Penderita diabetes dapat mengendalikan kadar gula darahnya dengan menggunakan obat-obatan khusus untuk diabetes, namun tidak sedikit juga yang harus menggunakan insulin. Sebenarnya apa sih insulin itu sendiri? Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh sel beta Langerhans pada kelenjar pankreas tubuh yang berfungsi untuk menstimulasi pemasukan glukosa ke dalam sel tubuh untuk digunakan sebagai sumber energi dan membantu penyimpanan glikogen di dalam sel otot dan hati. Seseorang yang memiliki gangguan pada produksi insulin berarti memerlukan pasokan insulin dari luar tubuhnya. Insulin ada beberapa macam bentuk yang beredar dipasaran. Salah satunya berbentuk pen yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan insulin pen,  berikut 7 langkah sederhana penggunaan insulin pen.

Lepaskan penutup pen

Jika Anda menggunakan insulin intermediate-acting, Anda perlu melakukan gerakan menggulung pen terlebih dahulu di telapak tangan selama 15 detik agar tercampur.

Lepas kertas penutup pen dan penutup jarum

Selanjutnya, Anda harus melepaskan kertas penutup insulin pen. Kemudian lepaskan penutup jarum bagian luar dan penutup jarum sehingga jarum tampak. Jarum pada pen pun tersedia dalam berbagai ukuran. Anda perlu konsultasikan dengan apoteker atau dokter Anda sebagai saran penggunaan yang baik.

Cek pen, apakah sudah dapat mengeluarkan larutan insulin

Anda perlu menyesuaikan pen dan jarum untuk akurasi sekaligus untuk mengukur dosis insulin Anda. Caranya dengan putar tombol pemilih dosis pada akhir pen. Kemudian pegang pen dengan jarum mengarah ke atas. Tekan dosis kenop sepenuhnya sambil menonton aliran insulin yang muncul. Ulangi, jika perlu, sampai insulin terlihat di ujung jarum. Kemudian pengatur dosis harus kembali nol setelah menyelesaikan langkah ini.

Atur dosis Insulin yang akan Anda gunakan

Putar tombol dosis dalam keadaan "dial in" dosis insulin. Anda akan menerima dosis insulin sesuai dengan yang Anda atur pada tombol dosis. Periksa juga jendela dosis untuk menjamin dosis yang Anda gunakan tepat

Pilih tempat yang akan diaplikasikan

Pilih tempat untuk pengaplikasian suntikan insulin. Perut adalah tempat pilihan yang tepat antara bagian bawah tulang rusuk dan garis kemaluan, hindari 3-4 inci sekitar pusar. Posisi bagian paha atas dan lengan belakang bagian atas  juga dapat digunakan.

Menyuntikan insulin

Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menyuntikan insulin pada tubuh Anda:
  1.  Gunakan jari Anda untuk menahan ujung pen.
  2. Lakukan gerakan mencubit dan menarik pada kulit dengan tangan Anda.
  3. Suntikan dengan cepat untuk memasukkan jarum pada sudut 90 derajat dan lepaskan cubitan.
  4. Gunakan ibu jari Anda untuk menekan pada tombol dosis sampai berhenti (jendela dosis akan kembali nol). Biarkan pen dalam keadaan menancap selama 5-10 detik untuk membantu mencegah insulin bocor dari tempat injeksi. Kemudian tarik pen jarum dari kulit dan hindari memijat daerah tersebut. Setetes darah atau memar tentu akan muncul namun tidak masalah Anda cukup mengusapnya dengan tisu atau kapas.

Persiapan kembali insulin pen untuk penggunaan mendatang

Posisikan kembali pen Anda seperti kondisi awal kemudian simpan dalam tempat yang bersih dan kering. Dan jangan lupa siapkan selalu peralatan ini agar Anda kapanpun dibutuhkan sudah siap. Setelah mengetahui cara menggunakan insulin pen di atas, Anda sebaiknya bisa menjadi lebih paham lagi, ya! Sebelum menggunakannya tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Selalu jaga pola hidup yang sehat agar kondisi tubuh Anda bisa semakin baik!