Awal tahun merupakan waktu untuk membuat resolusi. Membuat sejumlah daftar harapan dan impian yang ingin diraih di tahun yang baru. Biasanya, yang menjadi resolusi adalah harapan untuk hidup lebih sehat, seperti menurunkan berat badan, makan sehat, dan lebih rajin berolahraga. Sayangnya, yang biasa terjadi, resolusi ini hanya dijalankan di awal-awal tahun saja. Sisanya? Bisa jadi Anda malas meneruskannya atau kehilangan motivasi. Nanti, di akhir tahun, Anda kembali membuat resolusi yang sama dan akhirnya kembali nihil. Untuk itu tetaspkan agar resolusi tahun baru tidak gagal. Apa yang sebenarnya membuat resolusi yang sudah dibuat gagal diwujudkan? Bagaimana caranya agar semua resolusi tahun baru bisa terpenuhi? Resolusi Tahun Baru  
  1. Tetapkan target yang masuk akal

Buatlah harapan dan target yang masuk akal, yang sesuai dengan kondisi Anda. Jangan membuat resolusi yang sulit dicapai, karena akhirnya Anda akan memaksakan diri, menjadi stres, bahkan menyusahkan diri sendiri dan orang lain. Selain itu, setelah menentukan taget, pasang waktu yang masuk akal untuk mencapainya. Misalnya, Anda menargetkan mencapai tujuan A dalam 2 bulan, atau tujuan B dalam 3 bulan. Ini supaya Anda fokus dalam mencapainya.
  1. Catat sebagai pengingat

Catat resolusi Anda sebagai pengingat. Sebaiknya, tambahkan juga alasan mengapa Anda menetapkannya sebagai target. Misalnya, Anda ingin menurunkan berat badan supaya lebih sehat dan tidak kelelahan saat menemani anak-anak bermain. Dengan memiliki resolusi yang berkaitan dengan orang yang dicintai, akan memotivasi Anda untuk mencapainya.
  1. Terencana

Selalu buat resolusi dengan langkah-langkah yang konkret untuk mencapainya, misalnya dengan merinci target dan apa yang akan dilakukan setiap minggunya. Misalnya, Anda ingin tubuh selalu bugar. Karenanya Anda berencana untuk pergi ke pusat kebugaran setiap hari. Nah, sebaiknya kaji ulang rencana Anda ini. Pikirkan jika Anda mengalami suatu kendala sehingga tidak bisa pergi ke pusat kebugaran, dan itu terjadi tak hanya terjadi seringkali. Tentu itu termasuk "melanggar" resolusi yang Anda buat. Sebaiknya buat rencana yang Anda mampu laksanakan.
  1. Ingatkan diri sendiri

Selalu ingatkan diri sendiri akan resolusi yang ingin Anda capai. Caranya adalah dengan membuat pengingat, seperti menyimpan gambar idola Anda pada ponsel atau menaruh pesan inspirasional dalam dompet, atau menempelnya di meja kerja. Selain itu, Anda pun bisa membayangkan jika tujuan tersebut bisa tercapai. Misalnya, jika berhenti merokok, Anda akan lebih sehat, bugar, dan memiliki tabungan. Fokuskan diri Anda pada hasil-hasil yang positif.
  1. Jangan menunda

Jangan menunda-nunda untuk menjalankan tujuan Anda. Ingatlah bahwa semakin cepat Anda memulainya, maka akan semakin cepat Anda mendapat hasilnya. Semakin lambat Anda memulainya, maka akan semakin lama Anda mencapainya.
  1. Jalankan dengan cara menyenangkan

Dalam rangka mencapai tujuan, terkadang ada kalanya rasa bosan atau penat menghampiri. Bukan tak mungkin hal itu bisa membuat Anda tergoda untuk menyerah. Karenanya, Anda perlu melakukan semuanya dengan cara menyenangkan. Jangan sampai Anda merasa menderita dan tersiksa. Misalnya, jika turun berat badan adalah tujuan Anda, jangan terlalu keras pada diri sendiri dengan menghindari makanan enak. Anda boleh saja makan enak, namun perhatikan porsinya. JIka ingin makan kue red velvet yang menggiurkan di sebuah cafe, minta seorang teman untuk membantu menghabiskannya. Makan 2-3 sendok saja sudah cukup memuaskan, bukan?
  1. Motivasi dan yakinkan diri sendiri

Jika berharap mendapatkan pekerjaan yang lebih baik di tahun ini, jangan pantang menyerah walaupun sudah mengirim puluhan lamaran dan belum juga ada panggilan interview. Tetap berpikir positif dan terus berusaha. Mungkin CV Anda kurang menarik atau Anda belum mengirim cukup lamaran. Tetap semangat. Jika orang lain bisa, kenapa Anda tidak?
  1. Buat resolusi yang spesifik

Buat resolusi yang spesifik, misalnya 'Saya ingin lari pagi selama 30 menit setiap hari' atau 'Saya ingin memulai joging'. Kebanyakan orang hanya membuat resolusi 'Saya ingin sehat', tapi kemudian bingung harus melakukan apa. Dengan membuat tujuan yang spesifik, akan membantu Anda mencapainya. Ada satu teori yang menyebutkan bahwa butuh waktu 21 hari untuk suatu hal menjadi kebiasaan. Maksudnya, jika ingin terbiasa melakukan kebiasaan sehat yang menjadi resolusi, lakukan tanpa jeda selama 21 hari berturut-turut. Selebihnya, akan lebih mudah bagi Anda. Semoga berhasil!