Bagi sebagian wanita, sudah menjadi kebiasaan untuk mempercantik diri dengan make up. Make up yang digunakan pun beragam, mulai dari lipstik, bedak, maskara, pensil alis, hingga bulu mata tambahan. Bagi yang suka menggunakan foundation, pemilihan tone warna yang cocok dengan warna kulit dan kebutuhan kulit memang sangat sulit.

 

Masa expired make up - guesehat.com

 

Apakah Kamu cocok menggunakan foundation kategori netral, gelap, atau putih? Apa perbedaan antara alabaster dan ivory? Tidak hanya itu, Kamu juga harus menyesuaikannya dengan warna wajah Kamu. Foundation yang baik akan menyatu dengan wajah Kamu, menutupi semua kekurangan wajah, tetapi tetap terlihat natural. Kendati demikian, ada beberapa kesalahan saat memilih foundation. Mau tahu apa saja? Cek infonya di bawah ini!

Baca juga: Bawa Peralatan Makeup ini Dalam Tas Agar Selalu Tampil Cetar
 

1. Warna kulit wajah terlihat berbeda setelah menggunakan foundation

Memperhatikan warna merupakan cara termudah untuk mengetahui apakah foundation itu cocok dengan wajahmu atau tidak. Foundation yang tepat adalah ketika sudah diaplikasikan ke wajah tidak terlihat perbedaan warna pada kulit wajah.

 

Tipsnya: Untuk memilih warna pada foundation adalah sesuaikan rona wajahmu dengan warna foundation. Jika wajahmu memiliki rona kemerahan, gunakan foundation dengan warna yang agak lebih terang. Jika wajahmu memiliki rona wajah kekuningan, maka gunakan foundation dengan warna lebih gelap.

 

2. Timbul jerawat saat penggunaan foundation

Jika setelah mengaplikasikan foundation ke wajahmu tiba-tiba timbul jerawat, maka artinya foundation itu tidak cocok untuk Kamu. Menurut Shara Strand, make up artist dan pemilik SHARA Makeup Studio di The Pierre Hotel, New York, jerawat yang timbul menandakan ada bahan di dalam foundation yang tidak cocok dengan kulit wajahmu.

 

Tipsnya: Untuk mencari bahan foundation yang sesuai dengan wajahmu, perhatikan kandungan yang terdapat dalam foundation yang kamu pilih. Pilihlah foundation yang berbahan dasar alami dan mengandung mineral. Foundation dengan bahan tersebut dapat menjadi pelindung antara kulit kamu dan make up.

Baca Juga: 3 Mitos dan Fakta Tentang Jerawat

 

3. Make up cepat luntur

Di pagi hari kamu mengaplikasikan make up ke wajahmu. Namun ternyata ketika waktu makan siang, make up kamu sudah luntur atau tidak menempel lagi di wajahmu. Itu bisa saja terjadi karena Kamu menggunakan foundation yang salah. Jika Kamu ingin bepergian ke pantai ataupun cuaca sedang panas, Kamu dapat memilih foundation yang cocok untuk wajah berminyak.

 

Tipsnya: Pilih foundation yang cocok untuk wajah berminyak serta perhatikan apakah kandungannya dapat menyatu dengan bedak tabur. Gunakan juga silika untuk mengaplikasikan bedak dan foundation, guna menyerap minyak di wajah.

 

4. Muka terlihat cakey

Saat Kamu mengaplikasikan foundation lalu riasan wajahmu jadi terlihat tebal hingga menimbulkan kerut, mungkin foundation Kamu mengandung formula yang salah.

 

Tipsnya: Agar wajahmu tidak terlihat terlalu cakey saat menggunakan foundation, ada 2 cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan pelembap atau serum. Aplikasikan pelembap atau BB cream terlebih dahulu untuk melembapkan wajah. Untuk penggunaan serum, bersikan dulu wajahmu kemudian gunakan serum sebelum pemakaian foundation. Pelembab dan serum akan membuat wajahmu tidak kering, serta tetap kenyal dan lembap meski menggunakan foundation.

 

5. Pori-pori telihat lebih besar

Ketika kamu mengaplikasikan foundation kemudian foundationmu pecah atau membuat pori-pori terlihat lebih besar, maka foundation yang kamu pilih memiliki kandungan yang berat untuk wajahmu.

 

Tipsnya: Agar pori-pori tidak terlihat besar, pilih foundation yang kandungannya lebih ringan dan tipis. Atau jika wajahmu memang memiliki pori-pori yang besar, sebelum menggunakan foundation gunakan produk yang dapat menutupi pori-pori atau menyamarkan pori-pori. Pilihlah produk yang mengandung mineral, sehingga dapat mengecilkan pori-pori wajahmu.

 

Itulah 5 tanda kalau Kamu salah pilih foundation. Apakah salah satunya sedang terjadi padanya? Berarti segera ganti foundation milikmu, ya!

Baca juga: 4 Alasan Harus Membersihkan Make Up Sebelum Tidur