Sedia payung sebelum hujan. Ya, peribahasa tersebut sepertinya tepat untuk menggambarkan kebutuhan Anda akan kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan). Jangan tunggu sakit atau terluka terlebih dahulu, tetapi Anda sudah harus menyiapkan kelengkapan kotak ini di rumah sejak dini. Secara berkala, Anda juga sebaiknya memeriksa keadaan obat serta perlengkapan di dalamnya. Karena bisa jadi, beberapa botol sudah kadaluwarsa atau tumpah hingga mengotori barang lainnya. Jika terlalu kecil, kotak P3K dapat diganti menjadi wadah dalam bentuk tas yang besar dan dapat dijinjing sehingga mudah dipindahkan.

Isi Wajib Di Kotak P3K

Kotak P3K juga wajib ada di dalam rumah Anda, terutama bagi Anda yang sudah memiliki bayi atau anak. Anda tak pernah tahu kapan mereka akan terjatuh atau sakit, bukan? Tindakan preventif seperti menyiapkan beberapa jenis obat dan peralatan dapat membantu Anda untuk segera mengobati luka atau rasa sakit. Karena itu, wajib bagi Anda untuk memiliki kotak kesehatan ini! Apa saja yang harus tersedia di dalam kotak P3K Anda? Simak dan catat barang-barang di bawah ini!
  1. Alat pelindung, seperti masker, sarung tangan, tisu, atau kain.
  2. Alat pembersih luka dan infeksi, seperti alkohol, antiseptik, atau antibakteri.
  3. Plester dan kapas serta kain kasa untuk menutupi luka dan goresan.
  4. Perban atau perekat untuk untuk menempelkan kain dan penutup luka.
  5. Cold pack atau kompres dingin untuk membantu menurunkan pembengkakan. Khusus kedua hal ini dapat diletakan di dalam kulkas Anda.
  6. Obat pereda sakit, seperti aspirin untuk mengobati luka secara cepat.
  7. Obat antibiotik, batuk dan pilek untuk mengatasi demam.
  8. Obat anti mual dan pusing serta balsem, minyak hangat, atau minyak telon.
  9. Obat tetes mata.
  10. Obat anti mabuk dalam perjalanan.
  11. Peralatan khusus bayi seperti krim dan lotion.
  12. Obat sakit perut, anti sakit saat haid, oralit, atau obat mencret.
  13. Obat sesuai dengan keadaan tubuh dan masalah personal, seperti obat maag, asma, alergi, obat penyakit tertentu yang wajib diminum setiap hari serta obat saran dari dokter.
  14. Peralatan pendukung seperti gunting (gunting kuku, gunting kecil, cutter), pinset, termometer, dan cotton bud.
  15. Buku pedoman P3K yang dapat membantu Anda membantu Anda memahami langkah-langkah yang tepat untuk menggunakan peralatan yang ada saat mengobati luka
Belilah peralatan serta obat tersebut di toko obat yang telah mendapatkan izin resmi. Hal ini untuk mengurangi risiko membeli obat palsu dan berbahaya. Jumlah setiap barangnya yang akan Anda simpan di kotak obat dapat beragam, disesuaikan kembali dengan kebutuhan dan keadaan kotak atau tas P3K yang dipunyai. Untuk kotak P3K, sebaiknya letakkan di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak agar tidak sampai dikonsumsi tanpa pengawasan Anda. Selain itu, jangan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di tempat yang rawan basah. Bahkan, sebaiknya Anda memisahkan setiap jenis obat dan peralatan kesehatan di kotak yang berbeda. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda wajib mengecek keadaan wadah P3K ini agar jika  ada satu obat yang rusak, pecah, atau peralatan yang tercemar tidak akan memengaruhi keadaan barang lain di dalam kotak. Jika terdapat obat yang secara tiba-tiba menyebabkan Anda alergi atau menunjukkan efek yang kurang baik seperti gatal-gatal dan infeksi, segera ambil dan jauhkan obat tersebut dari kotak P3K. Jangan malas untuk membersihkan kotak P3K minimal sebulan sekali agar kuman dan bakteri tidak muncul dan tidak terjadi kontaminasi pada peralatan yang disimpan. Jika Anda memiliki dokter keluarga atau rumah sakit rujukan yang sering didatangi, Anda juga bisa menyimpan nomornya di dalam kotak P3K. Hasil tes golongan darah keluarga serta nomor telepon kerabat terdekat juga dapat diikutsertakan jika sewaktu-waktu Anda dan suami membutuhkan pertolongan dari orang lain. Satu kotak P3K cukup tetapi akan sangat baik apabila Anda memiliki lebih dari satu wadah P3K. Ayo segera lengkapi kotak P3K Anda! Persiapkan secara baik untuk kesehatan Anda dan keluarga!