelihara kucing.

 

Ternyata menjadikan hewan peliharaan sebagai sahabat, selain menyenangkan juga memiliki banyak manfaat kan, baik secara fisik dan juga psikologismu. Jadi, buat yang belum memiliki hewan peliharaan mending yuk segera pilih dan tentukan mau memelihara hewan apa untuk menemani keseharianmu. Dan buat Kamu yang sudah memiliki hewan peliharan, yuk share cerita menyenangkanmu bersama mereka di sini!