Meskipun kecil, mata merupakan organ yang sangat penting. Mata harus dijaga agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips dan cara menjaga mata tetap sehat:

  1. Makan makanan yang bergizi
Mata yang sehat berawal dari makanan yang sehat. Nutrisi seperti omega-3, zink, dan vitamin C dan E dapat mengurangi risiko terjadinya masalah mata di usia tua, seperti katarak. Makanan yang sehat untuk mata adalah:
  • Sayur-sayuran hijau seperti bayam.
  • Salmon, tuna.
  • Telur, kacang-kacangan, dan sumber protein nabati lainnya.
  • Jeruk dan buah-buahann lainnya.
Diet yang seimbang juga membantu Anda memiliki berat badan yang ideal. Berat badan mengurangi risiko terjadinya diabetes yang merupakan salah satu penyebab kebutaan pada dewasa.
  1. Berhenti merokok
Rokok dapat menyebabkan katarak dan kerusakan saraf mata.
  1. Menggunakan kacamata hitam
Kacamata hitam dapat melindungi mata dari sinar radiasi ultraviolet. Pilihlah kacamata yang dapat memblokir 99% hingga 100% UVA dan UVB.
  1. Menggunakan kacamata pelindung
Saat bekerja dengan bahan-bahan yang membahayakan, kenakan kacamata pelindung. Saat sedang berolahraga ekstrem yang dapat menimbulkan cedera pada mata, Anda juga perlu untuk menggunakan pelindung mata.

Baca Juga : Hindari 10 Kebiasaan Ini untuk Mencegah Mata Minus!

  1. Saat sedang menggunakan komputer,  luangkan waktu untuk beristirahat
Melihat ke layar komputer atau smartphone dalam waktu lama dapat menyebabkan mata lelah, pandangan kabur, kesulitan memfokuskan pandangan jauh, mata kering, nyeri kepala, nyeri leher, bahu, dan punggung. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk melindungi mata saat menggunakan komputer, yaitu:
  • Jika menderita rabun, pastikan Anda mengenakan kacamata atau lensa kontak yang sesuai.
  • Atur layar monitor, sehingga mata Anda sejajar dengan bagian atas monitor.
  • Jika mata terasa kering, cobalah untuk berkedip.
  • Istirahatkan mata Anda setiap 20 menit dengan melihat jauh dengan jarak 20 kaki (610 cm) selama 20 detik
  1. Periksakan mata Anda secara rutin.
Untuk menjaga kesehatan mata, periksakan mata Anda secara berkala. Tujuannya adalah untuk memastikan mata Anda tetap sehat dan jika ada kelainan pada mata dapat dideteksi sedini mungkin. Cara lain untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata Anda. Jika terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Dan jika mata terasa gatal atau berubah merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin. Segera periksakan ke dokter mata jika gejala seperti di atas terus berlanjut. Atau jika mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, seperti ada bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau setiap kali Anda tidak dapat melihat secara normal.