Kelihatan tua sebelum usianya? Ih, enggak banget! Percaya enggak percaya, penuaan adalah sesuatu yang bisa Kamu kendalikan, lho!

 

Beberapa hal yang biasa Kamu lakukan sehari-hari tanpa disadari membuat Kamu terlihat lebih tua dari usiamu yang seharusnya. Menurut American Society untuk Estetika Operasi Plastik, banyak orang yang mengatasi penuaan dini dengan menggunakan kosmetik. Mereka juga menggunakan krim, obat jerawat, dan suntik botoks.

 

Semua usaha tersebut membutuhkan uang yang cukup banyak. Namun, seharusnya Kamu tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu jika sudah melakukan tindak pencegahan sejak awal. Ubah beberapa rutinitas ini dan nikmati hari tanpa penuaan dini!

 

1. Lupa menggunakan krim tabir surya

"Hal pertama yang harus Kamu lakukan agar selalu terlihat muda dan sehat adalah dengan mengaplikasikan krim yang memiliki kandungan SPF di dalamnya," ujar Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis dari Departemen Dermatologi di Mount Sinai Hospital.

 

Sinar UV dari matahari dapat menyebabkan radikal bebas yang merusak kolagen, elastin, dan sel pada kulit. Kerusakan ini akan mempercepat penuaan, menimbulkan flek hitam dan kerutan, hingga menyebabkan kanker kulit. Sedikit paparan sinar UV setiap hari saja tetap akan berpengaruh.

 

Terdapat penelitian yang dilakukan di Australia, dengan mengikuti keseharian 900 orang selama 4 tahun terakhir. Hasilnya menunjukkan, orang yang selalu menggunakan pelembap setiap hari 24 persen lebih awet muda dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak menggunakan krim tabir surya. Pada usia yang sudah menuju dewasa, menggunakan SPF 30 dalam waktu 12 minggu sudah cukup untuk mengembalikan kondisi pigmen dan tekstur wajah kembali muda.

Baca juga: Perawatan Wajah Sebelum Tidur Malam

 

2. Kurangnya waktu tidur

Tidur tidak hanya membuatmu menjadi segar, tapi juga membuat dirimu terlihat lebih muda. Sel kulit yang Kamu miliki dipengaruhi oleh siklus tidur. Tidur yang cukup di malam hari dapat memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi di siang hari, misalnya akibat paparan polusi atau sinar matahari. Jadi jika Geng Sehat suka begadang atau kurang tidur, sel kulit tidak dapat bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada kulit.

 

Kurang tidur juga dapat membuat kulit mengalami stres dan menjadikan sel kulit tidak sehat, sehingga terjadi penuaan dini. Cobalah untuk tidur selama 8 jam sehari. Jangan lupa oleskan pelembap ke bagian wajah dan tubuh sebelum tidur, karena kulit akan mengalami dehidrasi selama Kamu tidur. Kulit kering yang meradang tidak dapat sembuh secara maksimal tanpa bantuan tidur yang cukup.

 

3. Tidak makan buah dan sayur yang cukup

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang seimbang antara buah dan sayur dapat melawan penyakit serta mencegah kerusakan pada kulit sejak dini. Pasalnya, buah dan sayur mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan antioksidan. Semua itu berfungsi melawan radikal bebas dan membuat sel kulit menjadi sehat.

 

Vitamin E adalah vitamin paling penting untuk membantu memperbaiki kerusakan pada kulit. Vitamin A, C, dan B3 juga baik untuk kulit, karena mencegah kerusakan kolagen, menghasilkan dan mempertahankan elastisitas kulit, dan mengurangi hiperpigmentasi.

Baca juga: Bahaya Pestisida Pada Buah dan Sayur

 

4. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Bagi Kamu yang sangat menyukai makanan manis, harus waspada nih! Roti tawar, es krim, dan permen dapat menyebabkan penuaan dini pada wajah. Itu karena jenis camilan tersebut akan menaikkan kadar gula yang memicu jerawat dan peradangan.

 

Bekas jerawat akan membekas secara permanen pada wajah dan merusak kolagen. Kolagen yang Kamu miliki di dalam kulit menjadi sulit dan kurang fleksibel untuk mencegah penuaan.

 

5. Merokok

Sebelum Kamu mulai mengisap rokok, pikirkan bahwa bukan hanya paru-parumu yang akan mengalami kerusakan. "Sistem organ tubuh yang lain juga akan rusak, termasuk kulit. Merokok dapat menurunkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke kulit, dengan cara menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi sirkulasi," ujar dr. Joshua Zeichner.

 

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa orang yang merokok selama 5 tahun cenderung memiliki kantong mata yang lebih besar, serta keriput pada area bibir dan rahang. Tembakau yang ada pada rokok mengandung kimia yang berbahaya dan memengaruhi kolagen dan elastin kulit.

 

Mitos vs fakta rokok elektrik - guesehat.com

 

6. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat menurunkan kadar antioksidan di kulit Kamu. Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan pada sel kulit, yang memicu keriput pada wajah. Alkohol juga cenderung membuat kulit Kamu kering dan kasar.

 

Minuman keras juga bisa membuat Kamu merasa lebih tua. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, terlalu banyak mengonsumsi alkohol menimbulkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung dan hati, depresi, dan beberapa jenis kanker.

Baca juga: Penderita Diabetes Mau Minum Alkohol? Ketahui Dulu Fakta dan Tipsnya!

 

Bagi Kamu yang sudah terbiasa melakukan hal-hal di atas mungkin sulit untuk meninggalkannya. Namun, itu bisa dilakukan dengan niat yang kuat dan konsisten. Ganjarannya, kulit jadi lebih cerah dan awet muda dari yang seharusnya! Asyik, kan?