Apa makanan praktis yang dicari ketika perut sudah lapar? Hmm.. Apalagi kalau bukan fast food. Mungkin tidak semua orang akan berpendapat hal yang sama, namun sayangnya kebanyakan tetap memilih fastfood sebagai alternatif pertama untuk dimakan. Selain praktis dan bisa cepat dihidangkan, makanan cepat saji atau fast food memang dianggap memiliki rasa yang lebih enak karena bisa diterima oleh lidah masyarakat umum. Namun, dibalik itu semua ada dampak negatif fast food jika dikonsumsi terus-menerus. Berbagai risiko kesehatan dan obesitas menyebabkan Anda harus membatasi, bahkan disarankan untuk tidak mengonsumsi fast food. Namun, bagaimana dengan Anda para pecinta fast food yang masih belum bisa terlepas dari makanan ini? Nah, mungkin beberapa trik sehat untuk mengkonsumsi fast food ini bisa Anda terapkan!

1. Porsi Sedikit

Bukan tidak boleh makan sama sekali, namun karena makanan cepat saji kaya akan kalori dan lemak berlebih, lebih baik Anda makan dengan porsi yang lebih sedikit.

2. Makan Secara Perlahan

Makan dengan porsi sedikit, mana bisa kenyang? Agar tetap kenyang dengan porsi yang lebih sedikit dari pada biasanya maka cobalah makan secara perlahan. Ini akan membantu Anda karena otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa Anda telah kenyang dan membantu untuk lebih rileks. Kerja pencernaan akan lebih baik dan Anda akan merasa puas setelah anda makan.

3. Pilih yang (Sedikit) Sehat

Bagaimanapun juga makanan cepat saji tidak akan lebih sehat dibandingkan dengan makanan rumah yang disajikan dengan berbagai sayuran dan lauk-pauk. Namun, Anda setidaknya bisa memilih menu dengan kandungan yang lebih sehat dan berserat, seperti untuk burger pilih roti yang berbahan dasar tepung gandum dan pizza pilihlah topping sayuran.

4. Hindari Lemak Jenuh

Hindari menu dengan kandungan lemak trans dan lemak jenuh yang tinggi. Sebaiknya untuk daging pilihlah yang lebih sehat seperti daging putih seperti ayam dan ikan dibandingkan dengan daging merah. Fried Chicken atau ayam goreng tepung masih bisa Anda konsumsi dengan menyisihkan kulitnya karena pada bagian tersebut memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi (Ini pasti yang paling sulit!). Selain itu, pilihlah bagian dada dibandingkan dengan bagian lain karena memiliki kandungan lemak yang lebih sedikitĀ makanan cepat saji yang sehat.

5. Tambahkan Serat

Saat mengonsumsi fast food, konsumsi juga sayuran seperti salad yang memiliki kandungan serat sehingga pencernaan tetap sehat. Makanan olahan yang memiliki kandungan garam, perasa, pengawet, dan pewarna yang tinggi seperti sosis dan nugget lebih baik dimakan dengan porsi yang lebih sedikit dan tambahkan menu sayuran dan buah-buahan juga untuk memenuhi kebutuhan serat Anda. Jika ingin mengkonsumsi bakso, sebaiknya tidak menggunakan MSG dan kurangi konsumsi saus dan mintalah porsi sayuran yang lebih banyak. Dengan mengurangi konsumsi fast food, Anda juga mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan dari makanan cepat saji ini. Selain itu Anda juga bisa membuat sendiri dengan bahan-bahan yang fresh dan baik agar makanan yang dikonsumsi lebih terjamin kualitasnya dan lebih sehat.