Mata minus merupakan salah satu masalah penglihatan yang ditandai dengan mata sulit untuk melihat suatu benda yang jauh dan dalam dunia medis hal ini disebut miopia. Pada mata yang minus ini cahaya yang masuk melalui retina Anda tidak fokus karena kornea pada mata terlalu cembung atau bisa jadi bola mata Anda terlalu besar sehingga sulit untuk fokus saat melihat objek dari jarak jauh. Maka dari itu Anda harus tahu gejala mata minus sedari dini. Penyebab mata minus dapat dikarenakan oleh faktor keturunan, terlalu dekat saat membaca, posisi membaca yang membebani mata, serta terlalu lama dan terlalu dekat memandang layar televisi, handphone, maupun laptop. Saat seseorang sudah mengalami mata minus maka kemungkinan bisa bertambah.

Apa saja sih gejala mata minus?

Mata minus terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu miopia rendah (minus 0.5D hingga minus 3D), miopia sedang (minus 3D hingga 6D), dan miopia tinggi (diatas  6D).  Pada umumnya mata minus akan terus bertambah hingga usia 30 tahun dan akan mulai menurun pada usia 40 tahun. Semuanya bergantung pada keadaan tubuh dan mata Anda. Berikut ini gejala-gejala mata minus yang dialami seseorang;
  1. Mengalami kesulitan saat melihat sesuatu yang berjarak jauh dari Anda
  2. Akan secara refleks memicingkan mata saat akan melihat sesutu yang berjarak cukup jauh
  3. Sulit untuk fokus melihat jalanan saat sedang mengendarai kendaraan
  4. Mata mudah terasa lelah
  5. Saat memaksakan melihat sesuatu atau sudah terasa lelah akan mengalami sakit pada bagain kepala, hal ini disebabkan oleh mata yang mengalami akomodasi secara terus menerus menyebabkan mata lelah dan sakit pada bagian kepala.
  6. Sudah seperti kebiasaan, Anda menjadi cukup sering mengucek mata Anda
  7. Selain itu mata Anda juga jadi kebiasaan untuk berkedip dengan jangka waktu sepersekian detik
  8. Mata sering terasa nyeri dan mengeluarkan air
  9. Memiliki jarak pandang terbatas saat malam hari
  10. Hal parah yang mungkin terjadi seseorang akan sering mengalami masalah saat berjalan seperti kesandung atau menabrak sesuatu saat berjalan karena apa yang dilihat tidak fokus
Itu dia 10 gejala mata minus yang biasanya akan dialami seseorang, namun apabila Anda merasa adanya masalah pada mata namun belum sempat untuk melakukan pengecekan kepada ahlinya Anda dapat mencoba beberapa hal untuk memastikannya. Coba Anda perhatikan saat sedang masuk ke ruang bioskop, apabila saat masuk, mata akan beradaptasi dengan cahaya di dalam selama satu menit dan apabila melebihi satu menit pandangan tetap tidak jelas maka bisa jadi mata Anda mengalami gangguan dan perlu segera diperiksakan. Sedangkan bagi Anda pekerja kantor pastinya cukup sering duduk berlama-lama memandang layar laptop dan setelah seharian melihat layar, mata akan terasa lelah dan membutuhkan istirahat. Hal tersebut dapat dinyatakan normal, tetapi jika dibarengi dengan mata merah, ada bintik di mata, dan sangat sensitif terhadap cahaya maka kemungkinan mata Anda terkena infeksi. Jarum jam juga dapat Anda gunakan untuk mengetahui keadaan mata Anda. Caranya adalah dengan memperhatikan salah satu jarum jam, apabila mata Anda fokus pada satu hal jarum dan di sekitarnya terlihat kabur maka ada kemungkinan ada kelainan pada kornea mata. Sebaiknya, untuk tahu lebih jauh sebaiknya segera periksakan mata pada dokter mata. Nah itu dia gejala-gejala mata minus dan cara-cara untuk mengetahui bagaimana keadaan mata tanpa harus menggunakan alat kesehatan atau dokter ahli. Namun lebih baik Anda melakukan pemeriksaan mata paling tidak dua tahun sekali. Menurut penelitian di Amerika Serikat, jumlah orang yang memeriksakan matanya secara rutin semakin menurun dikarenakan kesibukan dan mahalnya biaya pemeriksaan. Tetapi jangan dianggap remeh yah soal kesehatan mata ini karena mencegah lebih baik dari pada mengobati!