Jangan sepelekan proses membersihkan wajah ya, Gengs! Pasalnya, proses ini merupakan langkah dasar yang harus dilakukan sebagai perawatan kulit wajah. Untuk itu, Kamu juga tidak boleh asal memilih produk pembersih wajah yang akan dipakai.

 

Pilihlah produk pembersih wajah yang memang sesuai dengan jenis kulit Kamu. Ini sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan Kamu tahu apa jenis kulit wajah Kamu. Berikut beberapa jenis pembersih wajah yang bisa dipilih.

 

Masker yang berbahaya untuk kulit - guesehat.com

 

1. Foam Cleanser

Jenis pembersih wajah ini cocok bagi Kamu yang memiliki kulit berminyak. Tipe busa pembersih atau cleansing foam ini dapat Kamu dapatkan dengan mudah di pasaran. Biasanya, jenis pembersih wajah ini tersedia dalam bentuk cairan maupun krim dengan tekstur yang sangat halus.

 

Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Kamu cukup menaruh cleansing foam ke telapak tangan. Setelah itu, usapkan ke wajah Kamu dengan gerakan memutar ke atas, berlawan dengan gravitasi. Bilas sampai bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

 

2. Cleansing Gel

Bagi Kamu yang memiliki wajah berminyak, kombinasi, berjerawat, sensitif, dan kombinasi cocok menggunakan pembersih wajah berjenis cleansing gel. Umumnya, produk pembersih wajah dalam bentuk gel banyak mengandung gliserin, yang dapat membersihkan wajah tanpa meninggalkan rasa kesat dan kering. Biasanya, produk ini juga tidak banyak menghasilkan busa. Sangat sesuai jika digunakan pada wajah yang berminyak dan sensitif.

 

Tidak jauh berbeda dengan menggunakan produk pembersih wajah cleaning foam, Kamu cukup menuangkan gel sebesar biji jagung, lalu ratakan pada bagian wajah serta leher. Pijat secara perlahan dan merata ke seluruh bagian wajah. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

Baca juga: Perawatan Kulit Wajah untuk Segala Usia

 

3. Oil Cleanser

Produk ini cocok bagi Kamu dengan wajah berminyak, kering, dan kombinasi. Saat ini pun produk pembersih wajah jenis oil cleanser banyak dipilih, karena efektif mengangkat minyak dan make up. Meski begitu, produk ini tidak disarankan bagi Kamu yang memiliki wajah berjerawat.

 

Pastikan memilih oil claenser yang mengandung molekul nano, agar mudah diserap kulit dan tidak meninggalkan residu pada kulit. Pasalnya jika tertinggal di kulit, dapat menyebabkan masalah bintil dan flek pada kulit.

 

Kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah secara merata sambil memijatnya ke arah atas. Berikan sedikit tekanan pada bagian wajah yang banyak tersentuh riasan. Setelah itu, seka dengan spons khusus pembersih wajah hingga bersih.

 

4. Cleansing Milk

Bagi Kamu yang memiliki kulit kering dan berminyak, bisa menggunakan produk pembersih wajah jenis ini. Sudah lama produk ini dipercaya dapat membersihkan sisa riasan pada wajah. Teksturnya yang pekat dan sedikit creamy bermanfaat untuk membersihkan serta menjaga kelembutan kulit wajah. Kamu dapat meratakan produk ini ke wajah dengan memijat lembut seluruh pemukaan kulit. Seka dengan tisu wajah untuk mengangkat semua sisa kotoran yang menempel.

 

5. Cleansing Water

Produk pembersih wajah jenis ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Cleansing water sangat praktis digunakan sebagai susu pembersih dan toner dalam 1 kemasan. Biasanya, cleansing water juga mengandung micellar water atau formula tanpa alkohol, serta sabun yang dapat membersihkan wajah tanpa dibilas dengan air.

Baca juga: Cara Mengatasi Wajah Berminyak

 

Kamu bisa mengaplikasikannya ke wajah dengan menuangkan cairan ini pada kapas. Kemudian, usap lembut wajah ke arah atas agar efektif mengikis kotoran dan minyak. Kamu bisa mengulanginya, agar wajah bersih secara maksimal.

 

6. Powder Cleanser

Mungkin beberapa dari Kamu jarang melihat produk pembersih wajah ini. Padahal, pembersih berbentuk bubuk ini tidak kalah manfaatnya dengan tipe pembersih wajah lainnya. Produk powder cleanser bisa digunakan untuk kulit kering, berminyak, dan kombinasi.

 

Karena berbahan dasar bebas air, produk ini bisa disimpan dalam jangka waktu lebih lama, meski tidak mengandung pengawet. Bagi Kamu yang memiliki kulit yang sensitif, tidak disarankan untuk menggunakan jenis pembersih wajah ini.

 

Untuk pemakaiannya, Kamu bisa mencampurkan secara rata bubuk pembersih dengan sedikit air. Aplikasikan ke wajah dan leher Kamu dengan cara digosok secara perlahan. Kemudian, bilaslah dengan air bersih.

 

7. Balm

Jika Kamu memiliki kulit kering atau sangat kering, produk pembersih wajah dengan bentuk balm sangat cocok digunakan. Produk ini memiliki kandungan petroleum jelly yang berbentuk balsam, sehingga mudah digunakan untuk membersihkan bekas riasan yang tebal atau yang bersifat waterproof.

 

Selain efektif membersihkan bekas riasan, produk pembersih wajah jenis ini juga cocok digunakan oleh Kamu yang memiliki kulit sangat kering. Pasalnya, ini dapat menjaga kelembapan kulit wajah. Kamu dapat mengaplikasikannya ke wajah dengan memijat lembut area yang memiliki riasan tebal, seperti pada area mata dan bibir. Kemudian, gunakan handuk hangat untuk mengangkat residu pada wajah.

 

Selain mengetahui jenis kulit, sebaiknya juga bedakan pembersih wajah untuk pagi dan malam hari. Pada pagi hari, biasanya kulit tidak banyak terkena polusi dan kotoran, sehingga pilihlah produk pembersih wajah yang lebih lembut. Sedangkan untuk malam hari atau setelah beraktivitas seharian, gunakan pembersih wajah yang bisa tuntas mengangkat kotoran yang menempel pada wajah.

 

Sebaiknya jangan mencuci wajah lebih dari 2 kali sehari maupun menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Penggunaan air panas dapat menyebabkan kapiler kulit menjadi rusak dan terbakar. Sedangkan air yang terlalu dingin dapat membuat pori-pori tertutup, sehingga menyebabkan pembersihan wajah menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Ketahui Arti Jerawat yang Tumbuh di Wajah Anda